LOYALITAS PELANGGAN MELALUI EXPERIENTIAL MARKETING PADA ROXY SALON DAN SPA

  • Ni Luh Nurkariani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma
  • Ni Komang Purnama Sari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma
Keywords: Sense, Feel, Think, Act, Relate

Abstract

Loyalitas pelanggan adalah komitmen pelanggan terhadap suatu merek toko atau pemasok berdasarkan sikap yang sangat positif dalam pembelian jangka panjang., lebih mudah berkembang dan sukses jika perusahaan dapat menjadikan pelanggan menjadi setia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Sense, Feel, Think, Act, Relate Terhadap Loyalitas PelangganPada Roxy Salon dan Spa Di Singaraja. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi berganda, analisis korelasi berganda, uji asumsi klasik, uji determinasi, Uji F-Test dan uji Hipotesis dengan T-Test. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Experiential Marketing yang terdiri atas Sense, Feel, Think, Act, Relateberpengaruh positif dan signifikan terhadapLoyalitas Pelanggan  Pada Roxy Salon dan Spa Di Singaraja. Hasil ini dibuktikan dengan pengujian Hipotesis dengan T-Test yang menunjukkan bahwa t-hitung> t-tabel dan hasil uji model dengan F-Test yang menunjukkan bahwa F-hitung> F-tabel. Hasil inimemberikan arti bahwa dalam menciptakan Loyalitas Pelanggan maka Roxy Salon dan Spa harus memperhatikan strategi yang digunakan salah satunya adalah Experiential Marketing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Dinnul Alfian. ( 2017 ). Pengujian Relevansi Experiential Marketing Dan Loyalitas Konsumen. Vol.3. No 1

Andriani, Rian. dan Fatimah, Rikrik . 2018.Strategi Experiential Marketing Sebagai Metode Pendekatan Dalam Meningkatkan Revisit Intention Wisatawan Sabda Alam Garut. Vol. 18 No.03

Andharini, Sri Nastiti. Dan Jatmiko, Rohmat Dwi. (2012). Analisis Experiential Marketing Dan Loyalitas Pelanggan Jasa Wisata (Studi pada Taman Rekreasi Sengkaling Malang). VOL.14, NO. 2

Bisnarti, Ayunda. (2015). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada The Family Spa. Jurnal Digest Marketing.Vol. 1 No. 1 Juli, 2015.

Devindiani, Eva. (2016 ). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Customer Satisfaction Serta Dampaknya Pada Customer Loyalty. Volume 1, Number 1

Ekasari, Novita. (2015). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Klinik Perawatan Kulit Natasha Kota Jambi.Jurnal Ekonomi dan Bisnis.Volume 17, Nomor 2.

Farida Jasfar. 2009. Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu. Bogor: PT Ghalia Indonesia.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Hasan, A. 2009. Marketing. Yogyakarta: Medpress.

Hair,JF Jr., RE., Anderson, RL.T.and Black, W.C. (2010). Multivariat data Analysis . 7thEd. New Jersey. Prentice-HallInternational. Inc

Januar.T.Oeyono dan Diah Dharmayanti, S.E., M.Si.(2013). Analisa Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Sebagai Intervening Variabel Di Tator Cafe Surabaya Town Square. Vol. 1, No. 2,.

Kotler, Phillip dan Kevin L. Keller. (2016). Marketing Management 16 edition. New Jersey: Pearson.

Kertajaya, Hermawan. 2010. Connect! Surfingnew Wave Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kartajaya, H. 2013.Positioning, Diferensiasi dan Brand. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rozaqie S. M, Nizar. Dkk ( 2016 ). Analisis Faktor-Faktor Experiential Marketing Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan Legend Coffee Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 38 No. 1 Agustus 2016

Rizal, Muhamad. dan Nafis, Zafratun. 2016. Pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan Kolam Renang Mutiara Waterpark Perumnas Langsa.Jurnal Manajemen dan Keuangan, Vol.5 No.1

Saraswati, Riza, Arifin, Zainul dan Yulianto, Edi. 2013.Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas( Studi Pada Pelanggan Taman Indie Resto ) Malang. Jurnal Bisnis dan Ekonomi Vol 2 No.3

Smilansky, Shaz.2017. Experiential Marketing: APractical Guide to Interactive Brand Experiences. London and Philadelphia: Kogan page

Schmitt, K. Bernd, dan Hanover. (2016). Secrets, Strategies, and Success Stories from the Worid’s Greatest Brands.

Schmitt, H. Bernd, dan David L Rogers. (2008). Handbook on Brand and Experience Management. UK: Edward Elgar Publishing.

Sasongko, Hham, A. 2011. Pengaruh Experiential Marketing Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Objek Wisata Umbul Sidomukti Kabupaten Semarang. Skripsi

Sugiyono.(2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,CV.

Sugiyono, Prof. Dr,2012. Statistika Untuk Penelitian. Cetakan ke 21. Bandung : Alfabeta.

Trijumansyah, Andry. Dan Lispentia, Elpa. (2017). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Bridal & Salon Di Cimareme.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran Jakarta: Andi.

Usmara. 2008. Pemikiran Kreatif Pemasaran. Yogyakarta: Amara Books.

Putri, Dita Permata. 2018. Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Pada Pembelian Sayuran Organik Di Loka Malang. Skripsi

Yuliawan, Eko dan Ginting, Mbayak. 2016. Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt Bank Mandiri Cabang Medan Balai Kota. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil. Vol. 6, Nomor 01

Published
2019-12-01
How to Cite
Ni Luh Nurkariani, & Ni Komang Purnama Sari. (2019). LOYALITAS PELANGGAN MELALUI EXPERIENTIAL MARKETING PADA ROXY SALON DAN SPA. ARTHA SATYA DHARMA, 12(2), 18-34. https://doi.org/10.55822/asd.v12i2.5