Leader-Member Exchange (LMX) sebagai Pemediasi Hubungan Kepercayaan dan Kepuasan Kerja Karyawan

  • Ni Luh Putu Eka Yudi Prastiwi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah hubungan kepercayaan dan kepuasan kerja karyawan yang dimediasi oleh leader-member exchange di LPD se-Kecamatan Buleleng. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Lembaga Perkreditan Desa se-kecamatan Buleleng. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode Proportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel 55 orang sebagai responden. Metode Pengumpulan data dengan cara penyebaran kuesioner dan teknik analisis data menggunakan aplikasi smartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan variabel Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Leader-Member Exchange dengan nilai koefisien parameter sebesar (0.895) dengan nillai t sebesar 34.645 hipotesis pertama diterima. Selanjutnya hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa hubungan Leader-Member Exchange berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan dengan nilai koefisien parameter sebesar (0.073) dengan nillai t sebesar 0.561 hipotesis kedua ditolak. Dan terakhir hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepercayaan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan melalui mediasi dari Leader-Member Exchange dengan nilai koefisien parameter sebesar (0.066) dengan nillai t sebesar 0.543 hipotesis ketiga ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryee, S., Budhwar, P.S. & Chen, Z.X. (2002). Trust as a mediator of the relationship between organizational justice and work outcomes: test of social exchange model. International Journal of Organizational Behavior, 23(3), 267-285.
BaliPost, 2018. Berita dengan Judul : Ini Penyebab Puluhan LPD di Buleleng Macet. Tersedia https://balipost.com diakses tanggal 10 Juni 2019.
Destriandi, 2016. Kepemimpinan Otentik dan Kepercayaan sebagai Prediktor Kinerja Anggota Kelompok Binaan Dinas Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Kaur. Skripsi : Universitas Terbuka Jakarta.
Dong, Q., & Howard, T. (2006, July). Emotional intelligence, trust and job satisfaction. In Competition forum (Vol. 4, No. 2, p. 381). American Society for Competitiveness.
Ferdinand, 2014. Metode Penelitian Manajemen, Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali. Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 19. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Gouhong, Han. 2010. Trust and career satisfaction: the role of LMX. International Journal. Department of Management, Williamson College of Business Administration,Youngstown State University, Youngstown, Ohio, USA
Graen, G.B., & Cashman, J. 1975. A role-making model of leadership in formal organizations: a developmental approach. In J.G. Hunt & L.L. Larson (Eds.), Leadership frontiers (pp.143–166). Kent, OH: Kent State University Press. 16
Greenberg, J. And Robert A. Baron. 2003. Behavior in Organization International Edition, New Jersey: Prentice Hall.
Hamali, 2016. Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia (Strategi Mengelola Karyawan). Cetakan Pertama.Yogyakarta : CAPS (Center Academic Publishing Service).
Haryanti, 2008. Tinjauan terhadap Leader Member Exchange (LMX) sebagai Salah satu teori leadership modern. Psikodimensia, Kajian Ilmiah Psikologi, 7(1), 2638.
Hermawati, dkk. 2015. Strategi Optimalisasi Kinerja Karyawan Dengan Pendekatan Psycological Empowerment & Quality Of Work Life. Universitas Widyagama Malang.
Indasari, M. 2017. Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan (Tinjauan dari Dimensi Iklim Organisasi, Kreativitas Individu dan Karakteristik Pekerjaan). Sidoarjo : Indo Pustaka.
Johnson & Johnson. 1997. Emotional Intellegence. Ney Jersey. Prentice Hall Inc.
Johnson, D.W. & Johnson , F.P. 2000. Joining together : group theory and group skill. Pearson Education Company : New York.
Lian, Kok Fei. 2017. Trust, Leader-Member Exchange And Organizational Outcomes: a Structural Equation Model In The Malaysian Work Setting. International Journal. Vol. 10. Issue: 52
Liden, R. C., dan Maslyn, J. M. (1998). Multidimensionality of leader-member exchange: an empirical assessment throught scale development. Journal of Management. 1(24), 43-72.
Luthans, 2006. Perilaku organisasi. Edisi sepuluh. Penerjemah: Yuwono, V.A., dkk. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Pramastuti, 2015. Leader Member Exchange (LMX) Dan Kepuasan Kerja Pada Karyawan Bagian Produksi Pt. Dua Kelinci Pati. Jurnal. Vol. 4(4).
Pemkab Buleleng, 2017. Berita dengan Judul : Pemkab Buleleng Catat 27 LPD Macet. Tersedia https://bali.antaranews.com diakses tanggal 08 Mei 2018.
Robbins S.P, 2003, Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi dan Aplikasi, Jilid I, Jakarta : PT. Prehalindo Persada,
Saputro. 2016. Pengaruh Trust Terhadap Kepuasan Karir Yang Dimediasi Oleh Leader-Member Exchange Pada Karyawan Pt. Bank Syariah Mandiri Cabang Surabaya. Jurnal Penelitian : Universitas Airlangga.
Spector, P. E. (1997). Job satisfaction : Application, Assessment, Causes, and Consequences. Thousand Oaks, California: Sage Publications.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, CV ALFABETA, Bandung.
Triaswimi, 2014. Pengaruh Leader-Member Exchange Dan Kepercayaan Terhadap Komitmen Organisasi Melalui Kepuasan Kerja pada karyawan PT. Telkomunikasi Indonesia Witel Malang. Universitas Negeri Malang.
Yukl.1998. Kepemimpinan Dalam Organisasi (alih bahasa Yusuf Udaya). Edisi Bahasa Indonesia,Victory Jaya Abadi. Jakarta.
Published
2020-03-01
How to Cite
Ni Luh Putu Eka Yudi Prastiwi. (2020). Leader-Member Exchange (LMX) sebagai Pemediasi Hubungan Kepercayaan dan Kepuasan Kerja Karyawan. ARTHA SATYA DHARMA, 13(1), 77-85. https://doi.org/10.55822/asd.v13i1.51

Most read articles by the same author(s)