STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING PRODUK KREDIT DI KSP. DANA MUKTI SINGARAJA

  • I Gusti Made Oka Astana STIE Satya Dharma
  • Nyoman Srikarsa STIE Satya Dharma
Keywords: Strategi Keunggulan Bersaing

Abstract

Perkembangan jumlah koperasi di kabupaten Buleleng selama ini terjadi peningkatan dari tahun ke tahun. Berdasarkan data badan pusat statistik, jumlah koperasi di kabupaten Buleleng pada tahun 2014 sebanyak 4401 meningkat sebesar 2,74% semenjak tahun 2013. Kopreasi Dana Mukti meruapakan salah satu lembaga keuangan yang bergerak dalam simpan pinjam dan telah memiliki asset tertinggi di Kamupaten Buleleng.  Koperasi Dana Mukti Memaparkan persentase pertumbuhan total asset, SHU, dan piutang secara umum mengalami penurunan. Salah satunya piutang pada tahun 2012 dan 2013 mengalami peningkatan sebesar 15,07% dan 69,66%. Sebaliknya pada tahun 2014 dan 2015 persentase pertumbuhannya mengalami penurunan sebesar 13,49% dan 17,59%. Hal ini menunjukan bahwa belum optimalnya kinerja produk kredit KSP Dana Mukti. Oleh karena itu perlu dirumuskan strategi untuk membangun keunggulan produk dalam rangka mencapai tujuan yaitu mampu meningkatkan kinerja KSP Dana Mukti.

Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu data hasil wawancara dalam menggali keunggulan produk kredit di KSP Dana Mukti Singaraja. Prosedur penentuan informan dala m penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan maksud tidak harus mewakili seluruh populasi.

Berdasarkan hasil penelitian, Keunggulan produk kredit KSP Dana Mukti yaitu, suku bunga yang kompetitif, peruntukan atau syarat kredit yang fleksibel, layanan yang fleksibel dan responsive, dan fasilitas tambahan asuransi kematian. Strategi yang dirumuskan dalam rangka meningkakan keunggulan produk kredit KSP Dana Mukti, secara umum yaitu, mempertahankan keunggulan produk, inovasi produk, diferensiasi produk, menerapkan strategi hubungan pelanggan, memperluas cakupan pasar dan meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, W. 2009. Manajemen Operasi Jasa. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Barczak, 1994, “Gaining Superior Performance of New Products” Jurnal or Business & Industrial Marketing Vol 9 No. 4
Bungin, B. 2008. Penelitian Kualitatif. Prenada Media Group: Jakarta.
Competitive Advantage in Service Industries: A Conceptual Model and Research Propositions“. Journal of Marketing. Vol.57,Oktober,:.83-99
Calantone,1993. “Organisational Technical and Marketing Antecendentsfor successful New Produck Development” Journal Research and Development Management Vol. 23 Iss.4.
Chadhiq, U. (2007). Customer Relationship Management (CRM) : Pilihan Strategi untuk Meraih Keunggulan Bersaing.
Chang, H. H. (2007, July). Critical Factors and Benefits in the Implementation of Customer Relationship Management. Total Quality Management, 18(5), 483-508.
Cooper, 1994, “New Product : The Factors That Drive Success”, International Marketing Reviuw, Vol. 11 No. 1 what Distiguishes The Star Products”, Australian Journal of Management, Vol.25 No. 1
Cooper dan Kleinschimidt, 2000, “New Product Performance: what Distiguishes The Star Products”, Australian Journal of Management, Vol.25 No. 1
David, Fred R., 2006. Manajemen Strategis. Edisi Sepuluh, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Delene, 1997, “International Product Strategy : Building Standardization Modification Decision “, Irish Marketing Reviuw Vol. 10 No. 1
Pemerintah Kabupaten Buleleng. Data Jumlah Koperasi di Kabupaen Buleleng. http://bulelengkab.bps.go.id
Kotler, Philip and Armstrong, Gary. 2012. Principles of Marketing. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Kotler, Philip. dan Keller, Kevin Lane (2010). Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi Ketiga belas, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Lupiyoadi, Rambat. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Moleong, J Lexy, Prof. Dr. 2007, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakaya.
Mulyadi, 2005, Sistem Manajemen Strategik Berbasis Balanced Scorecard, Cetakan Pertama, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.
Porter, M. E. 1994. Keunggulan Bersaing Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Edisi Terjemah. Jakarta: Binarupa Aksara.
Rangkuti, Freddy. 2001, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis – Reorientasi Konsep Perencanaan Startegis untuk Menghadapi Abad 21, Cetakan Kedelapan, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Pointer”, Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 2, No. 1, Mei Surakarta. Shimp Terence A., 2003, Periklanan Promosi, Jurnal Ilmiah dan Ilmu Ekonomi Edisi V, Jilid 1&2, Erlangga, Jakarta.
Sugiarto 2008, Memahami Penelitian Kualitatif, Cetakan Keempat, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung.
Sugiyono (2011), Memahami Penelitian Kualitatif, Cetakan Kelima, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung.
Tjiptono, Fandy. 2009. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Published
2018-03-01
How to Cite
I Gusti Made Oka Astana, & Nyoman Srikarsa. (2018). STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING PRODUK KREDIT DI KSP. DANA MUKTI SINGARAJA. ARTHA SATYA DHARMA, 11(1), 236-244. https://doi.org/10.55822/asd.v11i1.158