PENGARUH SIKAP KEWIRAUSAHAAN DAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA UMKM TEMPE DI TAMAN SARI

  • Nurul Aini STIE Satya Dharma
  • I Ketut Suardika Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma
Keywords: Sikap Kewirausahaan, Kompetensi Kewirausahaan, Keberhasilan Usaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengetahui pengaruh sikap kewirausahaan dan kompetensi kewirausahaan terhadap keberhasilan usaha pada UMKM tempe di Taman Sari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 40 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh, dimana semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer berupa kuisioner dan menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS (Statistical Package For the Social Science), version 25 untuk pengolahan data statistik. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sikap Kewirausahaan (X1), Kompetensi Kewirausahaan (X2) sebagai variabel independen, dan Keberhasilan Usaha (Y) sebagai variabel dependen. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda didapatkan bahwa sikap kewirausahaan dan kompetensi kewirausahaan secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha pada UMKM tempe di Taman Sari. Hasil analisis menunjukkan bahwa sikap kewirausahaan berpengaruh positif senilai 0,310 signifikansi 0,017< 0,05. Dan kompetensi kewirausahaan berpengaruh positif senilai positifsenilai 0,517 signifikansi 0,000< 0,05. Maka dalam penelitian ini menunjukkan hasil bahwa sikap kewirausahaan dan kompetensi kewirausahaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha pada UMKM tempe di Taman Sari.

References

Dewi, K. T. (2019). Pengaruh motivasi, komunikasi dan pelatihan terhadap kinerja karyawan di perusahaan daerah air minum (PDAM) Kabupaten Buleleng. Artha Satya Dharma, 119- 137.

Hendrawan, A., Yulianeu, A., Sucahyawati, H., & Indriyani. (2018). Pengembangan kompetensi UMKM dengan pembelajaran organisasi. Inobis, 1, 489-496.

Kurniawan, I., Hadi, S., & Sakitri, W. (2019). Pengaruh kompetensi wirausaha, skala usaha, saluran pemasaran terhadap keberhasilan usaha. Economic Education Analysis Journal, 209-224.

Mahantari, P. P., & Kasih, N. S. (2021). Upaya peningkatan pendapatan melalui orientasi kewirausahaan pada usaha kerajinan anyaman bamu desa Tigawasa. Artha Satya Dharma, X, 104-113.

Octavia, J. (2019). Pengaruh sikap kewirausahaan dan kompetensi wirausaha terhadap keberhasilan usaha pada produsen sepatu Cibaduyut kota Bandung. Jimm Unikom, 1-7.

Pramuditha, P., Juliawati, P., & Siagawati, M. (2021). Penguatan kemampuan dan sikap dalam berwirausaha guna meningkatkan keberhasilan bisnis di idang kuliner. Atrabis, 7, 106-111.

Suryana, A. T., & Burhannudin. (2021). Pengaruh kompetensi kewirausahaan terhadap kinerja usaha UMKM kopi sebuah tinjauan teoritis dan empiris. Agrisep, 117-128.

Tariana, I. A., & Rianita, N. M. (2022). The effect of work division and employee ability on employee performance at hotel puri lumbung munduk village. Artha Satya Dharma, 15, 57-64.

Pramuditha, P., Juliawati, P., & Siagawati, M. (2021). Penguatan kemampuan dan sikap dalam berwirausaha guna meningkatkan keberhasilan bisnis di idang kuliner. Atrabis, 7, 106-111.
Published
2023-10-23