PENGEMBANGAN UMKM PIA“KUE CIPTA RASA”

  • Luh Desi Utami Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma
  • Gusti Putu Eka Kusuma Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma Singaraja
  • Anak Agung Ngurah Restu Gautama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma
Keywords: Pengembangan, UMKM,pemasaran,laporan keuangan

Abstract

Pia adalah lini usaha bidang industri makanan. UMKM kue cipta rasa ini memproduksi Pia yang diwariskan turun-temurun dan berdiri sejar 1990. Kue cipta rasa ini menjual pia dengan berbagai varian mulai dari rasa kacang ijo, durian dan susu. Kegiatan pengabdian masyarakat ini mengarah pada pengembangan pembuatan Pia cipta rasa. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pembinaan dalam aspek pemasaran yaitu memberikan penjelasan pentingnya promosi dalam suatu usaha serta memberikan pembinaan tentang penyusunan laporan keuangan. Adapun kesimpulan yang dapat diuraikan bahwa pembinaan ini menghasilkan benefit berupa pengetahuan bagi pemilik Kue Cipta Rasa yang berorientasi pada pemahaman konsep pemasaran serta keuangan melalui penyusunan laporan keuangan. Adanya program pembinaan UMKM ini melalui aspek pemasaran dan keuangan pemilik usaha kue ipta rasa mulai memisahkan keuangan pribadinya dengan uang usahanya, selain itu sudah mulai mempromosikan produknya melalui media social guna menarik minat konsumen yang mana di harapkan dapat meningkatkan penjualan dari produk pia yang di jual oleh kue cipta rasa.

Published
2023-12-07