Kualitas Pelayanan dan Word Of Mouth Communication Terhadap Keputusan Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Nasabah Kredit Koperasi Bina Artha Bersama Singaraja)

  • Ni Luh Nurkariani STIE Satya Dharma
  • Aprilia Retno STIE Satya Dharma
Keywords: Kualitas Pelayanan, Word Of Mouth Communication, Kepuasan Nasabah dan Keputusan Nasabah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan dan Word Of Mouth Communication terhadap Keputusan Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening pada nasabah kredit Koperasi Bina Artha Bersama Singaraja. Metode analisis data yang digunakan adalah untuk mengetahui hubungan antara variabel dependen dengan variabel independen adalah analisis Regresi Berganda atau path analysis.

Hasil pengujian menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan, Word Of Mouth Communication dan Kepuasan Nasabah Berpengaruh Terhadap Keputusan Nasabah Kredit Pada Koperasi Bina Artha Bersama Singaraja. Hasil ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis substruktural 1 dengan T-Test yang masing-masing diperoleh bahwa t-hitung > t-tabel atau 7,817 (X1) dan 2,850 (X2) > 1,664 dan hasil pengujian Hipotesis substuktural 2 dengan T-test yang masing-masing diperoleh bahwa t-hitung > t-tabel atau 10,156 (X1), 6,493 (X2) dan 2,928 (X3) > 1,664 sehingga hipotesis diterima. Dan Uji F-Test substruktural 1 didapatkan bahwa F-hitung > F-tabel (94,640 > 2,71) dan Uji F-Test substruktural 2 didapatkan bahwa F-hitung > F-tabel (296,727 > 2,71).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aida W, Paham, Arlina. (2014). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Word Of Mouth Mahasiswa Program Studi Diploma III Administrasi Perpajakan USU”. Jurnal Manajemen & Bisnis. Vol. 14 No. 2
Anik Lestari. (2013). “Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Word Of Mouth Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengunjung Timezone Plaza Surabaya)”. Jurnal Ekonomi. Vol. 11 No. 1
Anita Puspasari. (2014). “Pengaruh Citra Bank dan Kepuasan Nasabah Terhadap WOM Pada Bank Mandiri Cabang Salatiga”. Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen. Vol. 1 No. 3
Alina Tsalitsa. (2016). “Pengaruh Merk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Maha Surya Motor”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 3 No. 4
Arikunto dan Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi. Jakarta : Rineka Cipta
Aryani dan Rosinta. (2010). “Hubungan Personal Selling Terhadap Proses Keputusan dan Kepuasan Pembelian Konsumen Four Season Café and Resto”. Jurnal Manajemen Bisnis. Vol. 3 No. 5
Bhuono dan Agung Nugroho. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian Dengan SPSS. Andi, Yogyakarta
Cristiani D. (2015). “Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada CV. Esa Genangku (Esacom) Manado”. Jurnal EMBA. Vol. 3 No. 3
Doni hariadi. (2013). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah dan Word Of Mouth Communication (Study Pada Nasabah Bank BRI Cabang Semarang)”. Jurnal Manajemen. Vol 4 No 2
Ester, Lina dan Heru. (2015). “Pengaruh Kualitas Layanan dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Karoseri”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 4 No. 4
Ernani Hadiyati. (2015). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap WOM Melalui Kepuasan Pada PT. Sarana Dewata Courier”. Jurnal Manajemen Unud, Vol. 4 No. 8
Fahima. 2007. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Kesembilan Jilid 1, PT Indeks, Jakarta
Ferdinand dan Agusty. (2006). “Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis Disertasi Ilmu Manajemen”. Penerbit : Universitas Diponegoro Semarang.
Finnan, Suharyono, dan Andriani. (2015). “Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Kober Mie Setan Jalan Simpang Soekarno-Hatta nomor 1-2 Malang)”. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 22 No. 1
Ghozali dan Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Cetakan ke IV. Semarang : Badan Penerbit UNDIP
Hanny Harlyani. (2013). “Analisa Pengaruh Brand Image dan Harga Terhadap Kepuasan Pembelian Pada Pt. Supra Primatama Nusantara”. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis. Vol. 2 No. 4
Hartiwi dan Lili. (2011). “Analisis Pengaruh Brand Image dan WOM Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kartu Prabayar Simpati Di Kebumen Universitas Muhammadiyah Purworejo”. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 5 No. 1
Hasanudin. (2014). “Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Membeli Jasa Penerbangan Domestik PT MERPATI NUSANTARA AIRLINES Kota Bandung”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 3 No. 6
(Isyanto, Puji. 2012. Manajemen Pemasaran Global. Edisi Keenam Jilid 1. Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia
Nyoman Yuni dan Bayu Rahanatha, (2015). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Merk Terhadap Kepuasan konsumen Pengguna Handphone Blackberry”. Jurnal EMBA. Vol. 5 No. 4
Prima Conny. (2014). “Pengaruh Word Of Mouth Communication Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT. Astra Motor Singaraja”. Jurnal Ekonomi. Vol. 5 No. 3
Rahmat Darsono. (2014). “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Harga Terhadap Kepuasan Nasabah Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Penjualan Logam Mulia Emas”. Jurnal EMBA. Vol. 2 No 2
Rizka Alfita. (2015). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Word Of Mouth yang Dimediasi Oleh Kepercayaan Pelanggan Pada PT. Auto Bagus Rent A Car Denpasar”. Jurnal Manajemen Unud Vol. 4 No. 5
Santoso. Metode Penelitian Manajemen. Penerbit : Universitas Diponegoro, Semarang.
Sugiyono. 2009 Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Cetakan 14. Bandung : ALFABETA
Sugiyono. 2010. Statistik Ekonomi dan Niaga, Bandung : Penerbit Tarsito
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan ke-15. Alfabeta. Bandung
Suci Purwandari. (2015). “Pengaruh Kualitas Layanan, Citra, Lokasi dan Kualitas Pengajar Terhadap Word OF Mouth Dengan Kepuasan Sebagai Pemediasi (Studi Pada Politeknik Indonusa Surakarta”. Jurnal Sainstech Politeknik Indonusa Surakarta. Vol. 2 No. 4
Thomson P. S, (2012). “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Konsumen Pada Warung Ucok Durian Iskandar Muda Medan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal USU”. Vol 4. No. 8
Tjipjono. 2002, Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta
Umar, Husein. 2009. Metode Riset Akuntansi Terapan. Jakarta : Ghalia Indo
Wijaya, Tony. 2013 Metodelogi Penelitian, Ekonomi dan Bisnis (Teori dan Praktik). Yogyakarta. Graha Ilmu
Zeithmal. 2009. Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Penerbit Andi-Offset, Yogyakarta.
Published
2018-03-01
How to Cite
Ni Luh Nurkariani, & Aprilia Retno. (2018). Kualitas Pelayanan dan Word Of Mouth Communication Terhadap Keputusan Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Nasabah Kredit Koperasi Bina Artha Bersama Singaraja). ARTHA SATYA DHARMA, 11(1), 75-88. https://doi.org/10.55822/asd.v11i1.134