ANALISIS KUALITAS PRODUK DAN PENENTUAN PASAR DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN KRUPUK CAKAR AYAM AYU DI SINGARAJA ( STUDY KASUS PERUSAHAAN HOME INDUSTRI )

  • I Made Sukadana STIE Satya Dharma
  • Luh Ayu Dewi Martina STIE Satya Dharma

Abstract

Permasalahan besar yang menyangkut nasib dan masa depan bangsa Indonesia adalah ketika krisis moneter mengguncang bangsa kita pada pertengahan tahun 1997. Dalam kondisi ini pemerintah telah mengupayakan peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan berbagai cara namun hasilnya masih belum maksimal. Hal inilah yang mendorong masyarakat untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Masyarakat mencoba untuk melepaskan diri dari ketergantungan pemerintah maupun perusahaan swasta dalam memperoleh pekerjaan, maka muncullah usaha-usaha kecil atau yang sering kita sebut dengan industri kecil yang bertujuan untuk menopang perekonomian keluarga yang semakin memburuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas produk dalam meningkatkan penjualan Kerupuk Cakar Ayam AYU di Singaraja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi secara terbuka dengan 3 orang informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kualitas dan penentuan pasar sangat mempengaruhi peningkatan dalam penjualan kerupuk cakar ayam Ayu di Singaraja. (2) Peranan industri kerupuk sebagai sarana peningkatan perekonomian masyarakat diantaranya menciptakan lapangan pekerjaan, mengurangi jumlah pengangguran dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Riyanto. 2008. “Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan Dan Strategi Internasional Terhadap Kinerja Ekspor Perusahaan Dengan Lingkungan Sebagai Moderating Variabel ( Studi Pada UKM Eksportir Di Semarang )”. Semarang Rizky Ardiansyah. 2013, Januari. “Pngaruh Harga, Produk, Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Sepeda Motor Honda”. Surabaya Simon Erikson. 2000. Pengaruh Kualitas Produk Dan Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. UNIKOM. Tjiptono,Chandra.2012.http://ekoagu stian.blogspot.co.id/2015/06/pe masaran-jasa-proposal-usahacoklat. html Daryanto,2011, http://askarijihadu.blogspot.co. id/2016/01/pemasaran-danperilaku- konsumen.html Mutmainna Jafar. 2012. Analisis Pengaruh Segmentasi Pasar Terhadap Peningkatan Penjualan Pipa Pada PT. RAJAWALI JAYA SAKTI Di Makasar. Makasar Rizky Ardiansyah. 2013, Januari. “Pngaruh Harga, Produk, Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Sepeda Motor Honda”. Surabaya Aini Qurrotullain. 2013. Penggunaan Metode, Preview, Resd, Summare, Test (PQRST) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pada Siswa Tunarungu. Universitas Pendidikan Indonesia Sendy Mohamad Anugrah. 2013. Perbandingan Pembelajaran Pendekatan Taktis dan Teknis Terhadap Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Hoki Di SMA Negeri 26 Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia. Repository Silalahi.2006.http://www.academia.e du/17463443/Proposal_Skripsi _Tampilan_Kekerasan_dalam_ Serial_Animasi_Larva_ Sendy Mohamad Anugrah. 2013. Perbandingan Pembelajaran Pendekatan Taktis dan Teknis Terhadap Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Hoki Di SMA Negeri 26 Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia. Repository Silalahi. 2006. http://wachidsetya.blogspot.co. id/ Patton.1980.http://makalahbarataanp ba.blogspot.co.id/2010/01/anal isis-data.html
Published
2016-12-01
How to Cite
I Made Sukadana, & Luh Ayu Dewi Martina. (2016). ANALISIS KUALITAS PRODUK DAN PENENTUAN PASAR DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN KRUPUK CAKAR AYAM AYU DI SINGARAJA ( STUDY KASUS PERUSAHAAN HOME INDUSTRI ). ARTHA SATYA DHARMA, 9(2), 39-50. https://doi.org/10.55822/asd.v9i2.108