IMPLEMENTASI 8 KONSEP BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) PADA PT PEGADAIAN (PERSERO) CABANG SINGARAJA

  • Ni Luh Nurkariani STIE Satya Dharma
  • Gede Arista Dharma Saputra STIE Satya Dharma

Abstract

Perkembangan pemasaran saat ini dipengaruhi oleh perubahan pola pikir konsumen yang dinamis. Perusahaan harus lebih fokus memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan konsumen. Berbagai aspek aktifitas pemasaran di dalam perusahaan akan saling berinteraksi untuk membentuk suatu integrasi pemasaran yang utuh dalam rangka mencapai tujuan organisasi dibidang pemasaran. Diantara berbagai aspek pemasaran yang kompleks, salah satu yang cukup memberikan kontribusi bagi upaya perusahaan mencapai efektifitas memasarkan produk adalah bauran pemasaran. Menurut Sendow, 2016, Dalam marketing mix perusahaan jasa khususnya, ada unsur-unsur atau elemen yang menjadi dasar pertimbangan pengambilan keputusan dalam pembuatan strategi komunikasi pemasaran, yaitu: (1) Produk, (2) Harga, (3) Promosi, dan (4) Tempat atau lokasi. . Menurut Lupiyohadi (2013:92) yang dikutip Hadi(2015) menambahkan satu variabel dalam Service Marketing Mix, yaitu variabel Physical Evidence/Environment. Variabel physical evidence berkaitan dengan mengelola lingkungan jasa. Sehingga komponen marketing mix terdiri dari Product (Produk), Price (Harga), Place (Lokasi atau Tempat), Promotion (Promosi), People (Orang), Process (Proses), Customer Service (Layanan Pelanggan), Physical Evidence (Bukti Fisik). Berdasarkan latar belakang diatas dapat dikemukakan rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Bagaimana Implementasi 8 Konsep Bauran Pemasaran (Marketing Mix) pada PT PEGADAIAN (Persero) Cabang Singaraja” Pada penelitian ini akan diteliti mengenai implementasi dari 8 konsep bauran pemasaran pada PT Pegadaian(Persero) Cabang Singaraja. Dimana jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksploratif, dengan penentuan informan menggunakan teknik snowball, dan jenis data yang digunakan adalah jenis data kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data skunder, dengan teknik pengumpulan data menggunakan checklist, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik menganalisis data menggunakan teknik reduksi, display, dan verifikasi data. Berdasrakan dari hasil wawancara terhadap pegawai PT Pegadaian (Persero) Cabang Singaraja, serta melakukan observasi, dan dokumentasi bahwa produk yang ada dan berjalan di PT Pegadaian (Persero) adalah KCA(Kredit Cepat dan Aman), KRASIDA(Kredit Angsuran Sistem Gadai), KREASI(Kredit Angsuran Sistem Fidusia), KRESNA(Kredit Serba Guna), MULIA, Gadai Fleksi. Penjualan yang meliputi Galeri 24, Tabungan Emas, Emasku. Serta jasa lainnya yang meliputi Pengiriman Uang, Multifinance, dan Remitence. Harga yang ditawarkan dalam hal ini adala penentuan besarnya uang pinjaman yang terbilang tinggi, sewa modal dan administrasi yang terbilang ringan. Lokasi kantor PT Pegadaian (Persero) Singaraja yang strategis karena terletak di pusat kota Singaraja. PT Pegadaian (Persero) Cabang Singaraja melakukan promosi di tempat-tempat umum dengan cara penyebaran brosur, pemasangan spanduk dan baliho, melakukan prmosi dan literasi ke lembaga dan instasi yang ada di lingkungan kota Singaraja serta melakukan personal selling dengan memberikan vouceher bebas administrasi dan potongan harga. Proses pelayanan yang terbilang cukup cepat untuk pencairan kredit hanya dalam waktu 15 menit. Keramahan customer service dalam melayani nasabah dari sebelum melakukan transaksi sampai meninggalkan loket. Serta fasilitas pendukung kegiatan pemasaran termasuk bangunan kantor PT Pegadaian (Persero) Cabang Singaraja yang tidak megah namun memiliki fungsi yang seharusnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, Jabar, 2013, “Penguatan Kepemerintahan Daerah yang Baik Melalui Pengembangan Budaya Demokrasi Universitas Pendidikan Indonesia, repository.upi.edu/2627/6/D_PKN _0907584_CHAPTER3.pdf, Diakses Tanggal 26 April 2016. Arifin, Muhammad dan Khoirudin Asfani, 2014, “Instrumen Penelitian”, http://www.academia.edu/118211 45/Instrumen_Penelitian_Kualitat if_Kuantitatif_dan_Pengembanga n, diakses tanggal 12 Januari 2016.
Billah, Ahyani, 2008, “Analisis Bauran Pemasaran dan Kualitas Jasa Pada Perum Pegadaian (Strudi Kasus Perum Pegadaian Cabang Ciputat dan Perum Pegadaian Cabang Syariah Dewi Sartika Jakarta Selatan)”, http://repository.ipb.ac.id/handle/ 123456789/17756, Diakses tanggal 18 Maret 2016 Djaelani, Aunu Rofiq, 2013, “Teknikk Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif, Majalah Ilmiah Pawiatan, Vol XX, No.1, Maret 2013, FPTK IKIP Veteran Semarang, http://www.e-journal.ikipveteran. ac.id/index.php/pawiyatan/ar ticle/download/55/64, Diakses Tanggal 20 Maret 2016 Dudung, November 2015, “7 Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli Lengkap”, http://www.dosenpendidikan.com/ 7-pengertian-implementasimenurut- para-ahli-lengkap/, diakses tanggal 4 Desember 2015’ Syaaf, Fathul Masruri, 2008, “Analisis Prilaku, http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/ 126237-S-5263- Analisis%20perilaku- Metodologi.pdf, diakses tanggal 20 April 2016 Hadi, Dewi Lelyana et.all, 2015, “Pengaruh Service Marketing Mix (Bauran Pemasaran Jasa) Terhadap Citra Merek dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian”, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 24 No. 1 Juli 2015, http://administrasibisnis.studentjourn al.ub.ac.id/index.php/jab/article/view File/950/1132, Diakses Tanggal 5 Maret 2016” Indriastuti, Danik, “Teori Pemasaran, Aspek Pasar dan Strategi Pemasaran Perusahaan Agribisnis”, http://www.academia.edu/864361 3/TEORI_PEMASARAN_ASPEK_ PASAR_DAN_STRATEGI_PEMA SARAN_PERUSAHAAN_AGRIBI SNIS, diakses tanggal 4 Desember 2015 Kurniawan, Aris, November 2014, “9 Pengertian Implementasi Menurut para Ahli”, http://www.gurupendidikan.com/9 -pengertian-implementasimenurut- para-ahli/, diakses tanggal 4 Desember 2015 Merfianti, A, 2015, “Uji Keabsahan Data dalam Penelitian Kualitiatif”, http://penalaranunm. org/artikel/penelitian/409- uji-keabsahan-data-dalampenelitian- kualitatif.html, diakses tangal 26 April 2016 Mulyadi, Muhammad, 2011, “Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya”, Jurnal Studi Komunikasi dan Media, Vol 15, No.1 (Januari-Juni 2011), http://jurnal.kominfo.go.id/index.p hp/jskm/article/viewFile/52/49, Diakses tanggal 28 Maret 2016 Noviana, Brigita Inggrid, 2013, “Pengaruh Service Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Amaris Surabaya”, http://studentjournal.petra.ac.id/in dex.php/manajemenperhotelan/ article/download/1007 /906 , Diakses tanggal 21 Maret 2016 Nurdiani, Nina, 2014, “Teknik Sampling Snowball Dalam Penelitian Lapangan”, ComTech Vol. 5 No. 2 Desember 2014, Hal. 1110-1118, http://researchdashboard. binus.ac.id/uploads/pa per/document/publication/Procee ding/ComTech/Volume%205%20 No%202%20Desember%202014/ 55_AR_Nina%20Nurdiani_OK_a 2t.pdf, Diakses tanggal 19 Maret 2016 Putri, Pradiptya S, 2013, “Penyesuaian Diri Remaja Yang Tinggal di Panti Asuhan (Studi Kasus pada 2 Orang Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan Wisma Putera Bandung”, repository.upi.edu/3848/6/S_PSI_ 0800926_Chapter3.pdf, Diakses tanggal 7 Mei 2016 Rachmawati, Rina, 2011, “Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian terhadap Bisnis Restoran)”, Jurnal Kompetensi Teknik Vol. 2, No. 2, Mei 2011, http://journal.unnes.ac.id/nju/inde x.php/JKT/article/download/2081/ 2195, Diakses Tanggal 5 Maret 2016 Rahmat, Puput Saeful, 2009, “Penelitian Kualitatif”, EQUILIBRIUM, Vol. 5, No. 9, Ianuari -Iuni 2009 : 1 – 8, http://yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/1 1/Jurnal-Penelitian-Kualitatif.pdf, Diakses Tanggal 19 Maret 2016 Selang, Christian A.D., Juni 2013, “Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado”, Jurnal EMBA, Vol.1 No.3 Juni 2013, Hal. 71-80, http://ejournal.unsrat.ac.id/index. php/emba/article/download/1374/ 1085, Diakses Tanggal 5 Maret 2016 Sendow, Glady Ester dan Riane Johnly Pio, 2016, “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Berbelanja Pada PT Jumbo Swalayan Manado”, http://ejournal.unsrat.ac.id/index. php/jia/article/download/2480/20 16, Diakses tanggal 8 Februari 2016 Setiawan, Parta, Januari 2015, “Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli”, http://www.gurupendidikan.com/p engertian-manajemen-pemasaranmenurut- para-ahli/ , diakses tanggal 4 Desember 2015. Subandi, 2011, “Deskripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode dalam Penelitian Ppertunjukan”, HARMONIA, Volume 11, No.2 / Desember 2011, http://journal.unnes.ac.id/artikel_ nju/pdf/harmonia/2210/2272, Diakses tanggal 28 Maret 2016 Sukotjo, Hendry dan Sumanto Radix A, 2010, “Analisa Marketing Mix- 7P (Produk, Price, Promotion, Place, Partisipant, Process, dan Physical Evidence) terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta di Surabaya” Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis Vol. 1 No. 2 Oktober 2010 Hal 217, ISSN 2087-1090, https://docs.google.com/document /d/1oXH479qhKAHzX9Lr304way mUgi8NAj55YG5UUR3Cxi0/previ ew?pli=1, Diakses tanggal 19 Januari 2016 Syachroni, Arif, “Pengaruh Biaya Bauran Promosi TerhadapVolume PenjualanRumah Metland Tambun Pada PT. Metropolitan Land Terbuka”, http://publication.gunadarma.ac.i d/bitstream/123456789/6978/1/JU RNAL%20SKRIPSI%20.pdf., diakses tanggal 4 Desember 2015. Widharta, Willy Pratama dan Sugiono Sugiharto, S.E., M.M, 2013, 2013, “Penyusunan Strategi dan Sistem Penjualan dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Toko Damai”, Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 2, No. 1, (2013) Hal 1-15, http://studentjournal.petra.ac.id/in dex.php/manajemenpemasaran/ article/viewFile/720/6 26, Diakses Tanggal 8 Februari 2016 Wilson, Setiawan dan Drs. Sugiono Sugiharto, M.M., 2014, “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Toyota Avanza Tipe G di Surabaya”, Jurnal Manajemen Pemasaran Vol 2, No 1 (2014), http://studentjournal.petra.ac.id/in dex.php/manajemenpemasaran/ article/viewFile/1799/ 1578, Diakses tanggal 6 Maret 2016 Wowor, Valdy R, Desember 2013, “Bauran Pemasaran Jasa , Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Mobil Toyota Avanza Veloz PT. Hasjrat Abadi Manado”, Jurnal EMBA, Vol 1 No 4 Desember 2013 Hal. 1229-1239, ISSN 2303-1174, http://download.portalgaruda.org /article.php?article=109171&val =1025, diakses tanggal 8 Februari 2016
Published
2019-03-01
How to Cite
Ni Luh Nurkariani, & Gede Arista Dharma Saputra. (2019). IMPLEMENTASI 8 KONSEP BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) PADA PT PEGADAIAN (PERSERO) CABANG SINGARAJA. ARTHA SATYA DHARMA, 10(1), 131 - 152. https://doi.org/10.55822/asd.v10i1.129