Pengaruh Sosial Media Advertising Dan Diskon Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian

  • Paulina Yose Da Costa Moniz Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma Singaraja
  • Ni Luh Nurkariani STIE Satya Dharma
Keywords: Kata kunci: Sosial Media Advertising, Diskon, Minat Beli, Keputusan Pembelian.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Pengaruh Sosial Media Advertising Dan Diskon Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner, responden merupakan konsumen Toko Krisna Grosir Perabotan Singaraja sebanyak 80 orang. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini merupakan model persamaan struktural (Structural Equation Modeling-SEM) berbasis variance atau component based SEM, yang disebut Partial Least Square (PLS) Visual version 4.0. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sosial Media Advertising, Diskon, Minat Beli, Keputusan Pembelian. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pengaruh Sosial Media Advertising berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Beli dengan demikian uji hipotesis penelitian ini diterima. Juga diketahui bahwa pengaruh Diskon berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Beli. Dari hasil uji diketahui bahwa pengaruh Sosial Media Advertising berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Berikutnya pengaruh Diskon berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

References

Azwar Saifudin. 2007. Perngaruh Sistem Informasi Manajemen Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Di PT. Jasaraharja Putra Cabang Bengkulu. Vol. 6 No. 1 Juni 2019. Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial. Universitas Dehasen Bengkulu.
As’ad & Alhadid. 2014. Implementasi Event Marketing Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Niion Indonesia Utama Tahun 2018. Vol. 4 No. 2 Agustus 2018. Prodi D3 Manajemen Pemasaran,Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom.
Endhar, Skrinadi & Edy . 2016. Pengaruh Diskon Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (study pada konsumen yang membeli produk diskon di matahari department store pasar besar malang). Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang
Ferdinand. 2014. Meningkatkan Minat Beli Produk Shopee Melalui Celebrity Endorser. Jurnal Bisnis terapan Vol. 04 No.3 Juni 2020. Jurusan D3 Marketing, Ekonomi Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Ghozali. 2009. Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Telehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik Vol. 11 No. 1 Juni 2021. Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Ambon.
Goya. 2013. Pengaruh Sosial Media Advertising Terhadap Purchase Intention Samsung S9&S9+ Dimediasi Oleh Brand Image (studi pada generasi Z di kota malang). Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Brawijaya. Malang
Gunawan. 2013. Pengaruh Diskon Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (study pada konsumen yang membeli produk diskon di Matahari Departement Store Pasar Besar Malang). Fakultas Ilmu Administrasi. Universitas Brawijaya. Malang
Ginting. 2019. Pengaruh Harga Dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen PT. Utama Sejuk Abadi. Jurusan Manajemen. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Wiyatamandala Jakarta.
Hidayat. 2013. Pengaruh Diskon Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (study pada konsumen yang membeli produk diskon di Matahari Departement Store Pasar Besar Malang). Fakultas Ilmu Administrasi. Universitas Brawijaya. Malang
Hardani. 2017. Analisis Pengaruh Sosial Media Advertising, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Masa Pandemi COVID-19 (Studi kasus masyarakat Tangerang Selatan yang menggunakan produk kecantikan PT. Mustika Ratu). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Kotler & Armstrong. 2012. Pengaruh Harga Dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen PT.Utama Sejuk Abadi. Jurusan Manajemen. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Wiyatamandala Jakarta.
Kotler. 2015. Pengaruh Diskon Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (study pada konsumen yang membeli produk diskon di Matahari Departement Store Pasar Besar Malang). Fakultas Ilmu Administrasi. Universitas Brawijaya. Malang
Kotler & Killer. 2018. Pengaruh Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Smartphone Oppo. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Manajemen dan Akuntansi Vol. 18 No 1, Mei 2021
Kurniasari, M., & Budiatmo, A. 2018. Pengaruh Sosial Media Advertising dan Brand Equity Terhadap Minat Beli. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi.
Kotler & Armstrong. 2016. Pengaruh Kualitas Produk Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Amondeu. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Vol. 5 No. Universitas Ciputar, Surabaya, Indonesia.
Lubis, & Wibowo. (2016). Pengaruh Sosial Media Advertising (Instagram) dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Rubashka. Universitas Ciputra Surabaya. Jurnal Manajemen dan Star-Up Bisnis. Volume 4 No.4. Oktober 2019.
Laksmana, P. 2018. Pengaruh Sosial Media Advertising dan Brand Equity Terhadap Minat Beli. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi.
Muslimawati, C., & Wardani, D.K. 2017. Pengaruh Sosial Media Advertising dan Brand Equity Terhadap Minat Beli. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi.
Mariyanti, & Rahanatha. 2015. Pengaruh Sosial Media Advertising (Instagram) dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Rubashka. Universitas Ciputra Surabaya. Jurnal Manajemen dan Star-Up Bisnis. Volume 4 No.4. Oktober 2019.
Satyo, dan Suprihhadi. 2013. Pengaruh Diskon Harga, Merek Produk dan Layanan Pelanggan terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal dan Riset Manajemen.
Shimp. 2013. Pengaruh Diskon Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (study pada konsumen yang membeli produk diskon di Matahari Departement Store Pasar Besar Malang). Fakultas Ilmu Administrasi. Universitas Brawijaya. Malang
Sugiyono. 2018. Pengaruh Video Advertising Toko Pedia Versi “Jadikan Ramadan Kesempatan Terbaik Terhadap Respon Efektif Khalayak. Junal Lontar Vol. 7 No. 1 Januari-Juni 2019
Sugiyono. 2016. Jurnal of Management & Business. Social Media Marketing Untuk Meningkatkan Brand Image. Vol.4
Sugiyono. 2014. Pengaruh Harga Dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen PT.Utama Sejuk Abadi. Jurusan Manajemen. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Wiyatamandala Jakarta.
Satyawati. 2019. “Peran Inovasi Produk dalam Orientasi Pasar dalam Mencapai Keunggulan Bersaing Berkelanjutan Melalui Kinerja Pemasaran UKM di Naga Sepha”. STIE Satya Dharma Singaraja.
Sugiyono. 2017. Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Universitas Buana Perjuangan, Indonesian STKIP Subang, Indonesia. Jurnal Basicedu Volume 5 Nomor 1 Tahun 2021 Halaman 446-452.
Tjiptono. 2008. Pengaruh Diskon Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (study pada konsumen yang membeli produk diskon di Matahari Departement Store). Fakultas Ilmu Administrasi. Universitas Brawijaya. Malang
Published
2024-07-01