PENGARUH KUALITAS PELAYANAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK CENTRAL ASIA (BCA) Tbk. CABANG SINGARAJA

  • I Ketut Suardika STIE Satya Dharma
Keywords: Kualitas Pelayanan, Teknologi Informasi, Kepuasan nasabah

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh tangible (bukti fisik), reliability (keandalan), responsive (daya tanggap), assurance (jaminan), dan emphaty (empati) terhadap kepuasan nasabah pada PT BCA (Persero) Tbk. Cabang Singaraja. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi, analisis determinasi dan uji hipotesis dengan uji T-Test dan Uji F-Test. Hasil Penelitian secara parsial Tangibles berpengaruh positif terhadap Kepuasan Nasabah di PT BCA (Persero) Tbk.  Cabang Singaraja dengan koefisien regresi sebesar 0,084 satuan dengan koefisien determinasi sebesar 8,2% . Hal ini terbukti dengan adanya pengujian hipotesis  dimana nilai t-hitung > t-tabel (3,352 > 1,665) dengan nilai probability (a = 5%) =0,001 dibawah 0,05 sehingga hipotesis diterima, secara parsial Reliability berpengaruh positif terhadap Kepuasan Nasabah di PT BCA (Persero) Tbk.Cabang Singaraja dengan koefisien regresi sebesar 0,229 satuan dengan koefisien determinasi sebesar 27,1%. Hal ini terbukti dengan adanya pengujian hipotesis  dimana nilai t-hitung > t-tabel (5,563 > 1,665) dengan nilai probability (a = 5%) =0,000 dibawah 0,05 sehingga hipotesis diterima, secara parsial Responsivenees berpengaruh positif terhadap Kepuasan Nasabah di PT BCA (Persero) Tbk. Cabang Singaraja dengan koefisien regresi sebesar 0,282 satuan dengan koefisien determinasi sebesar 23,3%. Hal ini terbukti dengan adanya pengujian hipotesis  dimana nilai t-hitung > t-tabel (7,389 > 1,665) dengan nilai probability (a = 5%) =0,000 dibawah 0,05 sehingga hipotesis diterima, secara parsial Assurance berpengaruh positif terhadap Kepuasan Nasabah di PT BCA (Persero) Tbk. Cabang Singaraja dengan koefisien korelasi sebesar 0,099 satuan dengan koefisien determinasi sebesar 12,6%. Hal ini terbukti dengan adanya pengujian hipotesis  dimana nilai t-hitung > t-tabel (3,065 > 1,665) dengan nilai probability (a = 5%) =0,003 dibawah 0,05 sehingga hipotesis diterima, secara parsial Empathy berpengaruh positif terhadap Kepuasan Nasabah di PT BCA (Persero) Cabang Singaraja dengan koefisien regresi sebesar 0,105 satuan dengan koefisien determinasi sebesar 14,6%. Hal ini terbukti dengan adanya pengujian hipotesis  dimana nilai t-hitung > t-tabel (2,921 > 1,665) dengan nilai probability (a = 5%) =0,004 dibawah 0,05 sehingga hipotesis diterima

Secara simultan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah di PT BCA (Persero) Cabang Singaraja dengan koefisien determinasi menunjukkan sebesar 85,8%. Hasil Uji F-test menunjukkan F-hitung > F-tabel (101,513 > 2,48) sehingga hipotesis diterima berarti “semakin baik Kualitas pelayanan yang terdiri atas Tangible, Reliability, Responsivenees, Assurance, dan Empathy maka semakin meningkat Kepuasan Nasabah di PT BCA (Persero) Tbk.  Cabang Singaraja”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad. 2012. Pengertian Internet dan Sejarah Internet. dalam http://www.likethisya.com/ pengertian-internet.html, di akses pada tanggal 22 Juli 2016.

Alimudin, Maliki. 2013. Pengaruh Persepsi Kualitas Terhadap Minat Pembelian Pada Produk Smart Phone Di Kota Surakarta.Program Studi Manajemen PemasaranFakultas EkonomiUniversitas Sebelas Maret. Surakarta.

Akbar, Sher. Puad Mat Som, Ahmad. 2012. Wadood, Fazli and Alzaidiyeen, Naser Jamil 2010. Revitalization of Service Quality to Gain Customer Satisfaction and Loyalty. International Journal of Business and Management.Vol 5.No 6.

Anggraeni, Yuliana. 2012. Pengaruh Pelayanan Berbasis Teknologi Informasi Terhadap kepuasan Nasabah Bank di Kota Semarang. Skripsi. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro. Semarang.

Aulia Rahman. 2013. Pengertian E-Banking dan M-Banking, serta penerapan E-Banking. dalam http://safrilblog.wordprees.com/2013/07/03/pengertian-e-banking-dan-m-banking-serta-prinsippenerapan-e-banking/. Di akses pada 22 Juli 2016.

Buchari Alma. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Budhi Poniman Dan Kusmardi. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Siswa Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Klaten. STIE AUB Surakarta.

Budi Agus Riswandi. 2012. Aspek Hukum Internet Banking. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Chandra, Gregorius. 2012. Strategi dan Program Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Handi Irawan. 2012. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. PT. Gramedia. Jakarta

Happy, Wendy Ardiawan. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Luwes Loji Wetan Solo). Fakultas Ekonomi. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Hasan, Iqbal. 2012. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kotler. P. 2013. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: PT. Prenhalindo.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa (Teori dan Praktik) . Jakarta: Salemba Empat.

Nugroho, Bhuono Agung. 2012. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian Dengan SPSS. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Parasuraman, A., Zeithaml, V.A.,& Berry, L.L. 2012. Reassessment of Expectations as a Comparison Standard in Measuring Service uality: Implications for Future Research. Journal of Marketing.

Rangkuti Freddy. 2011. Measuring Costomer Satictaction. Cetakan pertama. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rambat Lupiyoadi. 2012. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Jakarta : Salemba Empat.

Sudjana. 2008. Metoda Statistika. Cetakan ke-5. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Cetakan ke 21. Bandung: Alfabeta.

Sukesi. 2011. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Niatan yang Diambil Pelanggan PDAM Kota Surabaya. UNTAG Surabaya.

Sumarwan. Ujang. 2012. Perilaku Konsumen. Bogor : Ghalia Indonesia

Setiadi, Nugroho. (2009), Perilaku
Konsumen, Jakarta : PT

Supranto, J. 2006. Metode Riset Aplikasi Dalam Pemasaran. Edisi Revisi Ketujuh. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Swastha dan Irawan 2009 Manajemen Pemasaran Modren. Liberty, Yogyakarta

Syamsi. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap kepuasan Konsumen Pada Siswa Bimbingan Dan Konsultasi Belajar AL Qolam Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 5 Nomor 1, April. FKP Unila


Wijaya, Tony. 2013. Metodelogi Penelitian, Ekonomi dan Bisnis (Teori dan Praktik). Yogyakarta. Graha Ilmu.

Tjiptono. Fandy. 2012. Manajemen Jasa. Yogyakarta : Andy Offset.

Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset.Yogyakarta.

Yamit. Z. 2012. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yog yakarta: Ekonomia.
Published
2018-03-01
How to Cite
I Ketut Suardika. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK CENTRAL ASIA (BCA) Tbk. CABANG SINGARAJA. ARTHA SATYA DHARMA, 11(1), 01-18. https://doi.org/10.55822/asd.v11i1.122