PENGARUH SHOPING LIFESTYLE, PRICE DISCOUNT DAN PRODUCT QUALITY TERHADAP IMPULSE BUYING DI UD. KHARISMA DESA TAMBLANG

  • I Gusti Made Oka Astana STIE Satya Dharma
  • Putu Ayu Amanda STIE Satya Dharma

Abstract

Perkembangan fashion saat ini semakin meningkat dan menyebabkan terjadinya perubahan perilaku konsumen dalam kegiatan pembelanjaan. Konsumen sekarang ini tidak hanya berbelanja karena kebutuhan melainkan berbelanja karena perasaan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh shopping lifestyle, price discount, dan product quality terhadap impulse buying masyarakat di UD. Kharisma Desa Tamblang. Metode pengumpulan data dengan metode kuesioner menggunakan skala likert, sampel dalam penelitian ini adalah konsumen UD. Kharisma Desa Tamblang dengan jumlah 75 orang responden. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji determinasi, analisis T-test, analisis F-test, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa formula determinasi yaitu D = r2 x 100%, diketahui R= 0,299maka D = 0,2992 x 100% = 9%. Hal ini menunjukkan 9% penjualan dapat dijelaskan oleh variabel Shoping Lifestyle, Price Discount dan Produt Quality, sedangkan selebihnya yang 91% dipengaruhi oleh faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amiri, Farhad, Jasour, Jalal, Shir Pour, Mohsen, Alized. 2012. Evaluation of Effective Fashionism Involvment Factors Effects on Impulse Buying of Customer and Condition of Interrelation Between These Factors. Journal of Basic and Applied Scientific Research, 2(9),pp: 9413-9419.
Chen, Allan, Howard Marmorstein, Michael Tsiros, and Akshay Rao. 2012. When More is Less: The Impact of Base Value Neglect on Consumer Preferences for Bonus Packs over Price Discounts. Journal of Marketing. 76 (4). 64-77. Fitriani, Rahma, 2010, Impulse Buying Hypermarket Di Kota Semarang. Ghozali, Imam, 2011 , AnalisisMultivariate dengan ProgramSPSS, Semarang: BP Undip Kotler, 2011, Kualitas Produk, Jilid 6, Erlangga, Jakarta. Levy, M and Weitz, B.A. 2009.Retailing Manajemen.7Ed. New York: Mc Graw Hill. Lisda, Rahmasari, 2010, Menciptakan Impulse Buying, Majalah Ilmiah Informatika, Vol, 1 No, 3, hlm, 56- 68, Diakses tanggal 20 Desember 2015. Melina, 2017, Pengaruh Price Discount Dan In-Store Display Terhadap Impulse Buying, Volume 19 (2), 201-209. Mowen, John C dan Michael Minor, 2002, Perilaku Konsumen, Erlangga, Jakarta Nasution,2005, Manajemen Mutu Terpadu, Bogor selatan, Ghalia Indonesia Purnama, Nursya’bani. 2006. Manajemen Kualitas. Edisi Pertama. Cetakan Pertama : Ekonisia. Yogyakarta : Perspektif Global. Schiffman, L.G. and Kanuk, L.L., 2007. Purchasing behavior. Upper Saddle River, NJ: Pearson Prentice Hall. Suhartini,et.al 2015, Pengaruh Shopping Lifetyle, Fashion Involvement, Dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus pada Konsumen Matahari Departement Store di Kota Semarang). Sutisna, 2002, Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran, Bandung: Rosda Karya. Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta
Published
2019-03-01
How to Cite
I Gusti Made Oka Astana, & Putu Ayu Amanda. (2019). PENGARUH SHOPING LIFESTYLE, PRICE DISCOUNT DAN PRODUCT QUALITY TERHADAP IMPULSE BUYING DI UD. KHARISMA DESA TAMBLANG. ARTHA SATYA DHARMA, 12(1), 150 - 162. https://doi.org/10.55822/asd.v12i1.94