ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FUNGSI INTERMEDIASI LPD DESA PAKRAMAN PEGADUNGAN

  • Ni Luh Eka Ayu Permoni STIE Satya Dharma

Abstract

LPD Desa Pakraman Pegadungan merupakan lembaga unit usaha simpan pinjam yang dimiliki oleh Desa Pakraman Pegadungan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari NPL, CAR dan ROA terhadap nilai LDR dengan mengunakan jenis data kuantitatif berupa angkaangka bersumber dari laporan keuangan neraca dan laporan klasifikasi pinjaman periode 2010 s/d 2014 yang dikumpulkan dengan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam menganalisis data sebagaimana tujuan penelitian adalah analisis regresi linier berganda yang didahului dengan dilakukan pengujian asumsi klasik. Kemudian baru dilakukan pengujian model regresi untuk mengetahui pengaruh secara simultan, parsial dan kekuatan hubungannya (analisis determinasi). Setelah dilakukan pengujian diketahui bahwa hasil uji model yang pertama yaitu uji simultan atau uji F diketahui bahwa variabel independen NPL, CAR dan ROA secara bersama-sama mempengaruhi fungsi intermediasi (LDR) secara signifikan. Kedua dari hasil uji parsial atau uji-t diketahui bahwa variabel NPL berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap fungsi intermediasi (LDR). Variabel CAR berpengaruh negatif signifikan terhadap fungsi intermediasi (LDR) dan terakhir variabel ROA berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap fungsi intermediasi (LDR). Sedangkan dari pengujian ketiga yaitu analisis koefisien determinasi (R2) diketahui bahwa fungsi intermediasi (LDR) LPD Desa Pakraman Pegadungan hanya mampu dipengaruhi oleh NPL, CAR dan ROA sebesar 17,6%, dan sisanya sebesar 82,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar model penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

CAR, NPL, BOPO Dan NIM Terhadap LDR Pada Bank Bumn Persero Di Indonesia Periode 2007-2012”. Aldiansyah. Chandra Nurcahya. 2015. “Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL) Dan Return On Asset (ROA) Terhadap Loan Deposit Ratio (LDR) (Studi Empiris Pada Bank Konvensional Yang Terdaftar Di BEI)”. Hariyani, Ismi. 2010. Restrukturisasi dan Penghapusan Kredit Macet. Kenapa Perbankan Memanjakan Debitur Besar Sedangkan Usaha/Debitur Kecil Dipaksa. Cetakan Pertama. Jakarta: Kompas Gramedia.
Hersugondo et.al. 2012. “Pengaruh CAR, NPL, DPK Dan ROA Terhadap LDR Perbankan Indonesia” Dharma Ekonomi No. 36 / Th. XIX / Oktober 2012. Irwan, Lella N Q. 2010. “Tinjauan Terhadap Fungsi dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intermediasi Perbankan Nasional” Trikonomika Volume 9, No. 2, Desember 2010, Hal. 96– 104 ISSN 1411-514X. Parianom. R. 2013. “Pemberdayaan Lembaga Keuangan Mikro Untuk Pembangunan Ekonomi Pedesaan”. Rahim. Benny Nurzikri. 2014. “ Pengaruh Rasio Kecukupan Modal (Capital Adequacy Ratio) Yang Memperhitungkan Risiko Kredit Dan Risiko Pasar Terhadap Profitabilitas, Fungsi Intermediasi Dan Risiko Perbankan”. Utari, Mita Puji. 2011. “Analisis Pengaruh CAR, NPL, ROA, Dan BOPO Terhadap LDR (Studi Kasus pada Bank Umum Swasta Nasional Devisa di Indonesia Periode 2005-2008)”. Widiantini, Astri. 2010. ”Analisis Peran Intermediasi Perbankan Di Indonesia Pada Tahun 2004 - 2008”. Pratama, B.A. 2010. “Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Penyaluran Kredit Perbankan” (Studi Pada Bank Umum Di Indonesia Periode Tahun 2005-2009). Prayudi, Arditya. 2011. “Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), BOPO, Return On Asset (ROA) dan Net Interest Margin (NIM) terhadap Loan to Deposit Ratio (LDR)”. Nandadipa, Seandy. 2010. ”Analisis Pengaruh CAR, NPL, Inflasi, Pertumbuhan DPK, Dan Exchange Rate Terhadap LDR (Studi Kasus Pada Bank Umum di Indonesia periode 2004 – 2008)”.
Published
2016-12-01
How to Cite
Ni Luh Eka Ayu Permoni. (2016). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FUNGSI INTERMEDIASI LPD DESA PAKRAMAN PEGADUNGAN. ARTHA SATYA DHARMA, 9(2), 29-38. https://doi.org/10.55822/asd.v9i2.107