Strategi Customer Relationship Dan Design Strategi Penetapan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Toko Pagiana
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi customer relationship dan design strategi penetapan harga terhadap loyalitas pelanggan pada Toko Pagiana. Populasi adalah 150 pelanggan yang sudah pernah berbelanja pada Toko Pagiana dan sampel menggunakan rumus slovin sehingga mendapatkan sebanyak 60 orang responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji kelayakan model (goodnness of fit) dan uji hipotesis (T-Test) dengan menggunakan aplikasi SPSS Versi 21.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi customer relationship berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada Toko Pagiana dengan hasil pengujian hipotesis dengan uji t-test didapatkan bahwa t-hitung > t-tabel. Design strategi penetapan harga terhadap loyalitas pelanggan pada Toko Pagiana dengan hasil pengujian hipotesis dengan uji T-test didapatkan bahwa t-hitung > t-tabel. Berdasarkan hasil perhitungan uji f diketahui nilai F-hitung > F-tabel, ini menandakan bahwa strategi customer relationship dan design strategi penetapan harga berpengaruh secara bersama-sama terhadap loyalitas pelanggan.
References
Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dimediasi kepuasan pelanggan pada konsumen gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94.
Anindira, R. A., & Imran, A. I. (2021). Strategi Dan Implementasi Customer Relationship Management Melalui Aplikasi Kai Access Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pt. Kai. Eproceedings Of Management, 8(4).
Astuti, N. P. M. D., Putra, I. K. M., Kasiani, K., Yudistira, C. G. P. A., & Widiantara, I. M. (2020). Implikasi Penerapan Customer Relationship Marketing Dan Digital Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt Gapura Angkasa Joumpa Denpasar. Ganec Swara, 14(1), 506–514.
Budiastari, S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Citra Merek Terhadap, Merek Dan Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pakai, Siap Di, Holcim. Jurnal Dinamika Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 87–106.
Chaniago, H. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Harga Pada Loyalitas Konsumen Nano Store. International Journal Administration, Business And Organization, 1(2), 2020.
Farisi, S., & Siregar, Q. R. (2020). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online Di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148–159.
Halimah, M. A., & Yanti, R. D. (2020). Pengaruh Design Strategi Penetapan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Kilat Khusus Mitra Korporat Kantor Pos Purwokerto. Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 70–79.
Ibrahim, A., Mauluddin, M. H., Saputra, A. W., Carolina, A., Mardiana, M., Wiratama, Y., & Ramadhan, R. R. (2021). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Loyalitas Pelanggan Unipin. Journal Of Information System Research (Josh), 3(1), 1–6.
Maulana, W., & Pramitaputri, D. L. (2019). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Loyalitas Pelanggan Xl Axiata Sampang. Makro: Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(2), 225–238.
Muhtarom, A., Syairozi, I., & Wardani, N. D. (2022). Analisis Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Customer Relationship Marketing, Dan Kepercayaan Terhadap Peningkatan Penjualan Dimediasi Loyalitas Pelanggan Pada UMKM Ayam Potong Online Elmonsu. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(1), 743–755.
Ngelyaratan, D., & Soediantono, D. (2022). Customer Relationship Management (CRM) And Recommendation For Implementation In The Defense Industry: A Literature Review. Journal Of Industrial Engineering & Management Research, 3(3), 17–34.
Nisa, K., & Wardani, K. R. N. (2020). Analisa Penerapan Teknologi Pada Strategi Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Kepuasan Pelanggan Di PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Kcp A. Yani Palembang. Bina Darma Conference On Computer Science (Bdccs), 2(1), 156–161.
Prasetya, A., & Utari, R. (2022). Analisis Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Cv. Cipta Adhi Nugraha Creative. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi (Jebaku), 2(2), 88–98.
Pratama, I., & Pratama, P. A. E. (2019). Customer Relationship Management (CRM) Teori Dan Praktek Berbasis Open Source. Informatika.
Rahmawati, Y. O., Kusniawati, A., & Setiawan, I. (2019). Pengaruh Customer Relationship Management Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Sepeda Motor Yamaha (Studi Pada Konsumen Bahana Ciamis). Business Management And Entrepreneurship Journal, 1(4), 102–115.
Rohmial, R. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Wifi Indihome PT. Telekomunikasi Indonesia Wilayah Sumatera Selatan. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 20(2), 56–71.
Sugiyono, D. (2019). Statistika Untuk Penelitian (Cetakan Ke-30). Bandung: Cv Alfabeta.
Thendywinaryo, C., Sidik, A., & Goenawan, F. (2021). Analisis Strategi Customer Relationship Management Untuk Mempertahankan Loyalitas Pelanggan UMKM Retail Non-Makanan Di Indonesia Timur (Studi Kasus Pada New Em Collection). Jurnal E-Komunikasi, 9(2).
Widyana, S. F., & Firmansyah, H. (2021). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Sepatu Converse. Pro Mark, 11(1), 11.