Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Dalam Memilih Produk Kecantikan “Y.O.U” Pada Toko Sinar Kencana Cosmetics Banyuwangi

  • Dilla Cattleyana
  • Sofia Asyriana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma
  • Tasya Annisa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma

Abstract

Y.O.U Beauty merupakan brand kecantikan lokal yang menjunjung tinggi filosofi brand "Long-lasting Beauty". Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh celebrity endorser, lifestyle dan brand image terhadap minat beli konsumen produk Y.O.U pada Toko Sinar Kencana Cosmetics Banyuwangi, baik secara simultan maupun parsial. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang sedang melakukan pembelian produk Y.O.U pada Toko Sinar Kencana Cosmetics Banyuwangi. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling , pengambilan data menggunakan simple random. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner dimana pengambilan sampel sejumlah 70 responden. Jenis penelitian ini termasuk  kuantitatif deskriptif dengan menggunakan Teknik analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji parsial (Uji t), dan uji simultan (Uji F). Hasil dalam penelitian ini memperlihatkan bahwasanya variabel celebrity endorser (X1), lifestyle (X2) dan variabel brand image (X3) secara parsial (Uji t) maupun simultan (Uji F) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen, dengan koefisien determinasi (Adjust R Square) yang diperoleh sebesar 0,387 atau 38,7%. Artinya 38,7% Minat Beli mampu dijelaskan oleh variabel Independen, sedangkan sisanya sebesar 61,3% kemungkinan dijelaskan oleh Independen lain yang tidak dimasukkan kedalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Shimp, Terence. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Promosi. Jakarta : Salemba Empat.

Adriana, N. C., & Ngatno, N. 2020. “Pengaruh Brand Image dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Sariayu Martha Tilaar di Kota Semarang)”. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 198-208.

Ahmad, M., Tumbel, T. M., & Kalangi, J. A. 2020. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Oriflame di Kota Manado”. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 10(1), 25-31.

Alunat, S. K., & Ariyanti, M. 2016. “Pengaruh Endorsement Terhadap Sikap Konsumen dan Minat Pembelian Produk Kosmetik Pada Online Shop dengan Media Sosial Instagram”. eProceedings of Management, 3(2).

Anggraini, T. R. 2022. ”Pengaruh Gaya Hidup dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian Produk Emina (Studi pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Angkatan 2018-2019 Universitas Mulawarman)”. CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 5(2), 143-161.

Data Penjualan Kosmetik Wajah: Brand Lokal Kuat Bersaing

https://compas.co.id/article/data-penjualan-kosmetik/

Dhaefina, Z., AR, et al. 2021. ”Pengaruh Celebrity Endorsement, Brand Image, dan Testimoni Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Mie Instan Lemonilo pada Media Sosial Instagram”. Jurnal Manajemen, 1(1), 43-48.

Fauzia, A. Z. N., & Sosianika. 2021. “Analisis Pengaruh Brand Image, Perceived Quality, dan Country of Origin Terhadap Minat Beli Produk Skincare Luar Negeri”. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 12, pp. 1068-1072).

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23” (Edisi 8) Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss . Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hafisa, D. Y. 2018. “Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Halal “Wardah “(Studi Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia)”. Jurnal Ekonomi dan Manajemen.

Hendayana, Y., & Afifah, N. M. 2020. “Pengaruh Brand Ambassador dan Korean Wave Terhadap Minat Belanja Online Melalui Marketplace Tokopedia”. Kinerja, 3(1), 32-46.

Ikhwana, A., & Ritonga, S. 2021. “Strategi Bisnis Terintegrasi Antara Online dan Offline untuk meningkatkan Pemasaran”. In Prosiding Seminar Nasional & Call For Paper Stie Aas (pp. 182-194).

Kamaluddin dan Muhajirin. 2018. “Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Konsumen Dalam Berbelanja Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE BIMA)”. Jurnal Akrab Juara Vol 3 (2).

Kenanga, T. P. 2020. “Pengaruh Budaya Follower, Lifestyle, dan Prestise Terhadap Minat Beli Konsumen di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Perspektif Ekonomi Islam”. (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Kotler, P., dan G. Armstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Kotler, P., dan K.L. Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi 13, Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Kusuma, A. M., Hikmah, M. A., & Marom, A. 2020. “Pengaruh Islamic Branding, Kualitas Produk, dan Lifestyle terhadap Minat Pembelian Produk Skincare pada Generasi Millenial di Kabupaten Kudus”. BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(2), 289-302.

Marini, Y. C., & Lestariningsih, M. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian dengan Celebrity Endorser MSGLOW”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 11(6).

Mega, Petra Surya W. et al. 2012. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli di Online Shop Specialis Guess”. JRMB 7

Peronika, N., Junaidi, J., & Maryadi, Y. 2020. “Pengaruh Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Kosmetika Wardah Di Kota Pagar Alam”. Ekonomia, 10(1), 83-93.

Purwati, A., & Cahyanti, M. M. 2022. “Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Minat Beli yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian”. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 11(1), 32-46.

Putra, A. H. P. M. 2019. “Pengaruh Percieved Quality, Harga Dan Lifestyle Terhadap Minat Beli Produk Oldman. Co”. Jurnal Mitra Manajemen, 3(11), 1038-1054.

Putri, Y. A. 2019. “Pengaruh Bauran Promosi dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli pada Kedai Kopi Serasi”. Jurnal manajemen strategi dan aplikasi bisnis, 2(2), 137-144.

Ramlawati, R., & Lusyana, E. 2020. “Pengaruh Celebrity Endorsement dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Wardah pada Mahasiswi HPMM Cabang Maiwa DI Makassar”. Jurnal Manajemen Dan Organisasi Review (Manor), 2(1), 65-75.

Sa, A., Irfani, A., Widarko, et al. 2022. “Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Dalam Memilih Menu Minuman (Studi Kasus Pada Konsumen Asmaraloka Coffee Malang)”. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 11(16).

Sab, D. C., & Safitri, Y. E. 2022. “The Impact of Product Quality, Brand Image and Price on Customer Satisfaction of Ootd Service District Sempu Banyuwangi”. Jurnal Ekonomi, 11(01), 624-630.

Sanusi, Anwar. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sari, N. P., & Sudarwanto, T. 2022. “Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Skincare Ms Glow (Studi Pada Konsumen MS Glow di Jawa Timur).” Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 25-40.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung:Alfabeta

Sugiyono, 2014. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kulaitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, A. 2016. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Bisnis. Bandung:Alfabeta

Supardin, L. 2022. “Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Berlabel Halal”. JEMBA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(1), 71-82.

Winingsih, E. 2022. “Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Prestasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Banjar Dimasa Pandemi Covid-19”

Made, D. H. I., Gde, B. I., Made, S. U., & Wayan, M. Y. I. G. (2019). Cultural management of economic resistance in Bali Aga community village of Kecamatan banjar district Buleleng. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 93(9), 183-192.

Ningsih, L. K., Prastiwi, N. L. P. E. Y., & Ayuni, N. M. S. (2019). The Implementation of Organizational Culture Based on Tri Hita Karana in the Effort to Realize the Organizational Performance in PDAM Buleleng Regency. International Journal of Social Science and Business, 3(2), 77-85.

Ningsih, L. K., & Prastiwi, N. L. P. E. Y. (2019). Improving the Quality of Human Resources in Indigenous Village Institutions Through Work Culture Based on" Catur Marga" in Bali Aga Village, Buleleng Regency. International Journal of Social Science and Business, 3(3), 306-313.

Prastiwi, N. L. P. E. Y., Ningsih, L. K., & Rianita, N. M. (2018). The Application of Strategic Human Resource Practice Based on Tri Kaya Parisudha to Improve The Performance of Village Financial Institution Employees in Buleleng Regency. International Journal of Social Science and Business, 2(4), 245-250.

Budiasni, N. W. N., Ayuni, N. M. S., & Trisnadewi, N. K. A. (2019). The Implementation of Spiritual Capital Saab Mote Craftsmen: Study of The Hindu Teachings (Study of Saab Mote Craftsman in Nagasepaha Village, Buleleng). International Journal of Social Science and Business, 3(3), 336-340.

Ayuni, N. M. S., Gorda, A. A. N. E. S., & Budiasni, N. W. N. (2019). ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN SAAB MOTE DESA NAGASEPAHA SEBAGAI PRODUK IKONIK. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 4(1), 1-11.

Ayuni, N. M. S., & Budiasni, N. W. N. (2019). The Strategy of Bad Loans “Pang Pade Payu” in Village Credit Institution in Buleleng District. International Journal of Social Science and Business, 3(4), 542-548.

Budiasni, N. W. N., Ayuni, N. M. S., & Trisnadewi, N. K. A. (2020). Evaluasi Kinerja Keuangan pada Pengembangan Jaringan 4G PT. Telekomunikasi Indonesia di Singaraja. Jurnal Akuntansi Profesi, 11(1), 107-114.

Ayuni, N. M. S., & Budiasni, N. W. N. (2020). The Implementation of Profit Sharing at Lembaga Perkreditan Desa. International Journal of Social Science and Business, 4(3), 472-479.

Ayuni, N. M. S., & Budiasni, N. W. N. (2020). The Implementation of Profit Sharing at Lembaga Perkreditan Desa. International Journal of Social Science and Business, 4(3), 472-479.

Budiasni, N. W. N., & Ayuni, N. M. S. (2020). Transparency and Accountability Based on The Concept of “Pada Gelahang” Enhancing Village Financial Management. International Journal of Social Science and Business, 4(3), 501-508.

Nuryani, N. N. J. (2021). Triggers For Stock Prices In Manufacturing Companies In The Food and Beverages Sector On The Indonesia Stock Exchange. International Journal of Social Science and Business, 5(4), 468-474.

Published
2023-06-27
How to Cite
Dilla Cattleyana, Sofia Asyriana, & Tasya Annisa. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Dalam Memilih Produk Kecantikan “Y.O.U” Pada Toko Sinar Kencana Cosmetics Banyuwangi. ARTHA SATYA DHARMA, 16(1), 39-46. https://doi.org/10.55822/asd.v16i1.282