A PENGARUH SERVICE QUALITY, RELATIONSHP MARKETING DAN CUSTOMER SATISFACTION TERHADAP REVISIT INTENTION PADA LIA BEAUTY SALON
Abstract
Abstract. The purpose of this study was to determine how : (1) the effect of service quality on revisit intention (2) the effect of relationship marketing on revisit intention (3) the effect of customer satisfaction on revisit intention. The research was conducted on customer of Lia Beaty Salon. This study uses a quantitative approach. The population in this studi is the customer of Lia Beauty Salon, number of sample is 85 respondens , the sampling technique was non probablity sampling method. . The sample are collected using questionnaires. Data analysis techniqued used in this study is a structural equation model (SEM) based in Partial Least Square ( PLS) with software version 3.3.3.
The result of this study indicate that (1) service quality has a positif and significant effect on revisit intention, (2) relationship marketing has a positif and significant effect on revisit intention, (3) customer satisfaction has a positif and significant effect on revisit intention.
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh service quality terhadap revisit intention, (2) Pengaruh relationship marketing terhadap revisit intention
(3) Pengaruh customer satisfaction terhadap revisit intention. Penelitian ini dilakukan pada pelanggan Lia Beauty Salon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Lia Beauty Salon. Sampel sebanyak 85 responden yang ditentukan dengan teknik non probability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan daftar pertanyaan dalam bentuk kuesioner kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan model persamaan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Last Square (PLS) dengan versi software 3.3.3
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap revisit intention.
(2) relationship marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap revisit intention. (3) customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap revisit intention
Downloads
References
Aditya, S. Nuryanto. 2015. Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Mengambil Kredit Di Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiah Surakarta. Jurnal Manajemen Bisnis. Vol 10.
Alaan, Yunus. 2016. “Pengaruh Service Quality (Tangible, Empathy, Reliability, Responsiveness, Dan Assurance) Terhadap Customer Satisfaction : Penelitian Pada Hotel Selera Bandung”. Jurnal Manajemen. Vol.15 No (2).
Anggraeny. 2017. “ Pengaruh Life Stile dan Reference Group Terhadap Keputusan Pembelian Motor Merek Honda Beat. Fakultas Ekonomi. UIN Maulana Malik.Ibrahim Malang.
Apriyani, Aliyyah. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Survei pada Konsumen The Little A Coffe Shop Sidoarjo”. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 51 No (2). 2.
Bachtiar, M. Latief. 2016. Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Objek Wisata Pantai Kabupaten Gunung Kidul. Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Program Studi Manajemen. Universitas Negeri Yogyakarta.
Fahruddin. Muhammad Fajar. 2015. Pengaruh Promosi, Lokasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Nasabah Bank Mandiri Surabaya. Surabaya: Jurnal of business and Banking. Vol. 5 No (2).
Ghozali, Imam. 2014. Structural Equation Modeling. Metode Alternatif dengan Patrial Least Square, Edisi 2, Solo: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
…….2011. “ Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Haris, Yunita. 2018. Pengaruh Penerapan Relationship Marketing dan Experiental Marketing Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pasa Toko Ritel Indomaret di Kota
Makasar. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Alam. UIN Alauddin Makasar.
Hartono, Jogiyanto. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman – pengalaman. Yogyakarta: BPEF.
Iman Teguh, (2018), “Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen produk nissan grand livina” Ecogen, Vol.4.
Lubis, Kharunnisa, 2019, “Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT.Jetindonagasakti Transekspress (J&T) Medan”, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Medan Area.
Maharani, R..O. 2020. “Pengaruh Citra Merek dan Kualitass Produk pada Kepuasan Konsumen Dimoderasi oleh Loyalitas Studi Kasus Pada Lipstik Wardah. Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi. Vol.4, No (1).97- 111.
Mardatilla, Rika et al. 2017. “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasaan, Kepercayaan, Dan Loyalitas Pelanggan Pada e- Commerce (Studi Kasus : Beerybenka)”. Jurnal Pengembangan TI dan Ilmu Komputer.Vol.1 No (12).
Nuraeni, Belinda Sofia. 2014. “ Analisis Faktor
– Faktor yang mempengaruhi Minar Kunjung Ulang Wisatawan Museum Ranggawarsita Semarang”. Jurnal Bisnis Strategi, Vol.23 No.1. Semarang: Universitas Diponogoro
Octafilia, Yusnita, 2018, ”Analisis pengaruh relationship marketing terhadap loyalisa pelanggan pada PT Pangkalan baru indah Pekanbaru”, Joirnal of Economic, Business and Accounting, Vol.1, No.(2).
Rahayu, Putri. 2018. “ Penagruh Customer Satisfaction Terhadap Minat Berkunjung Ulang Studi Kasus pada Pengunjung Museum Affandi Yogyakarta”. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol 1.
Saputra dan Ariningsih. 2014”. Masa Depan Penerapan Strategi Relationship Marketing pada Industri Jasa Perbankan”. JurnalnManajemen dan Bisnis. Vol 10 No (1) .Hal 1-15.
Setianingrum, Ratih. 2018. Pengaruh Kepuasan Pasien Terhadap Minat Kunjungan Ulang Poli Besah Di RSUD Kota Madiun Tahun 2017. Fakultas Kesehatan. STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.
Sopyan. 2015. Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Berkunjung Ulang Pengunjung dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Cagar Budaya Gedung Lawang Sewu).
Suparwata, D.M. 2017. “ Analisis Pengaruh Customer Rwlationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank Sinarmas Kantor Cabang Mataram. Jurnal Magister Manajemen. Vol.6 No (1).
Sunarti, Amaliah. 2018. “ Analisis Relationship Marketing Terhadap Kepuasaan Pelanggan dan Dampkanya Pada Loyalitas Pelanggan”. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 55 No (1). 225
Suryani, D.D. 2017. “ Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Kunjung Kembali Wisatawan Di Pulau Pahawang Lampung”. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Sanata Dharma.
Triana Putri. 2017. “Pengaruh Relationship Marketing dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Studi Pada Hotel Sapadia Kecamatan Pasir Pengaraian”. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol.4 No (2).3.
Widjianto, Trisna. 2019. Pengaruh Daya Tarik Wisata, Citra Wisata, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan di Objek Wisata Ketep Pass. Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen. Universitas Negeri Yogyakarta.
Wiwoho, A.S. 2018. “Pengaruh Relationship Marketing, Customer Value, dan Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Asuransi Jiwasraya Cabang Kota Malang”. Jurnal Manajemen Bisnis. Vol.8. No (2).117.
Wulanjani, Harimurti dan Darmawan, 2017, “Dampak Utilitarian Value dan Experiental Marketing Terhadap Customer Satisfaction Dan Revisit Intention”, Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT Vol. 2, No. (2).121.
Zeithaml. Valarie A. Mary. 2018. Service Marketing ; Integrating Customer Focus Aceoos. The Firm (5ThEd). New York: MC Graw – Hill.
Nuryani, N. N. J. (2021). Triggers For Stock Prices In Manufacturing Companies In The Food and Beverages Sector On The Indonesia Stock Exchange. International Journal of Social Science and Business, 5(4), 468-474.
Made, D. H. I., Gde, B. I., Made, S. U., & Wayan, M. Y. I. G. (2019). Cultural management of economic resistance in Bali Aga community village of Kecamatan banjar district Buleleng. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 93(9), 183-192.
Ningsih, L. K., Prastiwi, N. L. P. E. Y., & Ayuni, N. M. S. (2019). The Implementation of Organizational Culture Based on Tri Hita Karana in the Effort to Realize the Organizational Performance in PDAM Buleleng Regency. International Journal of Social Science and Business, 3(2), 77-85.
Ningsih, L. K., & Prastiwi, N. L. P. E. Y. (2019). Improving the Quality of Human Resources in Indigenous Village Institutions Through Work Culture Based on" Catur Marga" in Bali Aga Village, Buleleng Regency. International Journal of Social Science and Business, 3(3), 306-313.
Prastiwi, N. L. P. E. Y., Ningsih, L. K., & Rianita, N. M. (2018). The Application of Strategic Human Resource Practice Based on Tri Kaya Parisudha to Improve The Performance of Village Financial Institution Employees in Buleleng Regency. International Journal of Social Science and Business, 2(4), 245-250.
Budiasni, N. W. N., Ayuni, N. M. S., & Trisnadewi, N. K. A. (2019). The Implementation of Spiritual Capital Saab Mote Craftsmen: Study of The Hindu Teachings (Study of Saab Mote Craftsman in Nagasepaha Village, Buleleng). International Journal of Social Science and Business, 3(3), 336-340.
Ayuni, N. M. S., Gorda, A. A. N. E. S., & Budiasni, N. W. N. (2019). ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN SAAB MOTE DESA NAGASEPAHA SEBAGAI PRODUK IKONIK. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 4(1), 1-11.
Ayuni, N. M. S., & Budiasni, N. W. N. (2019). The Strategy of Bad Loans “Pang Pade Payu” in Village Credit Institution in Buleleng District. International Journal of Social Science and Business, 3(4), 542-548.
Budiasni, N. W. N., Ayuni, N. M. S., & Trisnadewi, N. K. A. (2020). Evaluasi Kinerja Keuangan pada Pengembangan Jaringan 4G PT. Telekomunikasi Indonesia di Singaraja. Jurnal Akuntansi Profesi, 11(1), 107-114.
Ayuni, N. M. S., & Budiasni, N. W. N. (2020). The Implementation of Profit Sharing at Lembaga Perkreditan Desa. International Journal of Social Science and Business, 4(3), 472-479.
Ayuni, N. M. S., & Budiasni, N. W. N. (2020). The Implementation of Profit Sharing at Lembaga Perkreditan Desa. International Journal of Social Science and Business, 4(3), 472-479.
Budiasni, N. W. N., & Ayuni, N. M. S. (2020). Transparency and Accountability Based on The Concept of “Pada Gelahang” Enhancing Village Financial Management. International Journal of Social Science and Business, 4(3), 501-508.