Partisipasi Word Of Mouth Dibalik Pengambilan Keputusan Pembelian Pada Toko Dicky Putra Korden
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Partisipasi Word Of Mouth Dibalik Pengambilan Keputusan Pembelian Pada Toko Dicky Putra Korden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa metode wawancara dengan informan untuk mendapatkan informasi atau pengalaman secara detail dari informan, dimana yang dipilih sebagai informan adalah pemilik usaha, karyawan, dan konsumen sebanyak 5 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif, dengan mendeskriptifkan data-data yang diperoleh dari hasil wawancara secara ringkas dan detail. Semua hubungan yang diteliti dalam penelitian ini menunjukkan hasil yang signifikan terkait keberadaan Word Of Mouth dalam menentukan pengambilan keputusan pembelian. Untuk itu dalam realisasinya, Pemilik toko Dicky Putra Korden diharapkan mampu menembus pangsa pasar yang lebih luas lagi dengan menciptakan kesan Word Of Mouth yang lebih baik lagi. Terwujudnya Word Of Mouth yang baik merupakan suatu strategi dalam pengambilan keputusan pembelian, yang akan berdampak pada tingkat penjualan serta mendapatkan kepercayaan dari masyarakat atau konsumen.
Downloads
References
Arbainah, Siti. 2010. Studi Tentang Word of Mouth (WOM) Positif pada Bisnis Ritel Pasar Modern. Tesis. Semarang: UNDIP.
Buchori. 2020. " Word Of Mouth (WOM) Sebagai Penentu Keputusan Pembelian (Sebuah Studi Literatur)". Buletin Ekonomi No 2 Tahun Kedelapanbelas Oktober 2020.
David, F . R. 2010. “Manajemen Strategis” Edisi Keduabelas, Buku Satu. Jakarta : Salemba Empat.
Finnan Aditya Ajie Nugraha, Suharyono dan Andrian Kusumawati, 2015/ Pengaruh Word of Mouth Marketing Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Konsumen Kober Mie Setan Jalan Simpang Soekarno Hatta Nomor 1-2 Malang
Joesyiana, Kiki. 2018 . " Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop ShopeeDi Pekanbaru". Jurnal Valuta Vol 4. No,1 April.
Jogiyanto. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BPFE
Kotler, P ,. dan Keller, K. L. 2009,“Manajemen Pemasaran” Jilid 1. Edisi ke 13.
Diterjemahkan oleh : Bob Sabran. Jakarta : Erlangga.
Nugraha, Finnan Aditya Ajie, dkk. 2015. Pengaruh Word of Mouth Marketing Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Konsumen Kober Mie Setan Jalan Simpang Soekarno Hatta Nomor 1-2Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 22 No. 1 Mei.
Pearce dan Robinson. 2008.“Manajemen Strategis : Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian”. Jakarta : Salemba Empat.
Permana, Panji. 2015. Analisis Pengaruh Efektivitas Iklan Dan Word of Mouth Marketing Terhadap Brand Awareness, Dan Nilai Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli Hand And Body Lotion Marina (Studi Kasus PadaMasyarakat Di Kota Se
Pratiwi, Yuly Rahmi. 2017. Pengaruh Word of Mouth Marketing Communication Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Boardgame Longe Smart Cafe Pekanbaru. JOM FISIP. Volume 4 No.1- Februari.
Rudjito. 2006. Strategi Pengembangan UMKM. Edisi Revisi. Penerbit Gramedia Pustaka Umum. Jakarta.
Rahayu, Erfina. 2016. Analisis Pengaruh Brand Image Dan Word of Mouth (Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Bakso Son Haji Sony I-X Bandar Lampung), Skripsi. Lampung: Program studi ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Rachman, Raniawati dan Totok Wahyu Abadi. 2017. Komunikasi Word of Mouth Marketing Dan Keputusan Pembelian Batik Bangkalan. Jurnal ASPIKOM. Volume 3 Nomor 2, Januari.
Raniawati Rachman dan Totok Wahyu Abadi, 2017/ Komunikasi Word of Mouth Marketing dan Keputusan Pembelian Batik Bangkalan.
Sofyan, A. 2011.“Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi”, Jakarta : Penerbit PT. Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D.Bandung : Alfabeta.
Suhendra. 2015. Efektifitas Word of Mouth Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Jigar Fruit Salad di Plaza Semanggi. Jurnal Visi Komunikasi. Volume 14, No. 01, Mei.
Suhendra, 2015/ Efektifitas Word of Mouth Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Jigar Fruit Salad di Plaza Semanggi.
Tjiptono, F. 2008. “Strategi Pemasaran”, Yogyakarta : ANDI
Yuly Rahmi Pratiwi, 2017/ Pengaruh Word of Mouth Marketing Communication Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada BoardgameLounge Smart Cafe Pekanbaru.
Made, D. H. I., Gde, B. I., Made, S. U., & Wayan, M. Y. I. G. (2019). Cultural management of economic resistance in Bali Aga community village of Kecamatan banjar district Buleleng. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 93(9), 183-192.
Ningsih, L. K., Prastiwi, N. L. P. E. Y., & Ayuni, N. M. S. (2019). The Implementation of Organizational Culture Based on Tri Hita Karana in the Effort to Realize the Organizational Performance in PDAM Buleleng Regency. International Journal of Social Science and Business, 3(2), 77-85.
Ningsih, L. K., & Prastiwi, N. L. P. E. Y. (2019). Improving the Quality of Human Resources in Indigenous Village Institutions Through Work Culture Based on" Catur Marga" in Bali Aga Village, Buleleng Regency. International Journal of Social Science and Business, 3(3), 306-313.
Prastiwi, N. L. P. E. Y., Ningsih, L. K., & Rianita, N. M. (2018). The Application of Strategic Human Resource Practice Based on Tri Kaya Parisudha to Improve The Performance of Village Financial Institution Employees in Buleleng Regency. International Journal of Social Science and Business, 2(4), 245-250.
Budiasni, N. W. N., Ayuni, N. M. S., & Trisnadewi, N. K. A. (2019). The Implementation of Spiritual Capital Saab Mote Craftsmen: Study of The Hindu Teachings (Study of Saab Mote Craftsman in Nagasepaha Village, Buleleng). International Journal of Social Science and Business, 3(3), 336-340.
Ayuni, N. M. S., Gorda, A. A. N. E. S., & Budiasni, N. W. N. (2019). ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN SAAB MOTE DESA NAGASEPAHA SEBAGAI PRODUK IKONIK. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 4(1), 1-11.
Ayuni, N. M. S., & Budiasni, N. W. N. (2019). The Strategy of Bad Loans “Pang Pade Payu” in Village Credit Institution in Buleleng District. International Journal of Social Science and Business, 3(4), 542-548.
Budiasni, N. W. N., Ayuni, N. M. S., & Trisnadewi, N. K. A. (2020). Evaluasi Kinerja Keuangan pada Pengembangan Jaringan 4G PT. Telekomunikasi Indonesia di Singaraja. Jurnal Akuntansi Profesi, 11(1), 107-114.
Ayuni, N. M. S., & Budiasni, N. W. N. (2020). The Implementation of Profit Sharing at Lembaga Perkreditan Desa. International Journal of Social Science and Business, 4(3), 472-479.
Ayuni, N. M. S., & Budiasni, N. W. N. (2020). The Implementation of Profit Sharing at Lembaga Perkreditan Desa. International Journal of Social Science and Business, 4(3), 472-479.
Budiasni, N. W. N., & Ayuni, N. M. S. (2020). Transparency and Accountability Based on The Concept of “Pada Gelahang” Enhancing Village Financial Management. International Journal of Social Science and Business, 4(3), 501-508.
Nuryani, N. N. J. (2021). Triggers For Stock Prices In Manufacturing Companies In The Food and Beverages Sector On The Indonesia Stock Exchange. International Journal of Social Science and Business, 5(4), 468-474.