KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN WAJIB PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK DAERAH DINAS PENDAPATAN KABUPATEN BULELENG

  • I Made Sukadana STIE Satya Dharma

Abstract

Masyarakat umum dan kalangan dunia usaha sering mengeluhkan prosespelayanan yang diberikan oleh pemerintah karena terlalu berbelit-belit, tidaktransparan dan perlu biaya ekstra. Mereka sering harus bolak balik dari satukantor ke kantor lain guna untuk mengurus suatu layanan. Bagi masyarakatkondisi seperti ini menyebabkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintahmenurun.Untuk di Kabupaten Buleleng, Dinas Pendapatan Daerah KabupatenBuleleng merupakan salah satu unit kerja di lingkungan Pemerintah KabupatenBuleleng dalam menjalankan fungsinya di bidang pelayanan.Penelitian inibertujuan mengetahui tanggapan masyarakat, dan tingkat kepuasan masyarakatdalam mengurus pajak bumi dan bangunan terhadap kualitas pelayanan padaKantor Pelayanan Pajak Daerah Dinas Pendapatan Kabupaten Buleleng.Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumentasi dan kuisioner.Datadiolah dengan analisis teknik analisis kuantitatif deskriptif.Teknik analisis dataserta pengolahan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknikstatistik, penulis menggunakan bantuan program software SPSS versi 18.0 forwindows yang sebelumnya dilakuka pengujian validitas dan reliabilitas.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Persepsi masyarakattehadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh Kantor Pelayanan Pajak DaerahDinas Pendapatan Kabupaten Buleleng berada pada kategori tinggi yangmenunjukkan bahwa pegawai memberikan pelayanan yang terbaik kepadakonsumen yang melakukan pengurusan administrasi dan pembayaran PBB padaKantor Pelayanan Pajak Daerah Dinas Pendapatan Kabupaten Buleleng.Tingkat kepuasan konsumen/ masyarakat dalam mengurus administrasi terhadapkualitas pelayanan pada Kantor Pelayanan Pajak Daerah Dinas PendapatanKabupaten Buleleng berada pada kategori tinggi yang menunjukkan bahwamasyarakat puas atas pelayanan yang diberikan Kantor Pelayanan Pajak DaerahDinas Pendapatan Kabupaten Buleleng.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buchari Alma. 2009. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Penerbit Alfabeta. Bandung. Fahmi, Irham. 2011. Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: CV. Alfabeta. Ferdinand, Augusty. 2009. Metode Pnelitian Manajemen.Edisi Kedua. Semarang: CV Indoprint. Harahap, Sofyan Syafri.2010. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers. Hanafi, M Mamduh dan Halim, Abdul. 2009. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Keempat, UPPSTIM YKPN : Yogyakarta IKAPI.2010. Undang-Undang Republik Indonesia No. 25 tahun 1992 Tentang Perkoperasian. Semarang: CV. Aneka Ilmu. Kasmir. 2009. Analisis Laporan Keuangan. Rajawali Pers. Jakarta. Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia. 2010. Pedoman Pemeringkatan Koperasi. Bali: Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Bali. Kotler.P. 2008.Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. PT. Prenhalindo. Jakarta. Murhadi, Werner R. 2013. Analisis Laporan Keuangan, Proyeksi dan Valuasi Saham. Jakarta: Salemba Empat. Parasuraman, A., Zeithaml, V.A. and Berry, L.L. 2008.SERVQUAL: A Multi- Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of The Service Quality. Journal of Retailing.Vol. 64. Rambat Lupiyoadi. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Jakarta : Salemba Empat. Sawir, Agnes, 2009. Analisa Kinerja Keuangan dan Perencanaan keauangan Perusahaan. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Sugiono, Arief. 2009. Manajemen Keuangan Untuk Praktisi Keuangan. PT Grasindo : Jakarta Sugiyono. 2009. Metodelogi Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan B & D.Alfabeta : Bandung Tjiptono.Fandy. 2008. Manajemen Jasa.Yogyakarta : Andy Yogyakarta. Wiagustini, Ni Luh Putu. 2010. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Denpasar: Udayana University Press.
Published
2017-03-01
How to Cite
I Made Sukadana. (2017). KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN WAJIB PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK DAERAH DINAS PENDAPATAN KABUPATEN BULELENG. ARTHA SATYA DHARMA, 10(1), 87 - 98. https://doi.org/10.55822/asd.v10i1.124