Peran Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Makanan dan Minuman di PT Richeese Factory
Abstract
Mengetahui pengaruh dari bagaimana peran citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian makanan dan minuman di PT Richeese Factory adalah tujuan dari dilakukannya kajian ini. Metode kuantitatif digunakan pada kajian ini dengan pengumpulan data yang didapatkan dari penyebaran kuesioner. Penilaian kuesioner menggunakan skala likert dengan rentang 1-5. Teknik Purposive Sampling digunakan sebagai pemilihan responden yang pengambilan sampelnya didasarkan pada pertimbangan atau tujuan tertentu dengan penetapan sampel yang digunakan menggunakan rumus Ferdinand sejumlah 60 orang. Model SPSS versi 18 digunakan untuk membantu analisis data penelitian ini. Dari pengujian hipotesis yang telah berlangsung didapatkan hasil yaitu (1) Keputusan pembelian dipengaruhi oleh citra merek. (2) kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (3) kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap citra merek.
References
Apriani, S., & Bahrun, K. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Maskara Maybelline. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 2(1), 14-25.Arjuna, Hadi., & Ilmi, Sarah. (2019). Effect of Brand Image, Price and Quality of The Production on The Smartphone Purchase Decision. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.Volume 3, Nomor 2.
Cannon, Joseph P., William D. Perreault Jr. & Jerome McCarthy. (2008) . Pemasaran Dasar- Dasar : Pendekatan Manajerial Global. Buku 2. Edisi 16. . Jakarta: Salemba Empat.
Ernawati, D. (2019). Pengaruh kualitas produk, inovasi produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Hi Jack sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17-32.
Fatmawati, Nurul & Soliha. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic Honda. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan. Volume.10, Nomor.1 (hml.1- 20).
Gunawan, Ardi., Tandika, Jensen., Hutasoit, Linca., & Silitonga, Marta Uli. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Susu UHT Diamond pada PT. Diamond Cold Storage Medan. Jurnal Aksara Publik. Volume 3, Nomor 3 (hlm 54-65).
Laura, N., & Ringo, S. N. S. (2017). Pengaruh Kualitas produk dan keunggulan bersaing terhadap keputusan pembelian dengan citra merek sebagai variabel intervening. Journal of Management and Business Review, 14(2), 258-284.
Lesmana, Rosa & Ayu, Suci Dara. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah PT. Paragon Tehnology And Innovation. Jurnal Manajemen Pemasaran. Volume 2, Nomor 3.
Oktavenia, Kadek Ayuk Riska & Ardani, I Gusti Agung Ketut Sri. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia Dengan Citra Merek Sebagai Pemediasi. E-Jurnal Manajemen Unud Volume 8, Nomor 3.
Ridho, Muhammad, & Suharyono. (2017). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Brand Image dan Dampaknya pada Kepuasan Pelanggan (Survei pada Pelanggan Kartu Prabayar Simpati Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. Volume 53, Nomor 1.
Rizqillah, M, & Kurniawan, P. H. (2019). Pengaruh Promosi, Kualitas dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Perlengkapan Bayi Snobby Di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Core It, x.Volume, 3 Nomor 3 (hlm 95-106).
Suari, M. T. Y., Telagawathi, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. (2019). Pengaruh kualitas produk dan desain produk terhadap keputusan pembelian. Bisma: Jurnal Manajemen, 5(1), 26-33.
Wulandari, R. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada produk kosmetik. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(1), 11-18.


