Analisis Pelaksanaan Bauran Pemasaran (Marketing Mix)terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen pada PT. Mertha Buana Motor Cabang Singaraja

  • I Made Sukadana STIE Satya Dharma
Keywords: Bukti Fisik, People, Place, Product, and Promotion, Kepuasan Konsumen

Abstract

PT Mertha Buana Motor menjalankan bisnis otomotif berbendera HONDA dengan skala pelayanan 3 in 1, yakni Dealer Honda satu – satunya di Singaraja yang melayani Penjualan, service dan Suku Cadang asli HONDA serta selalu mengedepankan kualitas pelayanan kepada konsumen.

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Analisis Pelaksanaan Bauran Pemasaran (Marketing Mix)terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen pada PT. Mertha Buana Motor Cabang Singaraja, dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen pada PT. Mertha Buana Motor Cabang Singaraja. Adapun metode yang digunakan dalam mengelompokkan variabel-variabel adalah analisis faktor, yang dalam pengelolaan datanya dilakukan dengan bantuan software SPSS (Statistical Package For Social Sceince) versi 17.0 for windows. Langkah-langkah dalam analisis faktor adalah correlation matrix, KMO dan Bartlett’s test, Total Variance Explained, Rotated Component Matrix, dan Reproduced Correlation Matrix.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 21 dimensi variabel yang mempengaruhi kepuasan Konsumen pada PT. Mertha Buana Motor Cabang Singaraja, dapat direduksi menjadi 5 (lima) faktor. Faktor tersebut antara lain : (1) Bukti Fisik, yang memiliki eigenvalue sebesar 4,135 dan dengan nilai persentase variance sebesar 19,691%, (2) Personal/People, yang memiliki eigenvalue sebesar 3,599 dan dengan nilai persentase variance yang mempengaruhi kepuasan konsumen sebesar 17,138%, (3) Lokasi/Place, yang memiliki eigenvalue sebesar 2,456 dan dengan nilai persentase variance yang mempengaruhi kepuasan konsumen sebesar 11,693%, (4) Kepuasan Konsumen, yang memiliki eigenvalue sebesar 1,491 dan dengan nilai persentase variance yang mempengaruhi kepuasan konsumen sebesar 7,098%, dan (5) Promosi, yang memiliki eigenvalue sebesar 1,289 dan dengan nilai persentase variance yang mempengaruhi kepuasan konsumen sebesar 6,137%. Faktor dominan yang mempengaruhi kepuasan konsumen pada PT.Mertha Buana Motor Cabang Singaraja adalah faktor Bukti Fisik.

Dari hasil analisis yang telah dilakukan dalam penelitian ini, maka saran-saran yang dapat diajukan adalah tingkatkan kualitas sepeda motor melalui inovasi yang efektif dan efisien serta melakukan riset pasar pada saat ingin merencanakan produksi sepeda motor untuk mengetahui tanggapan masyarakat umum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ida Ayu Sri Wulandari. 2011. Pengaruh Pelaksanaan Bauran Pemasaran (marketing mix) terhadap Kepuasan Nasabah pada PT Bank BPD Bali Cabang singaraja. Singaraja: Fakultas Ganesha Singaraja.

Jumadi Wahyu. 2012. Pengaruh Srategi Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Memilih Produk Jasa PT. Pegadaian Persero Cabang Belopa. Makasar: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makasar.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2008. Manajemen PemasaranEdisi 12 Jilid 1. Jakarta: Indeks-Prentice Hall.

Kolter, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Implementasi Pengendalian . Edisi Ketujuh. Jakarta : LPFE UI.

Kotler Philip. 2009. Marketing.Jakarta : Erlangga
Ratih Hurriyati. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Kaonsumen. Cetakan ketiga, Bandung : CV Alfabeta.

Tjiptono fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi kedua. Andi: Yogyakarta
Published
2018-03-01
How to Cite
I Made Sukadana. (2018). Analisis Pelaksanaan Bauran Pemasaran (Marketing Mix)terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen pada PT. Mertha Buana Motor Cabang Singaraja. ARTHA SATYA DHARMA, 11(1), 274-283. https://doi.org/10.55822/asd.v11i1.161