ANALISIS KINERJA KEUANGAN DAN PREDIKSI KEBANGKRUTAN PERUSAHAAN PERBANKAN DI BURSA EFEK INDONESIA

  • I Dewa Made Joni STIE Satya Dharma

Abstract

Penelitian ini berupaya mempelajari beberapa rasio yang dapat digunakan untk mengukur kinerja keuangan dan dapat digunakan sebagai alat memprediksi kebangkrutan perusahaan perbankan yang bergabung di Bursa Efek Indonesia sebanyak 18 perusahaan perbankan dengan mengambil data time series dan cross section selama 5 tahun sehingga sampel penelitian ini adalah 90 Hasil penelitian ini menyatakan bahwa berdasarkan rasio keuangan yang digunakan adalah WC/TA, RE/TA, EBIT/TA, MVE/BVTD, S/TA menunjukan bahwa, kinerja keuangan perusahaan perbankan di Bursa Efek Indonesia secara keseluruhan menunjukan memiliki kinerja keuangan yang cukup baik, walaupun terdapat beberapa yang belum memiliki kinerja baik, hal ini ditunjukan oleh WC/TA, akan tetapi sudah menunjukan perbaikan. Dari rasio keuangan tersebut dianalisis dengan Z-Score Altman, menunjukan bahwa perusahaan perbankan di Bursa Efek Indonesia secara umum dan keseluruhan diprediksi tidak mengalami kebangkrutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

______, 2011. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Satu. Cetakan Keempat. PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta. Aditianasari, Dana. (2013). “Harga BBM Naik, Sektor Perbankan Yang Paling Tertekan” Sindo News. http;//m.sindonews.com/re ad/2013/04/18/32/739369/ harga-bbm-naik-sektorperbankan- yang-palingtertekan. Budiawan, Prima. (2009). “Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Ditinjau Dari Rentabilitas, Likuiditas Dan Solvabilitas (Studi Kasus Pada Ptpn X Surakarta)” Universitas Muhamadiah Surakarta. Bursa Efek Jakarta. 2008-2012. Transaksi saham harian, http:/www.jsx.co.id. Guntur H. Silitonga. (2009). “Analisis Pengaruh Price Earning Ratio (PER), Return On Equity (ROE) Dan Net Profit Margin (NPM) Terhadap Harga Saham Pada Industri Rokok Di Bursa Efek Indonesia”. Universitas Sumatera Utara Hanafi, Mamduh. M. 2010. Manajemen Keuangan. BPFE. Yogyakarta. Indriyanti, Irma Thisca. (2010). “Analisis Laporan Keuangan Dan Penggunaan Z-Score Altman Untuk Memprediksi Tingkat Kebangkrutan Perusahaan Properti Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2006 - 2008”. Universitas Sebelas Maret. Jogiyanto, HM. 2008. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Cetakan Kelima. BPFE- Yogyakarta.
Kamaludin, indriyani. (2012) “Analisis Laporan Keuangan”. Edisi ketiga, Jakarta. Kasmir, 2011. “Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya”. PT. Raya Grafindo Persada, Jakarta. Kurniawanti, Butet Agrina. (2012). “Analisis Penggunaan Altman ZScore Untuk Memprediksi Potensi Kebangkrutan Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bei Periode 2007- 2011”. Universitas Guna Dharma. Kusumo, RG. Gian Ismoyo. (2011). “Analisis Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Non Bank LQ45, Universitas Diponogoro Semarang. Sazkia, Risca Jana. (2012). “Analisis Laporan Keuangan Untuk Memprediksi Tingkat Kebangkrutan Perusahaan Properti Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei)”. Artikel Ilmiah. Surabaya : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas. Sugiarto. (2012). “Kepailitan bank dalam likuidasi (study kasus bank global)”. Tesis. Jakarta : Universitas Indonesia. Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung. Syafri, Harahap Sofyan. 2011. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. PT Raja Grafindo Persada,Jakarta. Wardhani, Evi. (2007). “Analisis Tingkat Kebangkrutan Model Altman Dan Foster Pada Perusahaan Textile Dan Garment Go-Public Di Bursa Efek Jakarta”. Universitas Negeri Semarang. Weston dan Brigham, (1993), Managerial Financial, The Dryden Press, Hindsdale, Illinois Wiagustini, Ni Luh Putu. 2010. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Udayana University Press, Denpasar. Bali.
Published
2016-12-01
How to Cite
I Dewa Made Joni. (2016). ANALISIS KINERJA KEUANGAN DAN PREDIKSI KEBANGKRUTAN PERUSAHAAN PERBANKAN DI BURSA EFEK INDONESIA. ARTHA SATYA DHARMA, 9(2), 01-20. https://doi.org/10.55822/asd.v9i2.105