PERAN STRATEGI SUMBER DAYA MANUSIA DAN KINERJA KARYAWAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA ORGANISASI DI CV. BALI TEKNIK

  • Luh Kartika Ningsih STIE Satya Dharma
Keywords: Strategi Sumber Daya Manusia, Kinerja Karyawan, Kinerja Organisasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Peran Strategi Sumber Daya Manusia dan Kinerja Karyawan dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi di CV. Bali Teknik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa kuisioner dengan alat ukur berupa SPSS, dimana yang dipilih sebagai responden adalah seluruh karyawan CV. Bali Teknik sebanyak 46 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model persamaan struktural (Structural Equation Modeling-SEM) berbasis variance atau component based SEM, yang terkenal disebut Partial Least Square (PLS). Penelitian ini dilakukan di CV. Bali Teknik Denpasar. Adapun hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu, Strategi Sumber Daya Manusia berperaan positif signifikan dalam meningkatkan Kinerja Karyawan dengan hasil koefisien sebesar 0,690 dan nilai t statistics yang lebih besar dari t tabel (2,580) yaitu sebesar 8,662. Kemudian Strategi Sumber Daya Manusia berperan positif signifikan dalam meningkatkan Kinerja Organisasi dengan hasil koefisien sebesar 0,331 dan nilai t statistics yang lebih besar dari t tabel (2,580) yaitu sebesar (2,635). Dan Kinerja Karyawan juga berperaan positif signifikan dalam meningkatkan Kinerja Organisasi dengan hasil koefisien sebesar 0,654 dan nilai t statistics yang lebih besar dari t tabel (2,580) yaitu sebesar (5,826). Serta Strategi Sumber Daya Manusia berperan positif dalam meningkatkan Kinerja Organisasi dengan melibatkan peran mediasi oleh variabel Kinerja Karyawan dengan hasil penelitian analisis Path coeffisient Strategi Sumber Daya Manusia terhadap Kinerja Organisasi yaitu sebesar (0,331), dan indirect effects yaitu Strategi Sumber Daya Manusia terhadap Kinerja Organisasi dengan melibatkan peran mediasi oleh variabel Kinerja Karyawan yaitu sebesar (0,451), dan total effects sebesar (0,782). Jadi dengan demikian terdapat peran Strategi Sumber Daya Manusia dan Kinerja Karyawan dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwi, Syafaruddin. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia (Strategi Keunggulan Kompetitif). Edisi Pertama. Yogyakarta : BPFE.

Ambar, Teguh. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia, Konsep, Teori dan Pengembangan dalam Konteks Organisasi Publik. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Christa, Usup. R. 2013. “Peran Human Capital dan Structural Capital dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi (Suatu Kajian Konseptual”. Universitas Palangka Raya. (hlm. 3)

Danim, Sudarwan. 2005. Transpormasi Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Deasler, Gary. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Prenhallindo

Dwiyanto, Agus. 2006. “Reformasi Birokrasi Publik Di Indonesia”. Yogyakarta : PSKK-UGM. (hlm. 50)

Ermayanti, Dwi. 2001. “Pengaruh Faktor Motivasi Terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada Kantor Perum Perhutani II Surabaya”. Malang : Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. (hlm. 3)

Ghozali, Imam. 2008. Stuctural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Edisi ke-2. Semarang : Undip.

Hadi, Agatha Liany. 2012. “Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas dan Kinerja Karyawan GIANT Pulosari Malang”. Malang : Universitas Brawijaya. (hlm. 31)

Hanantijo, Djoko. 2013. “Strategi SDM Dalam Menghadapi Persaingan Global”. Universitas Surakarta. (hlm. 6)

Hasibuan, Malayu. S.P. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Hitt, M. A dkk. 2001. Konsep Manajemen Strategis Daya Saing & Globalisasi. Jakarta : Salemba Empat.

Mangkunegara, Anwar P. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Martoyo, Susilo. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi keempat. Yogyakarta : BPFE.
Mathis, R. L. dan Jackson, J. H. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Jakarta : Salemba Empat.

Mesra B. 2015. “Pengaruh Praktek Sumber Daya Manusia Strategik Terhadap Kinerja Perusahaan: Kinerja Karyawan Sebagai Variabel Mediasi (studi pada Kantor Perusahaan Daerah Air Minum Medan)”. Universitas Pembangunan Pancabudi Medan. (hlm.30-31)

Moekijat. 2003. Manajemen Personalia. Edisi Kelima. Bandung : Penerbit Alumni.

Rivai, Veithzal dan Sagala Ela. J. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Edisi Kedua. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Robbins, Stephen P. 2006. Perilaku Organisasi. Edisi kesepuluh. Jakarta : PT Indeks.

Sangkala. 2006. Intellectual Capital Management: Strategi Baru Membangun Daya Saing Perusahaan. Edisi Pertama. Jakarta : YAPENSI.

Setiawan, Berlia. 2012. “Peran Manajemen Sumber Daya Manusia Stratejik Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Jasa PT. X di Sidoarjo)”. Surabaya: Unika Widya Mandala.

Sobandi, Baban. dkk. 2006. Desentralisasi dan Tuntutan Penataan Kelembagaan Daerah. Bandung.

Surjadi. 2009. Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik. Bandung : Rafika Aditama.

Sutisna, Husen, dkk. 2014. “Peran Human Capital, Corporate Value dan Good Corporate Governance Melalui Kinerja Karyawan Terhadap Kinerja Perusahaan di PTPN VII Lampung”. Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor. (hlm. 133-137)

Sutrisno, Edy. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Wibowo. 2009. Manajemen Kinerja. Edisi Kedua. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Published
2018-03-01
How to Cite
Luh Kartika Ningsih. (2018). PERAN STRATEGI SUMBER DAYA MANUSIA DAN KINERJA KARYAWAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA ORGANISASI DI CV. BALI TEKNIK. ARTHA SATYA DHARMA, 11(1), 104-123. https://doi.org/10.55822/asd.v11i1.137