Peran Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Lembaga Perkreditan Daerah

  • Komang Trisna Sari Dewi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma

Abstract

Lembaga Perkreditan Daerah sebagai salah satu lembaga keuangan yang memberikan layanan kepada masyarakat dituntut mampu bersaing dengan bank lain yang memiliki jaringan dan sistem lebih hebat. Sehingga kepemimpinan memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan dan pergerakan sebuah lembaga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dan pengaruh kepemimpinan dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan LPD Se-Kecamatan Tejakula. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 95 responden yang merupakan karyawan LPD Se-Kecamatan Tejakula. Tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model persamaan struktural berbasis variance dan component based SEM dengan alat analisis smartPLS 3.0. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kepemimpinan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja. Kedua, kepemimpinan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan. Ketiga, kepuasan kerja berpengaruh postif signifikan terhadap kinerja karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Artadi, Febri Furqon. 2015. Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Merapi Agung Lestari. Jurnal Fakultas Ekonomi Universita Negeri Yogyakarta.
Canggriawan, Garry Surya. 2017. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di One Way Production. Jurnal AGORA Volume 5 Nomor 2.
Darmaja, I Putu Eka Yasa. 2015. Pengaruh Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Perusahaan Daerah Tingkat I Bali Sub Unit Sangiang Tahun 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi UndikshaVolume 5 Nomor 1.
Edison, Anwar dan Komariyah.2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Bandung:Alfabeta.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handoko,T. Hani. 2012. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta:BPFE.
Hasibuan, Malayu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Cetakan keTujuhbelas. Jakarta:Bumi Aksara.
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Penerbit Refika Aditama.
Martoyo, Susilo. 2000.Manajemen Sumber Daya Manusia.Edisi keempat. Yogyakarta: BPFE.
Muizu, Wa Ode Susnita, Umi Kaltum, Ernie T. Sule. 2019. Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan. Universitas Padjajaran. Jurnal Perwira Vol.2 Nomor 1. dan Mulyadi. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: In Media.
Robbins, Stephen P, Timothy A. Judge 2008. Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Salemba Empat.
Sasongko, Totok, 2009. Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada KPRI Bima Jaya Pasuruan. Jurnal Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Tribhuwana Tunggadewi, Malang. Jurnal Aplikasi Manajemen Volume 7 Nomor 3.
Suryana, Nana, Siti Haerani, dan Muhammad Idrus Taba. 2015. Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan dan Kinerja Perushaan.
Sutrisno,Edi. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Vanli, Gusnike. 2019. Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan, dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Serta Dampaknya Pada Kinerja Perushaan. Tesis. Universita Putra Indonesia.
Yukl, Gary, 2007. Kepemimpinan dalam Organisasi. Edisi Kelima. Jakarta:PT.Gramedia.
Published
2021-05-18
How to Cite
Komang Trisna Sari Dewi. (2021). Peran Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Lembaga Perkreditan Daerah. ARTHA SATYA DHARMA, 13(1), 44-51. https://doi.org/10.55822/asd.v13i1.35

Most read articles by the same author(s)