Strategi Berbasis Modal Sosial dalam Menciptakan Keunggulan Kompetitif di Lembaga Kredit Desa Penglatan, Singaraja
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi berbasis modal social pada LPD Penglatan. Metode analisis yang digunakan adalah kualitatif dengan pedekatan deskriptif ,dimana strategi berbasis modal social yang di dalamnya berfokus pada lingkungan eksternal yang di antaranya berkaitan dengan jaringan social,norma serta kepercayaan yang di bangun guna penentuan pengambilan keputusan di dalam menciptakan keunggulan bersaing.di dalam penelitian ini Informan yang di pilih di antaranya Kepala LPD Penglatan,Karyawan LPD Penglatan dan Bendesa Adat Desa penglatan.
Downloads
References
Atmadja, A.T. (2018). Penyertaan Modal Sosial dalam struktur pengendalian intern lembaga perkreditan desa (LPD) (Studi Kasus pada LPD Desa Pakraman Penglatan, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Propinsi Bali, Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJA/article/view/312.
Azis, H.A., Budi Praptono., dan Wawan Tripiawan. (2017). Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing Pada Produk Fariz Fashion, Retrieved from: http://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/137424/jurnal_eproc/analisis-swot-sebagai-strategi-meningkatkan-daya-saing-pada-produk-fariz-fashion.pdf.
Bunga, H. (2013). Peran Modal Sosial pada Kontrak Pinjaman Bank Thithil dan Implikasinya Terhadap Keberlangsungan Usaha (Studi pada Pasar Blimbing Kota Malang), Retrieved from http://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/840.
Dewi, D.E., dan Seminari. (2018). Pengaruh Strategi Diferensiasi Terhadap Upaya Membangun Keunggulan Bersaing Pada Hotel Alila Ubud, Retrieved from https://www.neliti.com/id/publications/255345/pengaruh-strategi-diferensiasi-terhadap-upaya-membangun-keunggulan-bersaing-pada./
Ferdinan, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi,Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ferdinand, A.T. (2005). Modal Sosial dan Keunggulan Bersaing: Wajah Sosial Strategi Pemasaran. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hery. (2018). Manajemen Strategi. Jakarta:PT Gramedia.
Kusumastuti, A. (2015). Modal Sosial dan Mekanisme Adaptasi Masyarakat Pedesaa ndalam Pengelolaan dan Pembangunan Infrastruktur, Retrieved fromhttp://journal.ui.ac.id/index.php/mjs/article/view/4740.
Lantu, D.C., Mochamad Sandy Triady, Ami Fitri Utami., & Achmad Ghazali. (2016). Pengembangan Model Peningkatan Daya Saing UMKM di Indonesia: Validasi Kuantitatif Model, Retrieved from https://media.neliti.com/.../112821-ID-pengembangan-model-peningkatan-daya-sain.pdf.
Musa, H. (2016). Manajemen Strategik dalam Pengembangan Daya Saing Organisasi, Retrieved from: http://pascasarjana.esaunggul.ac.id/index.php/2016/08/29/manajemen-strategik-dalam-pengembangan-daya-saing-organisasi.
Musa, H. (2014). Manajemen Strategik dalam Pengembangan Daya Saing Organisasi. Jakarta: PT Gramedia.
Nuraini, F., Rieska Maharanidan Andrianto. (2016). Strategi peningkatan daya saing UMKM dan Koperasi dalammenghadapi AEC (Asean Economic Community) : suatu telaah kepustakaan, Retrieved from http://eprints.umsida.ac.id/81/1/Fitri%20Nuraini_480-496%20fix.pdf.
Priyono, B.S. (2013). Pemoderasian Modal Sosial pada pengaruh implementasi Strategi tehadap kinerja organisasional, Retrieved from http://jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/sca-1/article/viewFile/101/106.
Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Lembaga Perkreditan Desa, Retrieved from http://jdih.baliprov.go.id/produk-hukum/download/12348.
Primadona. (2015). Peranan Modal Sosial Dan Modal Manusia Dalam Wirausaha, Retrieved from http://fe.unp.ac.id/sites/default/files/unggahan/8.%20Primadona%20%28hal%20199-204%29_0.pdf.
Rusdiyanto, J. (2012). Keunggulan Bersaing Melalui “Innovative Differentiation Strategy” Berbasis Kearifan Lokal: Sebuah kajian pada Bisnis Aqiqah, Surabaya Retrieved from http://repository.fe.unjani.ac.id/pdf/303313_keunggulan_bersaing_melalui_innovative_differentiation_strategy.pdf.
Sondang. (2018). Manajemen Statejik. Jakarta: Bumi Aksara
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Untuk peneliti yang bersifat: eksploratif, enterpretif dan konstruktif. Bandung: Alfabeta.
Supono, B. (2011). Peranan Modal Sosial dalam Implementasi Manajemen dan Bisnis, Retrieved from https://www.neliti.com/id/publications/23397/peranan-modal-sosial-dalam-implementasi-manajemen-dan-bisnis.
Sudirjo, F. (2012). Keunggulan Bersaing Berbasis Budaya Dan Inovasi Produk: Sebuah Eksplorasi Model Konseptual, Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jejak/article/view/3908.
Usman, S. (2018). Modal Sosial.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.