Implementasi CRM, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Dalam Upaya Meningkatkan Loyalitas Pelanggan di Maha Surya Motor Singaraja

  • I Gusti Made Oka Astana
  • Komang Novi Purniari

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi CRM, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan di Maha Surya Motor Singaraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dalam bentuk kuesioner atau kuesioner
dengan alat ukur berupa indikator, dimana yang dipilih sebagai responden adalah seluruh konsumen di Maha Surya Motor Singaraja sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Produk Statistik dan Solusi Layanan-SPSS versi 22.0. Semua hubungan yang diperiksa dalam penelitian ini menunjukkan hasil yang signifikan terkait dengan penerapan CRM, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan untuk mencapai layanan maksimum dan mendapatkan kepuasan dari konsumen. Untuk alasan ini, dalam realisasinya, Maha Surya Motor Singaraja diharapkan dapat memperhatikan setiap karyawannya guna mewujudkan pencapaian hasil yang baik, karena ini akan berdampak pada kepercayaan konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchari. (2007). Manajemen Pemasarandan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Ariani, D. Wahyu. 2009. Manajemen Operasi Jasa. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ayu, Lestari. 2015. Pengaruh Kepuasan Pelanggan dan Citra Perusahaan terhadap
Loyalitas pelanggan pada PT Indomarco Denpasar: Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Brown, Stanley A. 2000. Customer Relationship Management: A Strategic imperative in the World of E-Business John Wiley & Sons: Canada
Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Yogyakarta.
Kotler, Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 jilid1. Jakarta: Erlangga
Chan, Syafruddin.2003. Relationship Marketing: Inovasi pemasaran yang membuat pelanggan Bertekuk lutut. Jakarta: PT. Granmedia Pustaka Utama.
Ferdinand, Augusty. 2014. Metodelogi Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Febrianingtyas, Media. 2013. Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah. Universitas Brawijaya, Malang: Skripsi yang Tidak Dipublikasikan.
Griffin, Jill. 2005. Customer Loyality Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.
Ghozali, Imam. 2008. Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square Edisi Kedua.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Dialih bahasakan oleh Bob Sabran, MM. Jakarta: Erlangga.
Lukas, Ade (2001). Customer Relationship Management, CRM Slide Pesentation. Jakarta: Ciptamaya. Mowen. J. C., dan Minor, M., 2002, Perilaku Konsumen, Jilid1, Jakarta: PT Penerbit Erlangga.
Sugiyono, 2011. Statistika Untuk Penelitian. Badan Penerbit Alfabeta. Bandung.
Tjiptono, F & Chandra, G. 2012. Pemasaran Strategik. Edisi 2. Andi. Yogyakarta. Turban, Efraim. 2004. Electronic Commerce A Managerial Perspective. Prentice Hall, New Jersey.
Published
2020-03-02
How to Cite
I Gusti Made Oka Astana, & Komang Novi Purniari. (2020). Implementasi CRM, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Dalam Upaya Meningkatkan Loyalitas Pelanggan di Maha Surya Motor Singaraja. ARTHA SATYA DHARMA, 13(1), 25-34. https://doi.org/10.55822/asd.v13i1.32

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>