Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kredit Terhadap Kepuasan Nasabah Di LPD Desa Pakraman Pemaron

  • Ni Luh Nurkariani STIE Satya Dharma
  • Desak Komang Antarini STIE Satya Dharma
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah

Abstract

Salah satu lembaga organisasi sosial yang bersifat tradisional di Bali adalah Desa Pakraman, Bersamaan dengan perkembangan Desa Pakraman dalam menjaga eksistensi Desa Pakraman diperlukan sebuah lembaga ekonomi yang dapat menunjang serta menggerakkan perekonomian Desa Pakraman. Pemerintah Daerah Provinsi Bali kemudian berusaha membentuk sebuah lembaga ekonomi yang diharapkan mampu menunjang kemandirian Desa Pakraman yang akhirnya dikenal dengan nama Lembaga Perkreditan Desa (LPD). Tujuan yang hendak dicapai adalah Untuk mengetahui Pengaruh Tangibles, Reliability, Responseveness, Asurance dan Emphaty terhadap kepuasan nasabah di LPD Desa Pakraman Pemaron. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif sedangkan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan kuesioner dimana hasil penyebaran kuesioner akan diolah terlebih dahulu dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis determinasi, analisis uji T-Test dan analisis Uji F-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tangibles, Reliability, Responseveness, Asurance dan Emphaty berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah di LPD Desa Pakraman Pemaron.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Sher. Puad Mat Som, Ahmad. Wadood, Fazli and Alzaidiyeen, Naser Jamil 2010. Revitalization of Service Quality to Gain Customer Satisfaction and Loyalty. International Journal of Business and Management.Vol 5.No 6 June 2010. Alifian Amanullah, 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah. Studi pada PD. BKK Wedi Kabupaten. Klaten Cabang Karanganom, Semarang. Bimo Walgito, 2004. Pengantar Psikolog Umum. Ypgyakarta : Andi offest. Budhi Poniman Dan Kusmardi. 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Siswa Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Klaten. STIE AUB Surakarta. Dwi aryani, dan Febrina., 2010. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan, Bisnis & Birokrasi, Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, Mei— Agus 2010, hlm. 114-126 Volume 17, Nomor 2.ISSN 0854-3844. Irawan. Hadi. 2009. Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Gramedia. Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran Edisi Millenium. PT Prehelindo. Jakarta. Muliartini, 2010. Faktor –Faktor Yang Mempengaruhi kualitas Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah. Di LPD Desa Tukad Mungga Kab. Buleleng. Prince, J.T., dan daniel H. Simon, 2009.Multimarket Contact and Service Quality: Evidence from on-time Performance in the U.S. Airline Industry”, Academy of Management Journal, Vol.52,No.2, pp.336-354 Purnama Nursyabani, 2006. Manajemen Kualitas Perspektif Global Edisi Pertama, Cetakan Pertama. Penerbit Ekonosia Kampus Fakultas Ekonomi UII Yogyakarta. Rambat Lupiyoadi. 2008. manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Jakarta : Salemba Empat. Rangkuti, Freddy, et.al. 2008. “Measuring Customer Satifaction”. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama. Rangkuti, 2002. “Measuring Customer satisfaction” Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Saleh, Minhayati., 2008. “Mengukur Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pendidikan Dengan Analisis Regresi, “ Jurnal Nadwa Volume 2, Nomor 1. Sugiyono, 2008. “Metode Penelitian Bisnis”. CV Alfabeta. Bandung. Simamora B, 2003. “Panduan Riset Prilaku Konsumen”, penerbit PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Syamsi. 2008. Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap kepuasan Konsumen Pada Siswa Bimbingan Dan Konsultasi Belajar AL Qolam Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 5 Nomor 1, April 2008. FKP Unila.
Published
2016-12-01
How to Cite
Ni Luh Nurkariani, & Desak Komang Antarini. (2016). Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kredit Terhadap Kepuasan Nasabah Di LPD Desa Pakraman Pemaron. ARTHA SATYA DHARMA, 9(2), 131-146. https://doi.org/10.55822/asd.v9i2.120