Shopping Lifestyle dan Price Discount Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus Pada Konsumen Alfamart Ngurah Rai Singaraja)

  • I Gusti Made Oka Astana STIE Satya Dharma

Abstract

Impulse Buying merupakan pembelian yang tidak direncanakan atau tindakan spontan yang dilakukan konsumen tetapi tidak direncanakan sebelumnya. Hal ini terjadi pada konsumen yang akan berbelanja dimana mereka melakukan keputusan pembelian barang pada suatu toko tanpa direncanakan. Impulse Buying juga dapat dipengaruhi dari segala jenis promosi yang dilakukan oleh sebuah toko ritel. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh Shopping Lifestyle dan Price Discount pada Impulse Buying di Minimarket Alfamart Ngurah Rai Singaraja. Sasaran dari penelitian ini juga untuk mengetahui faktor yang mendominasi dalam Impulse Buying pada Minimarket Alfamart Ngurah Rai Singarja. Metode yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Shopping Lifestyle tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Impulse Buying sementara Price Discount berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Impulse Buying. Faktor yang paling mendominasi dari penelitian ini adalah Price Discount. Alfamart Ngurah Rai Singaraja sebaiknya menjaga dan meningkatkan strategi pemasaran dalam hal ini promosi penjualan seperti bentuk promosi terutama lebih memperhatikan lagi Price Discount untuk menarik lebih banyak konsumen melakukan Impulse Buying.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifianti, Ria. 2011. Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying Pada Hypermarket di Kota Bandung. “Skripsi” : Universitas Padjajaran Bong, Soeseno. 2011. Pengaruh Instore Stimuli Terhadap Impulse Buying Behavior Konsumen Hypermarket di Jakarta. “Jurnal” Ultima Management Buyung. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Karyawan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Minimarket Alfamart Todopuli Di kota makassar. “Skripsi” : Universitas Hasanuddin Cahyorini & Rusfian. 2011. The Effect of Packaging Design on Impulsive Buying. Journal of Administrative Science & Organization, 11-21. Christina Widya Utami. 2010. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia, Edisi 2, h.50. Jakarta:Salemba Empat Desrayudi, 2011. Pengaruh Price Discount, Bonus Pack, Dan In- Store Display Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada Supermarket Robinson Di Kota Padang. “Skripsi” : Universitas Andalas Fadliyah, Lina. 2015. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Impulse Buying Pada Konsumen Jilbab Di Pasar Johar Semarang. “Skripsi” : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Feelicia Lumintang, Fenny. 2013. Pengaruh Hedonic Motives Terhadap Impulse Buying Melalui Browsing dan Shopping Lifestyle Pada Online Shop. “Jurnal”. Ferdina Satyo, Maya dan Suprihhadi, Heru. 2013. Pengaruh Diskon Harga, Merek Produk, dan Layanan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Garmen. “Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol 2 No. 8” : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Hidayah, Astri. 2010. Pengaruh Promosi Penjualan Di Dalam Toko Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada Konsumen Carrefour Hypermarket Lebak Bulus, Jakarta Selatan. “Skripsi” : Institut Pertanian Bogor Iswanto, Dwi Fajar. 2009. Analisis Pengaruh Store Name, Brand Name Dan Price Discounts Terhadap Evaluasi Konsumen Dan Purchase Intentions (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta Konsumen Celana Jeans Merek Lee Cooper dan Cressida di Matahari SGM dan Luwes). “Skripsi” : Universitas Sebelas Maret Japarianto, E, dan Sugiharto, S. 2011, Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement terhadap Impulse Buying Behavior masyarakat High Income Surabaya, Jurnal Manajemen Pemasaran Mulianingrum, wikartika. 2010. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Impulse Buying Pada Merek Super T-Shirt (Studi pada Pengunjung Matahari Department Store Singosaren). “Skripsi” : Universitas Sebelas Maret Surakarta Prastia, Eka Fita. 2013. Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement Dan Hedonic Shopping Value Terhadap Impulse Buying Behaviour Pelanggan Toko Elizabeth Surabaya. “Skripsi “: Universitas Katolik Widya Mandala Siregar, Syofian. Metode Penelitian Kuantitatif. Edisi1. Jakarta:Kencana, 2013 Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta Suharyadi & Purwanto. 2011 Statistika: Untuk Ekonomi Modern, Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat www.forbes.magazine.co.id www.topbrand-award.com Yessica dan Edwar. 2015. Pengaruh Bonus Pack Dan Price Discount Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Giant Hypermarket Diponegoro Surabaya. Universitas Negeri Surabaya Yu Sriyanti, Ade. 2008. Pengaruh In- Store Promotion Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada Konsumen Giant Hypermarket. “Skripsi” : Institut Pertanian Bogor.
Published
2016-12-01
How to Cite
I Gusti Made Oka Astana. (2016). Shopping Lifestyle dan Price Discount Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus Pada Konsumen Alfamart Ngurah Rai Singaraja). ARTHA SATYA DHARMA, 9(2), 84-99. https://doi.org/10.55822/asd.v9i2.111