Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Loyalitas Nasabah Dalam Memakai Kartu Kredit Pada Pt. Bank Negara Indonesia 46 tbk. Cabang Singaraja

  • I Ketut Suardika

Abstract

Pemasaran strategis modern terdiri atas tiga langkah pokok, yaitu segmentasi, targeting, dan positioning. Ketiga langkah ini sering disebut STP (Segmentation, Targetting, Positioning). Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Strategi Segmentasi (Segmentation Strategy), Strategi Target Pasar (Targeting Strategy) dan Strategi Posisi (Positioning Strategy) terhadap loyalitas nasabah Pada PT. BNI 46 Tbk. Cabang Singaraja. Alat analisis yang digunakan berupa analisis regresi, korelasi, determinasi dan uji T-Test serta F-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Segmentation Strategy berpengaruh terhadap Customer Loyalty Di PT. BNI 46 Tbk. Cabang Singaraja sebesar 0,411 satuan atau sebesar 44,9% dengan koefisien korelasi sebesar 0,902 yang menandakan adanya hubungan yang lurus dan sangat kuat antara Segmentation Strategy dengan Customer Loyalty, kemudian hasil pengujian hipotesis dengan uji T-Test didapatkan bahwa t-hitung > t-tabel (6,008 > 1,697) sehingga hipotesis diterima, secara parsial Targeting Strategy berpengaruh terhadap Customer Loyalty di PT. BNI 46 Tbk. Cabang Singaraja sebesar 0,281 satuan atau sebesar 28,5% dengan koefisien korelasi sebesar 0,885 yang mendakan adanya hubungan yang lurus dan sangat kuat, kemudian hasil pengujian hipotesis dengan uji T-Test didapatkan bahwa t-hitung > t-tabel (3,079 > 1,697) sehingga hipotesis diterima, secara parsial Positioning Strategy berpengaruh terhadap Customer Loyalty di PT. BNI 46 Tbk. Cabang Singaraja sebesar 0,194 satuan atau sebesar 18,2% dengan koefisien korelasi sebesar 0,848 yang menandakan adanya hubungan yang lurus dan sangat kuat, kemudian hasil pengujian hipotesis dengan uji T-Test didapatkan bahwa t-hitung > t-tabel (2,182 > 1,697) sehingga hipotesis diterima. Secara simultan Segmentation Strategy, Targeting Strategy dan Positioning Strategy berpengaruh terhadap Customer Loyalty di PT. BNI 46 Tbk. Cabang Singaraja sebesar 91,6% dengan koefisien korelasi sebesar 0,957 yang berarti terdapat hubungan berbanding lurus dan sangat kuat secara bersama-sama antara variabel bebas Segmentation Strategy (X1), Targeting Strategy (X2) dan Positioning Strategy (X3) dengan variabel terikat Customer Loyalty (Y) PT. BNI 46 Tbk. Cabang Singaraja, kemudian hasil pengujian hipotesis dengan uji F-Test didapatkan bahwa F-hitung > F-tabel (115,756 > 3,30) sehingga hipotesis diterima yakni “Semakin baik Segmentation Strategy, Targeting Strategy dan Positioning Strategy maka semakin meningkat Customer Loyalty pada PT. BNI 46 Tbk. Cabang Singaraja”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Arifin, 2016, Membaca Saham, Yogyakarta: Andi Offset.
Fandy Tjiptono, 2015, Straategi Pemasaran, Penerbit PT. Prehalindo.
Fendy Prasetya. 2016. Analisis Pengaruh Deferensiasi, Promosi Dan Positioning Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Sepeda Motor Merek Honda Di Semarang. Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro Semarang.
Munir Fuady, 2016, Hukum Bisnis dn Praktek, Bandung: Citra Aditya Bakti
Hanicke Prativa M. 2016. Strategi Pemasaran Terhadap Loyaslitas Nasabah Kartu Kredit Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. cabang Samarinda. Fakultas Ekonomi. Universitas Mulawarman. Samarinda.
Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Edisi Ketiga. Bandung: Alfabeta.
Imam Prayogo Suryohadibroto, 2015, , Surat Berharga Alat. Pembayaran Dalam Dunia Modern, Jakarta, Bina Aksara, Jakarta,
Kotler, Philip. 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Penerbit PT.Prehalindo.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2015. Manajemen Pemasaran. edisi ketiga belas, jilid dua. Jakarta: Erlangga.
Parasuraman, A. A. Zeithaml, V., and L. Berry, L. 2015. “A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research”. Journal of Marketing. Vol. 49 (fall
Sugiyono. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Cetakan ke 21. Bandung : Alfabeta.
Umar, Husein. 2015. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. cetakan ketiga,. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Published
2021-05-18
How to Cite
I Ketut Suardika. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Loyalitas Nasabah Dalam Memakai Kartu Kredit Pada Pt. Bank Negara Indonesia 46 tbk. Cabang Singaraja. ARTHA SATYA DHARMA, 13(1), 12-24. https://doi.org/10.55822/asd.v13i1.30

Most read articles by the same author(s)