Analisis Strategi Pemasaran Bisnis ( Studi Komparatif Pada ACK Fried Chicken Desa Busungbiu Dan JFC Desa Busungbiu)

  • Kadek Anggi Pratiwi STIE SATYA DHARMA SINGARAJA
  • Ni Luh Putu Eka Yudi Prastiwi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma

Abstract

Strategi pemasaran adalah pendekatan metodis untuk menyelesaikan masalah terkait pemasaran dan membuat pilihan strategis yang penting. Ketika merumuskan rencana multi-tingkat, masukan dari semua peran manajemen sangat penting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pendekatan pemasaran yang digunakan oleh ACK Fried Chicken dan JFC di wilayah geografis yang sama ( Desa Busungbiu). Penelitian ini menggunaoan metodologi deskriptif kualitatif. Wawancara merupakan salah satu cara untuk mengumpulkan informasi. Pendekatan induktif untuk analisis data adalah cara berfikir yang melibatkan pembuatan kesimpulan berdasarkan bukti. Berdasarkan analisis data dan pembahasan yang disajikan sejauh ini dalam penelitian, telah ditentukan bahwa ACK Fried Chicken dan JFC, keduanya berlokasi di Desa Busungbiu, mempraktikkan penempatan produk dengan mempertimbangkan secara cermat 7P pemasaran, produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik, dan proses. Baik ACK Fried Chicken dan JFC Desa Busungbiu dapat memanfaatkan kombinasi strategi pemasaran untuk produk dan promosi, yng melibatkan pemanfaatan perangkat lunak esmart dan peningkatan efektivitas iklan rujukan, online, dan dari mulut ke mulut. 

References

Abdullah, Rudi; Malik, Ernawati; Adam, LM Hasrul; Dja’wa, Asrianti. (2021). Penerapan Strategi
Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Usaha Kecil Dan Menengah Di Desa Wawoangi
Kec. Samoiawa Ditengah Pandemic Covid-19. Community Development Journal : Jurnal
Pengabdian Masyarakat
A. Rumondang, A. Sudirman, S. Sitorus et al (2020). Pemasaran Digital Dan Perilaku Konsumen, 86
Dermawan, B. (2019). Studi Komparatif Strategi Diferensiasi Pada BNI SYARIAH Dan BRI SYARIAH
Cabang BENGKULU (Doctoral dissertation,IAIN BENGKULU).
F. Fatkhurahman, E. Siregar. (2019). Kinerja Bisnis Kuliner Dalam Menghadapi Persaingan Di Kota
Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 5(2), 170-176.
Halimatussyakdiyah, H.(2021). STRATEGI PROMOSI TOKO PAKAIAN DALAM PERSPEKTIF
ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Komparatif Pada Toko Taste Fashion dan JGP Store) (Doctoral dissertation,
Universitas Islam Kalimantan MAB).
Hartawan, I. G. M. D. (2019). Analisis SWOT Pasar Tradisional (Studi Komparatif Antara Pasar Buleleng
Dan Pasar Sukasada). ARTHA SATYA DHARMA, 12(2), 177-184.
Published
2023-07-31