MEMBANGUN JIWA ENTRPRENEURSHIP DI KALANGAN MAHASISWA
Abstract
Pada akhir decade ini semakin banyak mahasiswa muda yang memiliki usaha sendiri. Mereka didukung oleh kemajuan tekhnologi dan kemudahan mendapat informasi. Sudah banyak mahasiswa yang berhasil menjalankan usahanya dengan baik. Salah satu faktor untuk membangun jiwa entrepreneurship para mahasiswa ditinjau dari latar belakang dan karakter. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan enam narasumber mahasiswa yang masih aktif berkuliah dan memiliki serta mengelola usaha di Singaraja. Penelitian fokus pada latar belakang mahasiswa berwirausaha ditinjau dari Lingkungan keluarga, Pendidikan dan Organisasi. Karakter yang dimiliki oleh mahasiswa yang terkait dengan kewirausahaan juga turut didalami. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa wirausahawan memilij untuk berwirausaha karena pengaruh lingkungan eksternal dan internal. Faktor eksternal seperti lingkungan keluarga, pendidikan, etnis, organisasi dan sejarah kerja memiliki peran dalam mendorong intensi berwirausaha mahasiswa sedangkan faktor internal seperti karakter. Mahasiswa wirausahawan memiliki karakter yang inovatif, percaya diri, terbua dengan hal baru, berani mengambil resiko, suka berencana dan pantang menyerah.
Downloads
References
Basrowi (2011), Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia
BPS. (2019), Pada tahun 2019 tercatat jumlah penduduk miskin di Indonesia mencapai 266,91 juta jiwa , diperoleh pada 12 Desember 2019 di BPS.go.id/pressrelease/2017/01/03/1378/profil-kemiskinan- di-indonesia-september-2019
Coulter, Marry (2000), Entrepreneurship in action . USA : Prentice Hall
Gurol & Atsan (2006), Entrepreneurial characteristics amongst university students, some insights for entrepreneurship education and training in turkey, Education and training 48 (1), 25-38
Hisrich, RD., Peters, MP. & Stheperd DA., (2008), Kewirausahaan (terj.) edisi 7, Jakarta :Salemba Empat
McClelland, D. C. (1961), The Achieving Society. New York : Free Press Meredith, Geoffrey, G. (2005), The practice of Entrepreneurship. Ganewa: International labour organization.
Robinson, P. B., Stimpson, D. V., Huefner, J. C. & Hunt, H. K. (1991), An Attitude Approach to the Prediction of Entrepreneurship. Entrepreneurship Theory and Practice, 15(4), 13–31.
Sinaga, Dearlina (2016), Kewirausahaan, pedoman untuk kalangan praktisi dan mahasiswa , Yogyakarta : Ekuilibria
Stefanovic, I., Prokic, S., & Rankovic, L. (2010), Motivational and success factors of entrepreneurs: the evidence from a developing country. Zb. Rad. Ekon. Fak. Rij, 28,
Suryana, Yuyus & Bayu, Kartib (2015), Kewirausahaan: pendekatan karakteristik wirausahawan sukses, Jakarta : Prenadamedia Group
Chu, H. M., Kara, O., Zhu, X. & Gok, K. (2011), Chinesse entrepreneurs, motivations, success factors, problems and business-related stress, Journal of Chinese Entrepreneurship 3 (2), 84-111. https://www.researchgate.net/publication/235298115_Chinese_entrepreneurs_Motivations_success_factors_problems_and_business-related_stress
Lee, Don Y. & Tsang, Eric W.K. (2001), The Effect of Entrepreneurial Personality, Background and Network Activities on Venture Growth. Journal of Management Studies, 38 (4); 583-602. https://www.researchgate.net/publication/227375331_The_Effects_of_Entrepreneurial_Personality_Background_and_Network_Activities_on_Venture_Growth
Praag, Van, M., C. (2003), Business survival and success of young small business owners, Tinbergen institite discussion paper, no 03-050/3251–270. https://books.google.co.id/books?id=3P_wY7Qx52UC&pg=PA175&lpg=PA175&dq=Business+survival+and+success+of+young+small+business+owners,+Tinbergen+institute+discussion+paper&source=bl&ots=m3kL7o5_vL&sig=ACfU3U3FWDTo3cYEY1kYNtR8nl3mgjoH4w&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiH3diU-ObmAhXZdCsKHbiVApUQ6AEwA3oECAgQAQ
Sumarsono, H. (2013), Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Intensi Wirausaha Mahasiswa Universitas Muhammaadiyah Ponorogo, Jurnal Ekuilibrium Vol. 11, 2, 62 -88. http://journal.umpo.ac.id/index.php/ekuilibrium/article/view/35