KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN WAJIB PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK DAERAH DINAS PENDAPATAN KABUPATEN BULELENG
Abstract
Masyarakat umum dan kalangan dunia usaha sering mengeluhkan prosespelayanan yang diberikan oleh pemerintah karena terlalu berbelit-belit, tidaktransparan dan perlu biaya ekstra. Mereka sering harus bolak balik dari satukantor ke kantor lain guna untuk mengurus suatu layanan. Bagi masyarakatkondisi seperti ini menyebabkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintahmenurun.Untuk di Kabupaten Buleleng, Dinas Pendapatan Daerah KabupatenBuleleng merupakan salah satu unit kerja di lingkungan Pemerintah KabupatenBuleleng dalam menjalankan fungsinya di bidang pelayanan.Penelitian inibertujuan mengetahui tanggapan masyarakat, dan tingkat kepuasan masyarakatdalam mengurus pajak bumi dan bangunan terhadap kualitas pelayanan padaKantor Pelayanan Pajak Daerah Dinas Pendapatan Kabupaten Buleleng.Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumentasi dan kuisioner.Datadiolah dengan analisis teknik analisis kuantitatif deskriptif.Teknik analisis dataserta pengolahan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknikstatistik, penulis menggunakan bantuan program software SPSS versi 18.0 forwindows yang sebelumnya dilakuka pengujian validitas dan reliabilitas.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Persepsi masyarakattehadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh Kantor Pelayanan Pajak DaerahDinas Pendapatan Kabupaten Buleleng berada pada kategori tinggi yangmenunjukkan bahwa pegawai memberikan pelayanan yang terbaik kepadakonsumen yang melakukan pengurusan administrasi dan pembayaran PBB padaKantor Pelayanan Pajak Daerah Dinas Pendapatan Kabupaten Buleleng.Tingkat kepuasan konsumen/ masyarakat dalam mengurus administrasi terhadapkualitas pelayanan pada Kantor Pelayanan Pajak Daerah Dinas PendapatanKabupaten Buleleng berada pada kategori tinggi yang menunjukkan bahwamasyarakat puas atas pelayanan yang diberikan Kantor Pelayanan Pajak DaerahDinas Pendapatan Kabupaten Buleleng.