NILAI PELANGGAN DAN KUALITAS SISTEM TERHADAP KEPERCAYAAN PENGGUNA ELEKTRONIK BANKING PADA PT BRI (PERSERO) TBK. CABANG SINGARAJA

  • Ni Luh Nurkariani STIE Satya Dharma
  • Ketut Muliawati STIE Satya Dharma
Keywords: Nilai Pelanggan, Kualitas Sistem, Kepercayaan

Abstract

Timbulnya beberapa kasus kecuranagan dengan media electronic banking mengakibatkan menurunnya Kepercayaan (trust) nasabah dalam penggunaan electronic banking BRI. Hal ini memberi dampak kepada bank yaitu akan berakibat membesarnya biaya operasional untuk memperbanyak fasilitas yang bersifat tradisional dan pembuangan biaya untuk investasi sistem Electronic banking yang pada akhirnya tidak digunakan. Berdasarkan uraian dalam latar belakang masalah d atas maka tampak adanya fenomena yang terjadi yaitu nilai pelanggan dan kulitas sistem memiliki andil dalam membentuk Kepercayaan (trust) penggunaan electronic banking. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh nilai pelanggan (customer value) dan kualitas sistem terhadap Kepercayaan (trust) penggunaan Electronik Banking Pada PT. BRI Tbk. Cabang Singaraja.. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi, analisis determinasi dan uji hipotesis dengan uji T-Test dan Uji F-Test. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Nilai pelanggan berpengaruh positif terhadap Kepercayaan Di PT BRI (Persero) Tbk. Cabang Singaraja yang menunjukkan hubungan yang lurus dan kuat antara Nilai pelanggan dengan Kepercayaan, kemudian hasil pengujian hipotesis dengan uji T-Test didapatkan bahwa t-hitung > t-tabel sehingga hipotesis diterima yakni “Semakin baik nilai pelanggan nasabah maka semakin tinggi Kepercayaan Pengguna Elektronik Banking Pada PT BRI (Persero) Tbk. Cabang Singaraja”. Kualitas sistem berpengaruh positif terhadap Kepercayaan Di PT BRI (Persero) Tbk. Cabang Singaraja yang menunjukkan hubungan yang lurus dan sangat kuat, kemudian hasil pengujian hipotesis dengan uji T-Test didapatkan bahwa t-hitung > t-tabel sehingga hipotesis diterima yakni ”Semakin baik kualitas sistem maka semakin tinggi Kepercayaan Pengguna Elektronik Banking Pada PT BRI (Persero) Tbk. Cabang Singaraja”. Nilai pelanggan dan Kualitas sistem berpengaruh positif terhadap Kepercayaan di PT BRI (Persero) Tbk. Cabang Singaraja yang menunjukkan hubungan berbanding lurus dan sangat kuat secara bersama-sama antara variabel bebas Nilai pelanggan (X1) dan Kualitas sistem (X2) dengan variabel terikat Kepercayaan (Y) PT BRI (Persero) Tbk. Cabang Singaraja, kemudian hasil uji model dengan uji F-Test diperoleh bahwa Fhitung> Ftabel sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara nilai pelanggan dan kualitas sistem terhadap Kepercayaan Pengguna Elektronik Banking Pada PT BRI (Persero) Tbk. Cabang Singaraja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Diab, Balqis. 2011. Analisis Pengaruh
Nilai Pelanggan dan Citra
Merek Terhadap Kepercayaan
pelanggan Dalam Meningkatkan
Retensi Pelanggan. Tesis.
Semarang: Program
StudiManajemen Universitas
Diponegoro.
Fitriyani, Riska. 2014. Pengaruh
Penggunaan Teknologi
Informasi, Keahlian Pemakai
Dan Intensitas Pemakaian
Terhadap Kualitas Informasi
Akuntansi. Skripsi. Jurusan
Akuntansi. Fakultas Ekonomi
dan Bisnis. Universitas
Bengkulu
Gowinda, Gita. 2012. Analisis
Perilaku Penerimaan Wajib
Pajak terhadap Penggunaan EFilling
(Kajian Empiris Wilayah
Kota Semarang). Skripsi.
Semarang : Fakultas Ekonomi
Universitas Dipenogoro.
Gozali, Imam. 2010. Model
Persamaan Struktural.- Konsep
Dan Aplikasi Dengan Program
Amos Ver. 5.0, Penerbit: Badan
Penerbit - UNDI P
Halim, Abdul. 2010. Akuntansi Sektor
Publik . Akuntansi Keuangan
Daerah, Penerbit: Salemba
Empat, Edisi 3 2010. Akuntansi
dan Pengendalian Pengelolaan
Keuangan Daerah, Penerbit:
UPP STIM YKPN Yogyakarta
Istianingsih, dan Wiwik Utami. 2012.
Pengaruh Kepuasan Pengguna
Sistem Informasi Terhadap
Kinerja Individu. Kumpulan
Makalah Simposium Nasional
Akuntansi (SNA)XII.
Palembang, September 2009.
Kotler, Philip. 2011. Manajemen
Pemasaran. Jakarta: Penerbit
PT.Prehalindo.
Kristanto, A. 2005. Analisis Pengaruh
Asosiasi Merek, Nilai Produk,
dan Kualitas Pelayanan
Terhadap Kepuasan, Serta
Hubungannya Dengan Retensi
Nasabah: Studi Mengenai Motor Merek Honda di Jakarta. Tesis.
Jakarta: Program Studi Magister
Manajemen UI.
Lee, M.K.O. and Turban,E. 2001. “A
Trust Model for Consumer
Internet Shopping (online).
September 9, 2010
Maulidah, AshriFatin. 2011. Studi
Tentang Nilai Pelanggan Dan
Kualitas Sistem Terhadap
Kepercayaan Dan Intensitas
Penggunaan Electronic Banking
Pada Bca Cabang Sumenep.
Skripsi. Jurusan Manajemen.
Fakultas Ekonomi. Universitas
Jember.
Nazar, Rafki. M dan Syahran. 2012.
Pengaruh Privasi, Keamanan
Kepercayaan, danPengalaman
Terhadap Niat Untuk
Bertransaksi Secara Online”.
Simposium Nasional Akuntansi
XI, Pontianak.
Palilati, Alida. 2012. Pengaruh Nilai
Pelanggan, kepuasan Terhadap
Loyalitas Nasabah Tabungan
Perbankan Di Sulawesi Selatan.
Jurnal Ekonomi Manajjemen.
Kendari: Fakultas Ekonomi.
Universitas Kristen Petra.
Rachmawati, Indah Fauziah. 2012.
Pengaruh Kualitas Sistem
Informasi terhadapKepuasan
Pengguna (Studi Kasus pada
Karyawan PT. Kereta
ApiIndonesia (Persero) selaku
Pengguna Sistem Informasi Rail
TicketingSistem (RTS)). Skripsi.
Bandung : Universitas
Pendidikan Indonesia.
Rezah Pahlevi. 2014. Pengaruh
Kepuasan, Kepercayaan Dan
Harga Terhadap Loyalitas
Nasabah Pada Green Product.
(Studi Kasus pada Masyarakat
Bengkulu yang Menggunakan
Produk Elektronik Lampu
Hemat Energi). Universitas
Bengkulu Fakultas Ekonomi
Dan Bisnis
Stefanny Ratna Sari T. 2013. Pengaruh
Kepuasan Pelanggan,
Kepercayaan Pelanggan Dan
Switching Barriers Terhadap
Loyalitas Pelanggan Hartono
Elektronika Surabaya
Sugiyono. 2012. Statistika Untuk
Penelitian. Cetakan ke 21.
Bandung : Alfabeta.
Suhardi, Gunarto. 2011. Faktor-Faktor
yang Mempengaruhi
Kepercayaan dan Loyalitas
Nasabah Perbankan Di
Surabaya. Jurnal KINERJA.
(Vol. 10No.1)
Tampubolon, Nelson. 2012. “Surat
Edaran : Penerapan Manajemen
Risiko pada Aktivitas Pelayanan
Jasa Bank Melalui Internet
(Internet Banking) (online)”,
August 24, 2012.
Tjiptono, Fandi dan Gregorius Candra.
2012. Service, Quality, and Satisfaction.Yogyakarta:
Penerbit Andi Offset.
Wahyuningsih. 2012. “Customer
Value, Concept,
Operationalization, and
Outcame”.Jurnal Manajemen
UsahawanIndonesia, No. 08,
Tahun ke- XXXIII, Agustus.
Wijaya, Tony. 2013. Metodelogi
Penelitian, Ekonomi Dan Bisnis
(Teori Dan Praktek).
Yogyakarta: Graha Ilmu.
Published
2017-12-01
How to Cite
Ni Luh Nurkariani, & Ketut Muliawati. (2017). NILAI PELANGGAN DAN KUALITAS SISTEM TERHADAP KEPERCAYAAN PENGGUNA ELEKTRONIK BANKING PADA PT BRI (PERSERO) TBK. CABANG SINGARAJA. ARTHA SATYA DHARMA, 10(2), 235-247. https://doi.org/10.55822/asd.v10i2.206