PENGELOLAAN PEMASARAN DAN RESIKO GADAI EMAS PADA PT. PEGADAIAN (PERSERO) CABANG SINGARAJA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengelolaan Pemasaran dan Risiko Gadai Emas Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Singaraja. Pegadaian merupakan salah satu alternatif pendanaan yang sangat efektif karena tidak memerlukan persyaratan rumit yang dapat menyulitkan nasabah dalam pemberian dana. Cukup dengan membawa barang gadai emas serta KTP, masyarakat sudah bisa mendapatkan dana untuk kebutuhannya. Seperti kita ketahui, pengetahuan masyarakat tentang keberadaan PT. Pegadaian (Persero) Cabang Singaraja masih minim, maka dari itu penulis ingin mengetahui pengelolaan pemasaran PT. Pegadaian (Persero) Cabang Singaraja sehingga dapat menarik minat nasabah dalam menggunakan jasa gadai emas. Resiko-resiko yang terjadi pada gadai emas serta bagaimana PT. Pegadaian (Persero) Cabang Singaraja meminimalkan resiko- resiko yang terjadi. Objek penelitian ini adalah karyawan selaku pemimpin cabang, penaksir cabang dan penaksir upc. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknih pengumpulan data melalui observasi, wawancara da dokumentasi. Penelitian yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa prosedur dan mekanisme pemasaran gadai emas, layanan lokasi dan promosi. Resiko gadai terjadi pada barang dannilai emas.
Downloads
References
PNM Dalam Meningkatkan Pendapatan Bank. Jurusan Mualat Ekonomi
Islam Fakultas dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Anita Ristoi P. 2011. “Aspek Risiko Produk Gadai Emas Pada Pegadaian Syariah
Cabang Cinere”. httprepository.uinjkt.ac.iddspacebitstream 123456789172
01 ANITA%20RISTOI%20P-FSH.PDF. Tanggal 14
Maret 2014
Djohanputro. 2009. Pengertian Risiko dan Klasifikasi Risiko
http://www.hrcentro.com/artikel/Pengertian Risiko Menurut_Para_Ahli_121220
.html Tanggal 14 Maret 2014
Daryanto. 2011. “Pengertian Pemasaran”. http.repository.usu.ac.idbitstream
12345678 9341764Chapter%20II.pdf Tanggal 29 Juni 2014.
Een Kurniati. 2010. “Manajemen Resiko Pada Produk Hasanah Card (Studi Kasus Pada
PT. UNI Syariah”. Jurusan Muamalat Ekonomi Islam Fakultas Syariah dan hukum
UNI Syariah Hidayatullah Jakarta.
Faridatun Sa’adah. 2009.“Strategi Pemasaran Produk Gadai Syariah dalam Upaya
Menarik Minat Masyarakat Nasabah pada Pegadaian Syariah Cabang Dewi
Sartika”. Jurusan Muamalat Ekonomi Islam Fakultas Syariah dan Hukum
UIN Syarif Hidayatillah Jakarta.
Irham Fahmi,S.E., M.Si. 2010. MANAJEMEN RISIKO Teori, Kasus, dan Solusi.
Cetakan kesatu, Bandung : Alfabeta
Kasmir. 2010. “Pengertian Gadai”. httpthesis.binus.ac.idAsliBab22011200 118%
AK%20Bab%202.pdf. Tanggal 14 Maret 2014
Kotler dan Armstrong (2009) “Pengertian Pemasaran”. library.binus.ac.ide
Colls...Bab22012-1-00353-MN%20Bab2001.pdf. Tanggal 29 Juni 2014.Moleong.
2012.” Sumber Data”.http://www.academia.edu 4061407/Jurnal
Dwi Ayu_Mahardika_Fisip_rawija a_0911223009 Taggal 6 April 2014
Siti Khadijah. 2010. “Strategi PemasaranProduk Gadai Syari’ah
dalam menarik minat nasabah padaUnit Pegadaian Syari’ah Cabang Pondok
Aren”. http eprints.uns.ac.id87131163022708201010081.pdf . Tanggal 29 Juni
2014.
UPP AMP YKPN, Yogyakarta.
Porter, M. E. 1994. Keunggulan Bersaing Menciptakan dan Mempertahankan
Kinerja Unggul. Edisi Terjemah. Jakarta: Binarupa Aksara.
Rangkuti, Freddy. 2001, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis –
Reorientasi Konsep Perencanaan Startegis untuk Menghadapi Abad 21,
Cetakan Kedelapan, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Pointer”, Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 2, No. 1, Mei Surakarta. Shimp
Terence A., 2003, Periklanan Promosi, Jurnal Ilmiah dan Ilmu Ekonomi
Edisi V, Jilid 1&2, Erlangga, Jakarta.
Sugiarto 2008, Memahami Penelitian Kualitatif, Cetakan Keempat, Penerbit CV.
Alfabeta, Bandung.
Sugiyono (2011), Memahami Penelitian Kualitatif, Cetakan Kelima, Penerbit CV.
Alfabeta, Bandung.
Tjiptono, Fandy. 2009. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offs