Analisis Swot Pasar Tradisional (Studi Komparatif Antara Pasar Buleleng Dan Pasar Sukasada)

  • I Gusti Made Dharma Hartawan
Keywords: Strengths, Weakness, Opportunities, Treaths

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis SWOT Pasar Tradisional (Studi Komparatif Antara Pasar Buleleng dan Pasar Sukasada). Berdasarkan dari hasil wawancara terhadap Kepala Pasar, Pedagang dan Konsumen maka didapatkan hasil bahwa Strategi SO (Strength-Opportunities) dari Pasar Buleleng dan Pasar Sukasada, perbandingan dari kedua pasar tersebut yaitu kualitas kebutuhan barang pokok yang ada serta tetap menjaga keberisihan dan penataan pasar. Strategi ST (Strength-Treaths) dari Pasar Buleleng dan Pasar Sukasada, perbandingan dari kedua pasar tersebut yaitu kualitas kebutuhan pokok dan ragam varian dagangan yang dijual. Strategi WO (Weakness-Opportunities) dari Pasar Buleleng dan Pasar Sukasada, perbandingan dari kedua pasar tersebut yaitu lahan parkir yang bisa diperluas sehingga membuat konsumen merasa nyaman saat melakukan transaksi perbelanjaan, serta melengkapi bangunan pasar unuk menambah kios agar pedagang baru bisa membuka lapak. Strategi WT (Weaknesses-Treaths) dari Pasar Buleleng dan Pasar Sukasada, perbandingan dari kedua pasar tersebut yaitu melengkapi fasilitas parkir dan kebijakan harga serta meningkatkan kebersihan agar pasar menjadi bersih dan membuat konsumen merasa senang dan nyaman, meningkatkan promosi di media sosial agar konsumen mengetahui keberadaan pasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bani Astiti Asa Nugroho, Herbasuki Nur Cahyanto. Srategi Pengembangan Pasar Tradisional Di Kota Semarang. Universitas Diponegoro.
Dewi Retnowati, Nurcahyani. Analisis CSF, SWOT dan TOWS Studi Kasus: PT Intan Pariwara Klaten. Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto.
Dewi Retnowati, Nurcahyani. Analisis CSF, SWOT dan TOWS Studi Kasus: PT Intan Pariwara Klaten. Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto.
HendraFure. 2013. Lokasi, Keberagaman Prduk, Harga dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehat Icalaca. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi Manado.
Prawitasari, Sri Yanti. 2010. Analisis SWOT Sebagai Dasar Perumusan Strategi Pemasaran Berdaya Saing (Studi pada Dealer Honda Tunggul Sakti di Semarang). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang
Rahmat Hidayat, Ricky Rahmat. 2018. Analisis SWOT Sebagai Dasar Keputusan Strategi Pemasaran Pada Perusahaan Server Pulsa Di Kota Batam (Studi Kasus Pada CV. Star Pratama). Politeknik Negeri Batam.
Retnowati, Nurcahyani Retnowati. 2011. Analisis CSF, SWOT, dan TOWS Studi Kasus PT Intan Pariwira Klaten. Sekolah Tinggi Teknologi Aditsutjipto.
Ustadus Sholihin. 2014. Analisis Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Dalam Menghadapi Persaingan Usaha Pada Perusahaan Kain Dan Sarung Tenun Ikat Cap Sinar Barokah Kediri.
Zuhrotun Nisak. Analisis SWOT Untuk Menentukan Startegi Kompetitif
Published
2019-12-01
How to Cite
I Gusti Made Dharma Hartawan. (2019). Analisis Swot Pasar Tradisional (Studi Komparatif Antara Pasar Buleleng Dan Pasar Sukasada). ARTHA SATYA DHARMA, 12(2), 177-184. https://doi.org/10.55822/asd.v12i2.60

Most read articles by the same author(s)