PENGARUH MOTIVASI, KOMUNIKASI DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA KARYAWA DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN BULELENG

  • Komang Trisna Sari Dewi STIE Satya Dharma

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Motivasi, Komunikasi, dan Pelatihan terhadap Kinerja Karyawan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Buleleng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa kuisioner dengan alat ukur berupa SPSS. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 65 orang khusus bagi karyawan yang sudah pernah mengikuti kegiatan pelatihan dengan tehnik sampling jenuh. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, analisis korelasi berganda, analisis determinasi, dan analisis uji-t dengan bantuan program SPSS versi 17.0. Dari tiga hipotesis yang diajukan, semua hipotesis diterima dengan rincian : Motivasi berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Buleleng dengan nilai t hitung > t-tabel (2,125 > 1,699) dengan nilai probability (α = 5%) = 0,038 dibawah 0.05.Komunikasi berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Buleleng nilai t hitung > t-tabel (2,363 > 1,699) dengan nilai probability (α = 5%) = 0,021 dibawah 0.05.Pelatihan berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bulelengdengan nilai t hitung > t-tabel (4,005 > 1,699) dengan nilai probability (α = 5%) = 0,000 dibawah 0.05. Berdasarkan paparan di atas, dapat dijelaskan bahwa aspek motivasi, komunikasi dan pelatihan merupakan elemen penting dalam meingkatkan kinerja karyawan. Untuk itu, pihak PDAM Kabupaten Buleleng agar terus mempertahankan aspek – aspek tersebut dan terus dilakukan evaluasi dan pengembangan di masa yang akan datang. Disatu sisi besarnya pengaruh variabel motivasi, komunikasi dan pelatihan terhadap kinerja karyawan PDAM Kabupaten Buleleng adalah sebesar 70,4% dan sisanya sebesar 29,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Untuk itu, pihak PDAM Kabupaten Buleleng juga harus memperhatikan aspek-aspek lain yang berpotensi untuk mempengaruhi kinerja karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Deewar, Mahesa. 2010. “Analisis Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan dengan Lama Kerja sebagai Variabel Moderating”.Skripsi.Universitas Diponogoro Semarang.
Devi, Eva Kris Diana . 2009. “Analisis Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan dengan Komitmen Organisasional sebagai Variabel Intervening”, (Studi pada Karyawan Outsourcing PT. Semeru Karya Buana Semarang).http://eprints.undip.ac.id/17249/1/Eva_Kris_Diana_Devi.pdf (Diakses tanggal 2 juli 2011) Dyah, Ayu Sekarningtyas. 2011. “Analisis Pengaruh Komunikasi dan Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Karyawan, studi pada Dinas Perhubungan dan Informatika Kab. Pemalang”. Skripsi, Fakultas Ekonomi Diponogoro, Semarang.
Farida, Ida . 2010. “Pengaruh Pendidikan Formal, Pelatihan dan Pengembangan Karier Perempuan, Studi di Kota Bandar Lampung”. Disertasi.Bandung : Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran. Handoko, T. Hani. 2007. “Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia”. Edisi Kedua, Dicetak dan Diterbitkan BPFE-Yogyakarta.
Hariyanti dan Primawestri,Inten. 2010. “Pengaruh Komunikasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Perawat dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Moderating. Studi kasus pada Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Karanganyar”.Universitas Setia Budi Surakarta. http://eprints.upnjatim.ac.id/128/1/10E01054.pdf (diakses tanggal 18 Mei 2010) Lubis, Khairul Akhir. 2008. “Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT Perkebunan Nusantara IV (Persero) Medan”. Tesis.Pascasarjana Universitas Sumatra Utara, Medan.
Lumbanraja, Prihatin dan Nizma, Cut. 2010. “Pengaruh Pelatihan dan Karakteristik Pekerjaan terhadap Prestasi Kerja Perawat di Badan Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah Langsa”. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol 12, No.2, September 2010 :142-155 Mangkunegara, AA. Anwar Prabu. 2007. “Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan”. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Mangkunegara.AA. Anwar Prabu. 2009. “Evaluasi Kinerja SDM”. Cetakan Keempat, Bandung : PT Refika Aditama
Musafir. 2007. “Pengaruh Kemampuan dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai Pemerintah Provinsi Gorontalo”.Jurnal Ichsan Gorontalo Volume 2 No.3 Agustus-Oktober 2007.http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/230711041118.pdf
Mulyanto. 2009. “Pengaruh Motivasi, Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Daerah Istimewa Yogjakarta”. Jurnal [excellent], Vol.1 No.2 September 2009. Parlinda, Vera. 2010. Jurnal Ilmiah :“Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Pelatihan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Surakarta”. Robbins, Stephen. 2010. “Perilaku Organisasi”. Edisi Kesepuluh, Jakarta : PT.Indeks Kelompok Gramedia. Rivai dan Basri. 2007. “Perfomance Appraisal”. Cetakan Pertama. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Rivai, Veithzal dan Sagala, Ella Jauvani. 2011. “Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan”. Edisi Kedua. Cetakan Keempat, Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Sehfudin, Arif. 2011. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Komunikasi Organisasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan, Studi pada PT Bank Tabungan Nasional Cabang Semarang”. Skripsi, Universtas Diponogoro Semarang.
Simamora Henry, 2007. “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Edisi Ketiga. Penerbit : Yogyakarta : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN. Siregar. 2007.”Pengaruh Motivasi dan Komunikasi terhadap Prestasi Kerja Pegawai di Badan Kepegawaian Daerah Kota Denpasar”. Denpasar :Pascasarjana Universitas Pendidikan Nasional Denpasar. Thoha, Miftah. 2011. “Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya”. Edisi Pertama. Cetakan Keduapuluh Satu, Jakarta : PT Rajagrafindo Persada. Wibowo, Prof. Dr. 2011. “Manajemen Kinerja”. Edisi Ketiga. Cetakan Kelima, Jakarta : Rajagrafindo Persada.
Published
2019-03-01
How to Cite
Komang Trisna Sari Dewi. (2019). PENGARUH MOTIVASI, KOMUNIKASI DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA KARYAWA DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN BULELENG. ARTHA SATYA DHARMA, 12(1), 119 - 137. https://doi.org/10.55822/asd.v12i1.90