ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH BERTRANSAKSI MELALUI INTERNET BANKING PADA PT. BRI. CABANG SINGARAJA

  • I Ketut Suardika STIE Satya Dharma

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah untuk bertransaksi melalui Internet Banking yang berupa persepsi dan sikap pada PT. BRI. Cabang Singaraja. Alat analisis yang digunakan berupa analisis regresi, korelasi, determinasi dan uji T-Test serta F-Test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan persepsi berpengaruh terhadap minat di PT. BRI. Cabang Singaraja sebesar 0,415 satuan dan koefisien determinasi sebesar 23,0% dengan koefisien korelasi sebesar 0,744 yang menandakan adanya hubungan yang lurus dan kuat antara persepsi dengan minat, kemudian hasil pengujian hipotesis dengan uji T-Test didapatkan bahwa t-hitung > t-tabel (2,959 > 1,658) sehingga hipotesis diterima serta faktor persepsi merupakan faktor yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap minat nasabah, kemudian sikap berpengaruh terhadap minat di PT. BRI. Cabang Singaraja sebesar 0,312 satuan dan koefisien determinasi sebesar 16,4% dengan koefisien korelasi sebesar 0,726 yang menandakan adanya hubungan yang lurus dan kuat, kemudian hasil pengujian hipotesis dengan uji T-Test didapatkan bahwa t-hitung > t-tabel (2,239 > 1,658) sehingga hipotesis diterima. Persepsi dan sikap berpengaruh terhadap minat di PT. BRI. Cabang Singaraja sebesar 39,4% dengan koefisien korelasi sebesar 0,628 yang berarti terdapat hubungan berbanding lurus dan kuat secara bersama-sama antara variabel bebas Persepsi (X1) dan Sikap (X2) dengan variabel terikat Minat (Y) PT. BRI. Cabang Singaraja, kemudian hasil pengujian hipotesis dengan uji FTest didapatkan bahwa F-hitung > F-tabel (11,721 > 3,89) sehingga hipotesis diterima yakni ” Semakin baik persepsi dan sikap nasabah maka semakin tinggi minat Nasabah Bertransaksi Melalui Internet Banking Pada PT. BRI. Cabang Singaraja”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alimudin, Maliki. 2013. Pengaruh Persepsi Kualitas Terhadap Minat Pembelian Pada Produk Smart Phone Di Kota Surakarta. Program Studi Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret. Surakarta. Assael, Henry. 2009. Consumer Behavior 6th Edition. New York: Thomson-Learning. Belena Widiastuti. 2010. Studi Tentang Intensitas Penggunaan Elektronik Banking oleh Nasabah Kantor Cabang Utama Semarang. UNDIP. Lovita Rizky Kusuma Putri Dan dan Djatnika, Tjetjep. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Bertransaksi Melalui Internet Banking. Jurnal Manajemen Usahawan Indonesia Vol. 42 No 4. Oktober-Desember. Sartika Sari Ayu Tjani. 2009. Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan Sistem Internet Banking. Universitas brawijaya Setiadi, Nugroho J. 2009. Perilaku Konsumen (Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran). Jakarta: Prenada Media. Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Cetakan ke-21. Bandung : Alfabeta. Swastha, Basu dan Irawan. 2009. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty. Wijaya, Tony. 2013. Metodelogi Penelitian, Ekonomi dan Bisnis (Teori dan Praktik). Yogyakarta. Graha Ilmu.
Published
2016-12-01
How to Cite
I Ketut Suardika. (2016). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH BERTRANSAKSI MELALUI INTERNET BANKING PADA PT. BRI. CABANG SINGARAJA. ARTHA SATYA DHARMA, 9(2), 67-83. https://doi.org/10.55822/asd.v9i2.110