PENGARUH SHOPING LIFESTYLE DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP IMPULSE BUYING PADA MAHASISWA STIE SATYA DHARMA MELALUI MEDIA TIKTOK SHOP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya hidup berbelanja dan potongan harga terhadap pembelian impulsif pada mahasiswa STIE Satya Dharma melalui media TikTok Shop. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner kepada 80 responden. Analisis data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup berbelanja dan potongan harga berpengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap pembelian impulsif. Faktor gaya hidup berbelanja menjadi pengaruh dominan dalam mendorong mahasiswa melakukan pembelian secara spontan. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi teoritis bagi pengembangan ilmu manajemen pemasaran serta menjadi masukan bagi mahasiswa dan pihak kampus untuk lebih bijak dalam mengelola perilaku belanja di era digital.
Downloads
References
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yahmini, E. (2020). Kecenderungan Impulse Buying pada Mahasiswa Ditinjau dari Latar Belakang Keluarga. Exero: Journal of Research in Business and Economics, 2(1), 41–56. https://doi.org/10.24071/exero.v2i1.2110 Bonner, Sarah E. 2019. Judgment and Decision Making In Accounting. New Jersey: Person Education.
Widawati, L. (2011). Analisis Perilaku “Impulse Buying” dan “Locus of Control” pada Konsumen di Carrefour Bandung. Jurnal Ilmiah, XXVII. Candra, Aristo. 2017. TPA versi OTO BAPPENAS. Yogyakarta : Idesegar Media Group.
Sari, R., et al. (2017). Pengaruh Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial, 6(2), 45–52. Cooper, Donald R, Pamela, S Schindler. 2018 Metode Riset Bisnis Volume 1 Edisi 9. Jakarta : PT. Media Global Edukasi.
Arini Maulidiyah et al. 2022. “Pengaruh Shopping Lifestyle, Discount, Dan Fashion Involment Terhadap Impulse Buying Pada Pelanggan Toko Fashion Malang.” E – Jurnal Riset Manajemen 12(1):943–44.
Hasan, M. et al. 2020. “Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Pembelian Impulsif Di Kalangan Mahasiswa.” Urnal Ekonomi Dan Bisnis 8(2):123–35.

