PENGARUH POSITIONING DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI BANYUATIS STUDI PADA (KONSUMEN KOPI BANYUATIS DI BULELENG

  • I Gusti Made Oka Astana
  • Kadek Putra Awatara
Keywords: Positioning, Brand Awareness dan Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhPengaruh Positioning dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Banyuatis Studi Pada (Konsumen Kopi banyuatis Di Buleleng). Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner dengan berupa alat ukur skala likert, dimana dipilih sebagai responden adalah Konsumen Kopi Banyuatis sebanyak 95 orang yang. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Regresi Linier Berganda , yang terkenal disebut SPSS StatistikAdapun variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Positioning, Brand Awareness  dan Keputusan Pembelian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Positioning memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan hasil (5,928) dengan nilai t-hitung yang lebih besar dari t-tabel (1.661). Brand Awareness memiliki pengaruh positif dan Signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil t-hitung (4.179) lebih besar dari t-tabel (1.661)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Karim,B. Strategi Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jasa Asuransi Padapt. Jiwasraya Di Tangerang.ISSN: 2302-3449 I e-ISSN: 2580-9490Vol. 7I No. 1, hal57-64

Abdul,Rauf.Analisis Pengaruh Diferensiasi, Promosi DanPositioning Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pelanggan Sepeda Motor Merek Honda di Kota Tangerang) ISSN: 2302-3449 I e-ISSN: 2580-9490 Vol. 7I No. 1, hal 15-23

Ahmad,Bahtiar dan Edy Rahardja.2017.Pengaruh Brand Equity, Harga Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Vape (Studi Padavape Store 5time)Volume 6, Nomor 4, Tahun 2017, Halaman 3

Angelina,D.K Dan Supriono.2017.Pengaruh Desain Kemasan Produk Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Awareness Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Wardah Exclusive Matte Lip Cream (Survei Pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya)Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 49 No. 2 Agustus 2017|administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id

Andrian.2018.Dampak Promosi, Brand Awareness Dan Pemilihan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Obat Sakit Kepala Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (Jrmb) Fakultas Ekonomi UniatVol.3, No.2, Juni 2018: 165 – 174P-Issn 2527–7502 E-Issn 2581-2165

Ayu Wahyuni, Ni Kadek.2017.Pengaruh Lokasi, Kualitas Layanan Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada UD. Serba Indah Fashion Singaraja Sekolah Tinggi Ilmu ekonomi Satya Dharma Singaraja.

Besta,Adistya .A dan Ari,Pradhanawati Pengaruh Kesadaran Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian(Pada Peacock Coffee Di Jalan Gajah Mada Semarang)

Bori,Damayanto dan Lili,Andriani.2018. Pengaruh Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Pt. Angsana Jaya Journals of Economic Education SJEE Volume 2, Nomor 1, April 2018

Budi,Setiawan dan Celia CR.2019.Pengaruh Iklan dan Endorser terhadap Brand Awareness serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian.Riset : Jurnal Aplikasi Ekonomi, Akuntansi dan Bisnis Vol. 1 No. 1, April 2019, Hal 001 - 015

Citra,Sugianto P .2016.Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat BeliPerforma: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis Volume 1, Nomor 5, Desember Kotler, Philip Dan Kevin L. Keller. 2016. Marketing Management, 15TH Edition. United States: Pearson Education.

Dicky,Kurniawan Dan Charly H. 2015.Analisis Pengaruh Brand Awareness Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Natural’zPerforma: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis Volume 2, Nomor 4,

Ekasari, Novita. 2014. Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jasa Pembiayaan Kendaraan Pada Pt. Bfi Finance Jambi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora, Vol. 16, No. 2, Hal: 81-102.

Ervina Aprianti.et.al. 2015.Positioning Pupukupuk Hayatiayati (STUDI KASUS PT. Karyaarya Anugrahnugrah Rumpinumpin) Jurnal Manajemen & Agribisnis, Vol. 12 No. 2, J uli 2015

Edwin Santoso W. Dan Fransisca Desiana P.2018.Brand Awareness Dankualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Glaive Waterless Motor Washperforma: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnisvolume 2, Nomor 6, Februari 2018)

Gloria F. Warouw.et.al. 2018.Analisis Segmentation Psychographic, Targeting, Dan Positioning Motor Yamaha R25 Pada Pt. Hasjrat Abadi Outlet Sam Ratulangi Manado Analysis Of Segmentation Psychographic, Targeting, And Positioning Motor Yamaha R25 Pt. Hasjrat Abadi Outlet Sam Ratulangi ManadoVol.6 No.4 September 2018, Hal.

Idham Kurnia S.et.al.2013.Pengaruh Harga, Citra Merek, Positioning Dan Diferensiasi Produk TerhadapKeputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Jamul PT. Njonja Meneer(Studi Kasus Pada Pondok Jamu Njonja Meneer Depok-Semarang)

Imam,Heryanto.2015.Analisis Pengaruh Produk, Harga, Distribusi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship Vol. 9, No. 2, Oktober 2015, 80-101ISSN 2443-2121

Joshua Lorenzo.et.al . 2018.Pengaruh Brand Awareness, Brand Experience, Dan Word Of Mouth Terhadap Purchase Decision Pada Konsumen Baskhara Futsal Arena Surabaya AGORA Vol. 6, No. 1, (2018)

Joshua,Lorenzo S dan Michael Adiwijaya..2018.Pengaruh Brand Awareness, Brand Experience, Dan Word Of Mouth Terhadap Purchase Decision Pada Konsumen Baskhara Futsal Arena Surabaya.AGORA Vol. 6, No. 1, (2018)

Laksmana Pratama Putra.2015.Meningkatkan Keputusan PembelianMelalui Strategi PositioningProduct, Dan Perceived Quality YangDipengaruhi Oleh Inovasi Produk (Studi Kasus Pada Calon Pembeli Smartphone Microsoft Lumia Windows Phone Di Semarang)

Lilik Suprapti.2018.Analisis Pengaruh Brand Awareness, Perceived Value, Organizational Association Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan PembelianKonsumen (Studi Pada Pemilik Sepeda Motor Yamaha Mio Cw Di Harpindo Semarang) Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang

Lubiana Mileva AF Dh.2014.Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Online Pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014/2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Yang Membeli Starbucks Menggunakan Line) Sumarwan, Ujang. 2014. Perilaku Konsumen : Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor : Ghalia IndonesiaPerforma: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis Volume 1, Nomor 5, Desember 2016

Kurniawan Njoto, Tommy.2016. Pengaruh Desain Kemasan, Citra rasa, Dan Variasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Bumi Anugrah.Performa : Jurnal Manajemen Dan Start Up Bisnis Volume 1, Nomor 4 Oktober 2016

Mohamad H.P. Wijaya. Promosi, Citra Merek, Dan Saluran Distribusi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Terminix Di Kota MANADOurnal EMBA 105Vol.1 No.4 Desember 2013,

Muhammad,Husni RK.et.al. Pengaruh Desain Produk, Positioning dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Honda pada UD. Karunia Sejahtera Motor Lumajang

Muhammad Tody A. dan Rahmawati.2018. Analisis Pengaruh Positioning Produk dan Citra Merk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Civitas Akademika di Universitas Kahuripan Kediri dan Universitas Islam Kediri) INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen IndonesiaVolume 2, Nomor 1, Desember 2018

Novi Anathasia P.2016.Pengaruh Bauran Pemasaran (Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Saluran Distribusi) Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Nmax Di Semarang

Nurlaela Eva PL.2017.Pengaruh Strategi Segmenting, Targeting dan Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab Merek Zoya Pada MahasiswaPasca Sarjana Universitas BSI serta DampaknyaTerhadap Brand Loyalty Simposium Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (SIMNASIPTEK) 2017 ISBN: 978-602-61268-4-9

Ravindra,Safitra H.2018.Analisis Pengaruh Strategi Segmenting, Targeting dan PositioningTerhadap Keputusan Pelanggan Membeli Nu Green Tea.Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra, 2012. Pemasaran Strategik, Edisi 2. Yogyakarta: Penerbit C.V Andi Offset.

Reynold SC.2017. Evaluasi Fungsi-Fungsi Saluran Distribusi Pada Pt. Goldie.PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up BisnisVolume 2, Nomor 2, Juni 2017

Riska,Oktavianti.et.al.2017.Pengaruh Diferensiasi, Positioning Dan EkuitasMerek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt.Smart Tbk. Di Surabayajurnal Manajemen Branchmark Vol 3 Issue 3, 2017 Kotler, Philip, Kartajaya, Hermawan, Dan Huan, Den, Hooi. 2017. Marketing For Competitiveness: Bandung: Bentang Pustaka.

Rizki,Eka P.et.al.2018.Pengaruh Produk, Harga, Dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Home Industry Aneka Camilan Rizky.Vol. 1, No. 1, Agustus 2018|

Siti,Lestari.et.al. Pengaruh Kualitas Produk, Saluran Distribusi Dan Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Cv. Davindo Jaya Semarang

Siska Lusia Putri danMutiara Putri D.2018.PengaruhBrand Awareness DanBrand Loyalty Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chicken Nugget Fiesta Di Kota Padang Jurnal Agrica Vol.11 No.2/Oktober 2018 ISSN 1979-8164

Sugiyono, 2008 Metode Penelitian Bisnis. Cetakan keduabelas. Alfabeta, Bandung.

Suharto.2016. Pengaruh Budaya Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Variabel Sosial Dan Pribadi Sebagai Mediasi Produk Air Minum Kemasan (Sudi Empiris Pada Pt. Gloz Di Lampung Timur) Jurnal Derivatif Vol. 10 No. 1, April 2016

Syafirah.et.al.2017. Pengaruh Faktor-Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Holland Bakery Manado Influence Factors On Consumer Behavior Buying Decisions Products At Holland Bakery In Manado

Trinia,Ariska.Pengaruh Implementasi Strategi Segmenting, Targeting Dan Positioning Pada Warung Mie Endes Terhadap Keputusan Pembelian .Ismail, M. 2013. Strategi Pemasaran Untuk Membangun Citra Dan Merek Loyalitas. Bogor: Ipb Press.

Vevi Ghealita dan Retno Setyorini.2015.Pengaruh BrandAwarenessTerhadap Keputusan Pembelian Amdk Merek Aqua(Studi Pada Masyarakat Di Kota Bandung)

Windy,Ary .2018.Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kesadaran Merek Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Konsumen Alfamart Di Kecamatan Gayungan, Surabaya)Jurnal Ilmu Manajemen Volume 6 Nomor 1 – Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya

Yosef Andre S .2017.Pengaruh Brand Association, Brand Loyalty, Brand Awareness, Dan Brand Image Terhadap Brand Equity Pada Brand Happy Baby.Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up BisnisVolume 2, Nomor 5, Desember 2017

Zubaidah Hanum dan Sahral Hidaya.t.2017.Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Sepatu Merek Nike Di Kota Medan.jurnal Bisnis AdministrasiVolume 06, Nomor 01, 2017, 37-43

Published
2019-12-01
How to Cite
I Gusti Made Oka Astana, & Kadek Putra Awatara. (2019). PENGARUH POSITIONING DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI BANYUATIS STUDI PADA (KONSUMEN KOPI BANYUATIS DI BULELENG. ARTHA SATYA DHARMA, 12(2), 1-17. https://doi.org/10.55822/asd.v12i2.4