Strategi Berwirausaha Pengerajin Aluminium di Desa Menyali Untuk Meningkatkan Daya Saing Dalam Proses Penjualan
Abstract
ABSTRAK
Strategi Berwirasaha Pengerajin Aluminium di Desa Menyali Untuk Meningkatkan Daya Saing dalam Proses Penjualan
Luh Gede Susanti
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi berwirausaha pada pengerajin aluminium di Desa Menyali untuk meningkatkan daya saing dalam proses penjulan. Dalam penelitian ini peneliti mewawancarai para responden (informan), yaitu pengerajin aluminium di Desa Menyali. Teknik analisis data dapat dilakukan dengan model analisis kualitatif dimana intinya adalah menganalisis interaksi antara komponen penelitian maupun proses pengumpulan data selama proses penelitian. Hasil penelitian bahwa dalam hal pengembangan usaha agar mampu bersaing dipasar. Dibutuhkan produk yang berkualitas, produk yang berkualitas dapat dicapai dengan beragam inovasi dan bahan baku yang berkualitas pula. Hal ini tentunya membutuhkan modal usaha yang tidak sedikit, pengusaha dapat meminjam kredit di LPD sebagai penunjang untuk pengembangan usaha kedepannya. Dalam hal pemasaran produk, media sosial merupakan sarana yang paling efektif untuk memprkenalkan produk di dunia pasar. Agar produk dapat bersaing di dunia pasar dibutuhkan harga jual yang yang kompetitif disamping itu promosi yang menarik seperti geratis ongkos kirim juga dibutuhkan kepada konsumen yang membeli dalam partao besar. Dalam hal inovasi, perusahaan haruslah melakukan riset produk agar terlahir produk-produk yang baru sehingga membuat konsumen tidak jenuh selain itu kualitas produk harus tetap dijaga. Dalam hal bertahan, pengerajin perlu memperhatikan kualitas pelayanan kepada konsumen agar tercapainya hubungan yang harmonis. Hal ini penting dilakukan karena akan memberikan efek kenyamanan kepada konsumen nantinya.
Kata Kunci: Strategi Kewirausahaan, Pengerajin Aluminium