KINERJA ORGANISASI DARI ASPEK HUMAN RESOURCE MANAGEMENT PRACTICE DAN KOMPETENSI GURU DENGAN MENINGKATKAN PRESTASI GURU (STUDI KASUS GURU-GURU PNS DI SMK NEGERI 1 SINGARAJA)

  • Ni Luh Putu Eka Yudi Prastiwi STIE Satya Dharma
Keywords: Kinerja Organisasi, Human Resource Management Practice, Kompetensi Guru dan Prestasi Guru

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui Kinerja Organisasi dari Aspek Human Resource Management Practice dan Kompetensi Guru dengan meningkatkan Prestasi Guru - Guru PNS Di SMK Negeri 1 Singaraja.                        

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey (kuisioner) yang bersifat deskriptif yang bertujuan agar dapat mengetahui sejauh mana pelaksanaan Kinerja Organisasi dari Human Resource Management Practice dan Kompetensi Guru terhadap Prestasi Kerja Guru PNS yang dilakukan di SMK Negeri 1 Singaraja. Variabel yang digunakan adalah 4 (empat) yaitu Kinerja Organisasi, Human Resource Management Practice, Kompetensi Guru dan Prestasi Kerja Guru. Data dari 61 kuisioner yang disebarkan kepada para guru PNS di SMK Negeri 1 Singaraja ini menjadi sumber data primer, dan teknik analisis data yang digunakan yaitu SEM dengan PLS (Structural Equation Model dengan Partial Least Square).

Berdasarkan hasil penelitian data dan pembahasan, bahwa hubungan Human Resource Management Practice terhadap Kinerja Organisasi Signifikan, hubungan Prestasi Kerja Guru terhadap Kinerja Organisasi adalah Signifikan dan hubungan Kompetensi Guru terhadap Prestasi Kerja Guru adalah Signifikan. Sedangkan hubungan Kompetensi Guru dengan Kinerja Organisasi adalah Tidak Signifikan dan hubungan Human Resource Management Practice dengan Prestasi Kerja Guru Tidak Signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bangun. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Erlangga, hal : 6
Ghozali, I. dan Laten, H (2012). Partial Least Square : Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 2.0 M3, Badan Penerbit Universitas Diponogoro, Semarang-Jawa Tengah.

Handoko, Hani . 2010. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : BPFE
Hussein Ananda Sabil SE.,M.Com.Ph.D. 2015. Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Squares (PLS) dengan smart PLS3.0. Jurnal. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Univesitas Brawijaya.

Mangkunegara, A.A Anwar Prabu. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan Kesembilan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mohammad, H., Osman, A., & Edris H. (2014). The Effect Of Human Resource Management Practices on Employee Performance. International Journal of Scientific & Technology Research, Volume 3. page 129-134.

Sadili. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Pustaka Setia.

Sugiyono. 2008. “Metode Penelitian Bisnis”, Bandung: CV. Alfabeta.
Sutrisno. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia dan Prestasi Kerja. Cetakan Ketiga. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003. Pasal 15 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Published
2018-03-01
How to Cite
Ni Luh Putu Eka Yudi Prastiwi. (2018). KINERJA ORGANISASI DARI ASPEK HUMAN RESOURCE MANAGEMENT PRACTICE DAN KOMPETENSI GURU DENGAN MENINGKATKAN PRESTASI GURU (STUDI KASUS GURU-GURU PNS DI SMK NEGERI 1 SINGARAJA). ARTHA SATYA DHARMA, 11(1), 224-234. https://doi.org/10.55822/asd.v11i1.157