PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA TABUNGAN, PRODUK TABUNGAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT MENABUNG NASABAH PADA BPR INDRA CANDRA SINGARAJA

PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA TABUNGAN, PRODUK TABUNGAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT MENABUNG NASABAH PADA BPR INDRA CANDRA SINGARAJA

  • Komang Trisna Sari Dewi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma
  • Luh Putu Putri Sariani
  • Luh Putu Putri Sariani

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of saving interest rates, savings products and service quality on customer interest in saving at BPR Indra Candra Singaraja. The population in this study are customers who save at BPR Indra Candra Singaraja while the sample in this study is 75 customers. Methods of collecting data by using questionnaire techniques and data analysis techniques using the application SPSS Versi 18.0.

The results showed that the t-test value of the effect of interest rates on savings savings customers obtained a t-count > t-table (2.962 > 1.666) with a probability value (a = 5%) = 0.004 < 0.05, the effect of the product savings on customer interest in saving, the value of t-count > t-table (5.392

> 1.666) with probability value (a = 5%) = 0.000 <0.05 and the effect of service quality on customer interest in saving is obtained by t-count > t- table (3.980 > 1.666) with probability value (a = 5%) = 0.000 < 0.05. The results of this study indicate a positive and significant influence between interest rates on savings, savings products, service quality on customer interest in saving at BPR Indra Candra Singaraja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Mahmudi. 2015. Pengaruh Kualitas Produk Tabungan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Di Bmt Tumang Cabang Salatiga

Arikunto, Suharsimi 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.

Arthesa, Ade dan Edia Handiman. 2009. Bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank. Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang

Assegaff, Mohammad. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Perusahaan Penerbangan PT. Garuda Di Kota Semarang). Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 10. No. 2. Juli. Unisulla Semarang. Semarang.

Aw, Suranto. 2010. Komunikasi Sosial Budaya. Yogyakarta: Graha Ilmu

Ayun Sekar Widowati. 2018. Pengaruh Produk Tabungan, Reputasi Bank, Dan Persepsi Nasabah Mengenai Suku Bunga Simpanan Terhadap Minat Menabung Nasabah.

Basrah Saidani dan Samsul Arifin. 2012. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan

Konsumen Dan Minat Beli Pada Ranch Market. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI). Vol. 3, No. 1.

Dani Syahrizal, 2020. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah Di Bri Syariah Kcp Ponorogo

E, Mumbi dan M, Makori. 2015. Influence of Employees Motivation on Organizational Performance in Government Ministries in Kenya: A Case of Ministry of Agriculture, Livestock and Fisheries, 2(86), 1119-1163. Retrieved from E- Journal Business and Change Management

Fandy Tjiptono. 2012. Strategi Pemasaran, ed.

, Yogyakarta, Andi

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang

Hasibuan, Malayu S.P. 2011. Dasar- Dasar Perbankan. Cetakan Kesembilan. Jakarta : Bumi Aksara

Hermawan, Rizka Andika. 2014. “Analisis Pengaruh Harga, Keragaman Produk, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Fashion Online (Namira Outlet)”. Skripsi Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang

Husmawanti. 2011. Pengaruh Suku Bunga Deposito Berjangka terhadap Jumlah Tabungan Deposito Berjangka pada

P.T. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Sungguminasa di Kabupaten Gowa.

Kasmir, 2014. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Pertama, Cetakan Ketujuh. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Kotler, K. 2009. Manajemen Pemasaran 1.Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta

Kurniawan, Didik. 2013. Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Kusumaningrum, Desi Wulandari .2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Tingkat Suku Bunga Terhadap Minat Menabung Nasabah Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) TBK Cabang Surakarta Tahun 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Lestari, Anis Dewi. 2013. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Banyumanik Semarang”. Skripsi. Dipublikasikan (Online). Semarang: IAIN Wlisongo Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (http://eprints.walisongo.ac.id/1121/, diakses 14 Februari 2015)

Mawaddah, Atik. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Menabung di Bank BNI Syariah (Studi Kasus Bank BNI Syariah Capem Plered Cirebon). Skripsi: Tidak Diterbitkan

Nugroho, Bhuono Agung. 2012. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Jogjakarta : Andi

Peter, J. P & Olson, J. C. 2003. Consumer Behavior and Marketing Strategy (4th ed). The McGraw-Hill Companies, Inc.

Rachmat Firdaus dan Maya Ariyanti. 2011. Pengantar Teori Moneter serta Aplikasinya Pada Sistem Ekonomi Konvensional dan Syariah. Bandung: Alfabeta

Rendy Zulfikar Dwiantoro, Haryono, Nurul Imamah. 2020. Pengaruh Produk Tabungan, Kualitas Pelayanan dan

Kepercayaan Terhadap Minat Menabung Nasabah di Bank Jatim KCP Driyorejo Gresik

Sangadji. 2013. Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Schiffman, L.G., & Kanuk, L.L. 2010. Consumer Behaviour (10th ed). New Jersey, Pearson Prentice Hall

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2015. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Tony Wijaya, Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis, Yogyakarta, Graha Ilmu, 2013

TriAstuti dan Indah Mustikawati. 2013. “Pengaruh Persepsi Nasabah TentangTingkat Suku Bunga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah”. Jurnal Nominal. Vol.2. No.1

Nuryani, N. N. J. (2021). Triggers For Stock Prices In Manufacturing Companies In The Food and Beverages Sector On The Indonesia Stock Exchange. International Journal of Social Science and Business, 5(4), 468-474.

Made, D. H. I., Gde, B. I., Made, S. U., & Wayan, M. Y. I. G. (2019). Cultural management of economic resistance in Bali Aga community village of Kecamatan banjar district Buleleng. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 93(9), 183-192.

Ningsih, L. K., Prastiwi, N. L. P. E. Y., & Ayuni, N. M. S. (2019). The Implementation of Organizational Culture Based on Tri Hita Karana in the Effort to Realize the Organizational Performance in PDAM Buleleng Regency. International Journal of Social Science and Business, 3(2), 77-85.

Ningsih, L. K., & Prastiwi, N. L. P. E. Y. (2019). Improving the Quality of Human Resources in Indigenous Village Institutions Through Work Culture Based on" Catur Marga" in Bali Aga Village, Buleleng Regency. International Journal of Social Science and Business, 3(3), 306-313.

Prastiwi, N. L. P. E. Y., Ningsih, L. K., & Rianita, N. M. (2018). The Application of Strategic Human Resource Practice Based on Tri Kaya Parisudha to Improve The Performance of Village Financial Institution Employees in Buleleng Regency. International Journal of Social Science and Business, 2(4), 245-250.

Budiasni, N. W. N., Ayuni, N. M. S., & Trisnadewi, N. K. A. (2019). The Implementation of Spiritual Capital Saab Mote Craftsmen: Study of The Hindu Teachings (Study of Saab Mote Craftsman in Nagasepaha Village, Buleleng). International Journal of Social Science and Business, 3(3), 336-340.

Ayuni, N. M. S., Gorda, A. A. N. E. S., & Budiasni, N. W. N. (2019). ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN SAAB MOTE DESA NAGASEPAHA SEBAGAI PRODUK IKONIK. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 4(1), 1-11.

Ayuni, N. M. S., & Budiasni, N. W. N. (2019). The Strategy of Bad Loans “Pang Pade Payu” in Village Credit Institution in Buleleng District. International Journal of Social Science and Business, 3(4), 542-548.

Budiasni, N. W. N., Ayuni, N. M. S., & Trisnadewi, N. K. A. (2020). Evaluasi Kinerja Keuangan pada Pengembangan Jaringan 4G PT. Telekomunikasi Indonesia di Singaraja. Jurnal Akuntansi Profesi, 11(1), 107-114.

Ayuni, N. M. S., & Budiasni, N. W. N. (2020). The Implementation of Profit Sharing at Lembaga Perkreditan Desa. International Journal of Social Science and Business, 4(3), 472-479.

Ayuni, N. M. S., & Budiasni, N. W. N. (2020). The Implementation of Profit Sharing at Lembaga Perkreditan Desa. International Journal of Social Science and Business, 4(3), 472-479.

Budiasni, N. W. N., & Ayuni, N. M. S. (2020). Transparency and Accountability Based on The Concept of “Pada Gelahang” Enhancing Village Financial Management. International Journal of Social Science and Business, 4(3), 501-508.

Published
2022-12-12
How to Cite
Komang Trisna Sari Dewi, SarianiL. P. P., & SarianiL. P. P. (2022). PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA TABUNGAN, PRODUK TABUNGAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT MENABUNG NASABAH PADA BPR INDRA CANDRA SINGARAJA. ARTHA SATYA DHARMA, 15(2), 87-95. https://doi.org/10.55822/asd.v15i2.255