Strategi Berwirausaha Budidaya Lebah Madu Trigona Di Kecamatan Banjar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui startegi berwirausaha budidaya lebah trigona di Kecamatan Banjar. Informan dalam penelitian ini adalah pembudidaya lebah madu trigona di Kecamatan Banjar. Teknik analisis data dilakukan dengan model analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dalam hal pengembangan usaha agar mampu bersaing dipasaran, dibutuhkan hasil panen madu yang berkualitas. Kredit di LPD difungsikan sebagai penunjang untuk pengembangan usaha kedepanya. Hal lain yang diperhatikan yaitu menganalisis ancaman atau risiko yang di hadapi dalam menjalaknan usaha ini dan mengikuti tren pasar di era modern. Strategi pemasaran sangat berpengaruh dalam usaha ini karena bisa mengembangkan usaha sampai luar daerah dan pemasran juga berhubungan dengan menciptakan produk yang menarik dalam penampilan atau kemasan produk, dan promosi produk sangat penting. Dalam hal bertahan, peternak budidaya lebah madu trigona perlu memperhatikan kualitas produk dan pangsa pasar. Hal ini penting dilakukan agar konsumen memiliki kepuasan pada produk yang dipasarkan. Strategi yang digunakan pembudidaya lebah madu trigona yaitu strategi pemasaran karena strategi tersebut sangat menunjang perkembangan usaha ini karena bisa dipasarkan lewat media sosial di era modern.