PENGARUH IKLAN, PENJUALAN PRIBADI,PROMOSI PENJUALAN, HUBUNGAN MASYARAKAT DAN PEMASARAN LANGSUNG TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA DI DEALER MAHA SURYA MOTOR SERIRIT

  • I Gusti Made Oka Astana, SE., MM STIE Satya Dharma
  • Putu Aristya Purnama Astri STIE Satya Dharma

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan secara teoritis yaitu dapat mengetahui bagaimana pengaruh bauran promosi yang terdiri dari iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan , hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung terhadap keputusan pembelian sepeda motor di Dealer Maha Surya Motor Seririt. Tujuan secara praktis bagi peneliti yaitu dapat menambah dan memperluas wawasan berfikir dalam keilmuan dibidang manajemen ekonomi. Sedangkan bagi perusahaan bertujuan agar dapat dijadikan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan dalam mengelola bauran promosi terhaap keputusan pembelian sepeda motor di Dealer Maha Surya Motor Seririt. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian, sedangkan variabel bebasnya terdiri dari periklanan, penjualan pribadi , promosi penjualan, hubungan masyarakat dan pemasaran langsung. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif .Data dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner, kemudian dianalisis dengan regresi linier berganda,analisis korelasi berganda, analisis determinasi , Uji t dan uji F dengan taraf signifikansi sebesar 5% (0,05) menggunakan Statistical Package for Social Science ( SPSS ) 18.0 for Windows. Hasil penelitian dari 60 orang responden menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial dari iklan terhadap keputusan pembelian ,(2) ada pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial dari penjualan pribadi terhadap keputusan pembelian, (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial dari promosi penjualan terhadap keputusan pembelian,(4) ada pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial dari hubungan masyarakat terhadap keputusan pembelian dan (5) ada pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial dari pemasaran langsung terhadap keputusan pembelian sepeda motor di Dealer Maha Surya Motor Seririt.Hal ini dapat dilihat dari persamaan regresi linier berganda dengan persamaan Y = 0.526 + 0.405X1 + 0.117X2 + 0.134X3 + 0.094X4 + 0.078X5 + e. Nilai F hitung pada model penelitian adalah sebesar 38,175 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000. Nilai signifikansi adalah di bawah 0,05 yang menunjukkan bahwa variabel bebas secara serempak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada signifikansi 5%. Dengan tingkat korelasi sebesar 0,883 yang termasuk katagori sangat kuat dan nilai determinasi sebesar 77,9%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

-------------- (2013). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 jilid 2. Jakarta : Erlangga -------------- (2013). Metode Penelitian Manajemen : Pendekatan ,Kualitatif,Kuantitatif , Kombinasi (Mixed Methods),Penelitian Tindakan(Action Research),Penelitian Evaluasi. Bandung : Alfabeta Aditya Ramadhani. 2012. “Pengaruh Faktor Psikologis terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha”. Jurnal Volume 1 Nomor 1. Universitas Gunadarma Ahmad, Ala’Eddin M.K. & Al-Zu’bi, Hasan A. 2011. “E-banking Functionality and Outcomes of Customer Satisfaction: An Empirical Investigation”.
International Journal of Marketing Studies. Vol. 3, No. 1.(hlm. 50-65) AR Septiawan, 2015, “ Strategi Komunikasi Pemasaran Buku dalam Meningkatkan Penjualan melalui Media Sosial Instagram “, dalam http://digilib.uinsuka. ac.id/11730091 Ardianto, Elvinaro dan QAnees, Bambang .2011. Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media Arifin, Adyatma.2012. “Evaluasi Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Pengembangan Bisnis Online (Studi Kasus: Bisnis Undangan Online Kartun Vidiyan.Com)”. Universitas Indonesia. Buchory ,Achmad & Saladin Djasmin.2010. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama . Bandung : Linda Karya Hadi, Agustina Kurniawati (2009). “Pengaruh Persepsi Nilai Konsumen Terhadap Perilaku Pembelian Private Label (Studi Kasus Giant Hypermarket Poins Square Lebak Bulus”. Universitas Indonesia. Handoko, 2011, Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen. Edisi pertama. Jakarta : BPFE Hartini Probowo, Viona (2010). “Mengukur Loyalitas Pelanggan Melaui Citra Toko dan Kepercayaan Pelanggan di Toko Retail”. Jurnal Binus Business Review.Vol.1 No.2 (hlm. 380- 385) Hermawan, Agus.2012. Komunikasi Pemasaran . Jakarta: Erlangga Kotler dan Amstrong.2012. Marketing Manajemen. Prentice Hall : New Jersey. Kotler dan Keller.2012. Marketing Management. Pearson International Edition New Jersey : Pearson Prentice Hall. Kotler, Philip dan Armstrong, Gary.2011. 10th Edition. Marketing an Introduction. Indonesia: Perason. Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane.2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta : Erlangga. Lovelock et al.2010. Pemasaran Jasa: Manusia, Teknologi Strategi Perspektif Indonesia. Jilid 1. Jakarta : Erlangga. Maisya, Fitri .2012. “Pengaruh Periklanan, Hubungan Masyarakat dan Word of Mouth Terhadap Ekuitas Merek Sepeda Motor Matic Honda Vario (Studi Kasus Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro”. Universitas Diponegoro, Semarang. Martinus. 2013. “Analisis Faktor Psikologis yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Motor Matic oleh Konsumen”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol1. No.2. Moleong, Lexy J .2013. Metodologi Penelitian Kualitatif .edisi revisi. Bandung : Remaja Rosdakarya. Nur Indriantoro dan Bambang Supomo. 2012. Metodologi Penelitian Bisnis. BPFE : Yogyakarta Peter JP dan Olson .2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat. Prasetiowati, Anis.2013. Analisis Pengaruh Advertising, Sales Promotion,Public Relation, Personal Selling, dan Direct Marketing terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Matik di Surakarta. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol1. No.2. Rangkuti, Freddy.2011. Swot Balanced Scorecard . Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama. Reza Wahyu, 2012, “Strategi Komunikasi yang Persuasif “, dalam http://ekonomi.kompasiana.com/m arketing/2012/11/14/strategikomunikasi- yang-persuasif.html Rinaldi. 2012. “Kegiatan Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC) dalam Mengelola Komunikasi Merek Studi Deskriptif Pada Kegiatan Pilar IMC dalam Mengelola Komunikasi Merek ’12 Jalur Destinasi’ Wisata Pesisir Jakarta Utara”. Universitas Indonesia. Schiffman dan Kanuk.2011. Costumer Behaviour. Internasional Edition : Prentice Hall. Sugiyono (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & R&D. Bandung : Alfabeta Sutisna. 2013. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Remaja Rosdakarya. Swasta dan Handoko. 2010. Management Pemasaran Modern. Jakarta : Grasindo Persada. Titik Dwi Prastiti Berliana. 2013. Pengaruh Faktor Psikologi Konsumen pada Keputusan Pembelian Pond’s. Jurnal Vol2. No,2 Universitas Muhammadiyah Purworejo. Uyung Sulaksana. 2003. Integrated Market Communications. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Wikepedia Encyclopedia. Yudhiartika, Dian, Haryanto, Jony Oktavian. 2012. “Pengaruh Personal Selling, Display, Promosi Penjualan Terhadap Kesadaran Merek dan Intensi Membeli Pada Produk Pond’s”. ISSN 1410-4628 Volume 17 No 2 Agustus 2012, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga. Yuniati Asmaniah, “ Bauran Promosi dalam Perspektif Islam “, http://lib.uinmalang. ac.id/thesis/fullchapter/992 29592-yuniati-asmaniah.ps
Published
2017-03-01
How to Cite
I Gusti Made Oka Astana, SE., MM, & Putu Aristya Purnama Astri. (2017). PENGARUH IKLAN, PENJUALAN PRIBADI,PROMOSI PENJUALAN, HUBUNGAN MASYARAKAT DAN PEMASARAN LANGSUNG TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA DI DEALER MAHA SURYA MOTOR SERIRIT. ARTHA SATYA DHARMA, 10(1), 160 - 176. https://doi.org/10.55822/asd.v10i1.135