PENILAIAN KINERJA KEUANGAN KSU TABUNGAN NASIONAL DITINJAU DARI EFISIENSI OPERASI DAN CASH FLOW

  • Ni Luh Eka Ayu Permoni STIE Satya Dharma
  • Gede Agus Ari Budiarsa STIE Satya Dharma
Keywords: Efisiensi Operasi, Cash Flow, Kinerja Keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja keuangan KSU Tabungan Nasional yang ditinjau dari analisa efisiensi operasi dan penilaian Cash Flow. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi dengan melihat dan mencatat data-data pada dokumen dan laporan keuangan KSU Tabungan Nasional. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan deskriptif.Hasil penelitian menghasilkan kinerja keuangan KSU Tabungan Nasional ditinjau dari Efisiensi Operasi berada dalam kondisi baik ini digambarkan dari nilai rata-rata penilaian rasio efisiensi operasi yaitu rasio perputaran piutang, rasio hari rata-rata penagihan piutang dan rasio perputaran modal kerja dari tahun 2012, 2014, 2016 berada diatas rata-rata namun untuk rasio perputaran persedian dominan berada dibawah rata-rata. Sedangkan kinerja keuangan KSU Tabungan Nasional ditinjau dari  Rasio Cash Flow dari enam alat rasio yang digunakan hanya ada satu rasio yang berada diatas rata-rata yaitu Long Term Debt Payment. Dan kelima rasio lainnya berada  dominan berada dibawah rata-rata. Sehingga dapat dinyatakan bahwa kinerja keuangan  Efisiensi Operasi berada dalam kategori bik dan kinerja keuangan  ditinjau dari  Rasio Cash Flow berada dalam kategori tidak baik. Atas hasil penelitian tersebut, KSU Tabungan Nasional diharapkan untuk meningkatkan efisiensi aktivitas operasionalnya serta melakukan kontrol terhadap aliran kas koperasi untuk meningkatkan kinerja keuangannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anoraga, Pandji dan Ninik Widiyanti. Dinamika Koperasi. Cetakan kelima. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2007.

Anwar, Kartini Rezky. 2011. Analisis Kinerja Keuangan pada PT Mega Indah Sari Makasar. Fakultas Ekonomi. Universitas Hasanuddin. Makasar.

Darsono dan Ashari. 2010. Pedoman Praktis Memahami Laporan Keuangan. Yogyakarta: Andi.
Fahmi, Irham. 2012. Analisis Laporan Keuangan,Cetakan Ke-2. Bandung: Alfabeta .

Fajarwati, Diana. 2007. Analisis Cash Flow (Arus Kas) Sebagai Sumber Informasi bagi Serikat Pekerja di Wilayah Kabupaten/Kota Bekasi. Fakultas Ekonomi. Universitas Islam 45. Bekasi
Harahap, Sofyan Syafri. 2004. Akuntansi Aktiva Tetap, Edisi Ketiga, Jakarta: Penerbit PT. Raja Grafindo.
Hasibuan, Malayu S.P. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Kasmir. 2013. Pengantar Manajemen Keuangan, Cetakan ke-3. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Kaunang, James Marcel. 2013. Analisis Laporan Arus Kas Sebagai Alat Ukur Menilai Kinerja Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Manado Timur. Fakultas Ekonomi. Universitas Sam Ratulangi. Manado.

Mulyadi. 2001. Sistem Akuntansi, Edisi Ketiga. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Mulyadi. 2007.Sistem Akuntansi. Jakarta :Selemba Empat.
Mulyani, Sri. 2013. Analisis Rasio Arus Kas Sebagai Alat Pengukur Kinerja Keuangan Perusahaan. Fakultas Ekonomi. STIE Pariwisata Semarang.
Pancawardani, Nurul Latifah. 2009. Pengukuran Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Metode Analisa Cash Flow Ratio. Fokus Ekonomi, Vol.4, No.2.
Sasongko, Ita Ari. 2014. Analisis Pengaruh Risiko Kredit, Perputaran Kas, Likuiditas, Tingkat Kecukupan Modal dan Efisiensi Operasional terhadap Profitabilitas Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI Periode 2007-2013.Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Dian Nuswantoro. Semarang.
Siregar, Sofyan. 2011. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sumbogo, Anton. 2008. Analisis Kinerja Keuangan Koperasi Karyawan PT Jasa Marga Tbk Cabang Jakarta-Tangerang. Fakultas Ekonomi. Universitas Mercu Buana. Jakarta.
Trisnayanti, Kade Ully et.al. 2015. Pengaruh Modal, Efisiensi Operasi dan Pertumbuhan Kredit Terhadap Profitabilitas LPD di Kabupaten Karangasem. Fakultas Ekonomi. Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja.
Veithzal, Rivai. (2007). Bank and Financial Institute Management. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada
Published
2018-03-01
How to Cite
Ni Luh Eka Ayu Permoni, & Gede Agus Ari Budiarsa. (2018). PENILAIAN KINERJA KEUANGAN KSU TABUNGAN NASIONAL DITINJAU DARI EFISIENSI OPERASI DAN CASH FLOW . ARTHA SATYA DHARMA, 11(1), 59-74. https://doi.org/10.55822/asd.v11i1.133