PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK YANG DINILAI DARI PERSPEKTIF PROFESIONALISME KERJA, STRUKTUR ORGANISASI DAN KINERJA PEGAWAI DI KANTOR CAMAT SUKASADA

  • Luh Kartika Ningsih STIE Satya Dharma

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kantor Camat Sukasada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa kuesioner dengan alat ukur berupa Agree–Disagree skala 1 – 10, dimana yang dipilih sebagai responden adalah pegawai Kantor Camat Sukasada sebanyak 64 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model persamaan structural (Structural Equation Modeling-SEM) berbasis Variance atau component based SEM, yang terkenal disebut Partial Least Square (PLS) version 3.0. Nilai t-tabel untuk tingkat signifikansi α =0,05 dan degree of freedom (df) = 60 adalah 1,671. Hasil penelitian menunjukan semua hubungan signifikan yaitu pengaruh profesionalisme kerja terhadap kinerja pegawai mempunyai nilai 2,296 dengan ketentuan t-statistik > t-tabel (2,296 > 1,671). Hasil sama juga ditunjukan pengaruh profesionalisme kerja terhadap kualitas pelayanan publik yang mempunyai nilai 2,008 dengan ketentuan t-statistik > t-tabel (2,008 > 1,671). Selanjutnya pengaruh struktur organisasi terhadap kinerja pegawai mempunyai nilai 2,714 dengan ketentuan t-statistik > t-tabel (2,714 > 1,671). Kemudian pengaruh struktur organisasi terhadap kualitas pelayanan publik mempunyai nilai 5,959 dengan ketentuan t-statistik > t-tabel (5,959 > 1,671). Begitu juga dengan pengaruh kinerja pegawai terhadap kualitas pelayanan publik mempunyai nilai 3,944 dengan ketentuan t-statistik > t-tabel (3,944 > 1,671). Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa semua faktor memberikan nilai signifikan terhadap kualitas pelayanan public di Kantor Camat Sukasada.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adrianto, Muhammad Affan et.al. 2014. Pengaruh Kinerja Pegawai dan Sistem Pelayanan Terhadap Tingkat Kualitas Pelayanan Transportasi Udara (Studi pada Maskapai Garuda Indonesia di Bandara Abdulranchman Saleh, Malang).
Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 3, No. 12, Hal. 2014-2020 Universitas Brawijaya Malang.Almasdi, Suid. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia (Dari Teori Ke Paraktek–Praktek). Cetaka 1.Solo : CV Bintang Ilmu. Anderson, G. 2004. Perilaku Keorganisasian. Yogyakarta: BPEE Dharma, Agus. 2003. Manajemen Supervisi. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa Ghozali, Imam.2011. Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Edisi 2 Solo: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gava Media. Hardiyanti,Yeyen Suci. 2016. Pengaruh Profesionalisme Pegawai Terhadap Kualitas Pelauanan Publik Pada Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kendari. Jurnal Penelitian. Harits,Benyamin. 2002 Paradigma Baru Dimensi-Dimensi Admnistrator. Publik. Bandung : Insani Press. Indra,Imam.2007. Aplikasi Manajemen Peusahaan analisis Kasus dan Peemecahanya. Jakarta: Mitra Wacana Media
Juniarti, Atty Tri. 2009. Pengaruh Struktur Organisasi Dan Kepemimpinan Pada Kinerja Pegawai PT Bumitama Gunajaya Agro. Jurnal penelitian Vol. 8 Kabella, Dilla Anindia. 2015. Analisis Pengaruh Profeionalisme Birokrasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Dinas Pariwisata Dan, Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. Jurnal Penelitian Administasi Umum. Kasmir. 2006. Kewirausahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaruan. Mahmudin. 2007 Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.
Malayu S.P Hasibuan. 2010. Organisasi dan motivasi. Jakarta: Bumi Aksara. Mandasari, Andila. 2014. Pengaruh Profesionalisme Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten kutai Barat. Jurnal Penelitian Administrasi Negara Vol. 4. Mangkunegara, Prabu Anwar. Perusahaan. Bandung: Remaja Pustaka Karya Moeljono, Djokosantoso. 2003 Budaya Korporat dan Keunggulan Korporasi
Published
2019-03-01
How to Cite
Luh Kartika Ningsih. (2019). PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK YANG DINILAI DARI PERSPEKTIF PROFESIONALISME KERJA, STRUKTUR ORGANISASI DAN KINERJA PEGAWAI DI KANTOR CAMAT SUKASADA. ARTHA SATYA DHARMA, 12(1), 70-86. https://doi.org/10.55822/asd.v12i1.85