ANALISIS KUALITAS PRODUK DAN PENENTUAN PASAR DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN KRUPUK CAKAR AYAM AYU DI SINGARAJA ( STUDY KASUS PERUSAHAAN HOME INDUSTRI )
Abstract
Permasalahan besar yang menyangkut nasib dan masa depan bangsa Indonesia adalah ketika krisis moneter mengguncang bangsa kita pada pertengahan tahun 1997. Dalam kondisi ini pemerintah telah mengupayakan peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan berbagai cara namun hasilnya masih belum maksimal. Hal inilah yang mendorong masyarakat untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Masyarakat mencoba untuk melepaskan diri dari ketergantungan pemerintah maupun perusahaan swasta dalam memperoleh pekerjaan, maka muncullah usaha-usaha kecil atau yang sering kita sebut dengan industri kecil yang bertujuan untuk menopang perekonomian keluarga yang semakin memburuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas produk dalam meningkatkan penjualan Kerupuk Cakar Ayam AYU di Singaraja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi secara terbuka dengan 3 orang informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kualitas dan penentuan pasar sangat mempengaruhi peningkatan dalam penjualan kerupuk cakar ayam Ayu di Singaraja. (2) Peranan industri kerupuk sebagai sarana peningkatan perekonomian masyarakat diantaranya menciptakan lapangan pekerjaan, mengurangi jumlah pengangguran dan meningkatkan pendapatan masyarakat.