PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN HOLISTIC DALAM UPAYA PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN DI USAHA MAS DEKORASI

  • Nyoman Selly Tri Astuti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma
Keywords: Bauran Pemasaran Holistic, Matriks SWOT, QSPM, TAS, Key Factors dan Kinerja Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apa saja strategi-strategi yang tepat digunakan oleh usaha Mas Dekorasi dalam peningkatkan kinerja pemasarannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Tenik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu wawancara dan pengisian kuesioner yang dilakukan dengan pemilik serta pengguna jasa di usaha Mas Dekorasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah matriks SWOT dan QSPM. Pada matriks SWOT akan ditentukan kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman yang dimiliki oleh usaha Mas Dekorasi dan kemudian penentuan strategi IE dengan cara memberikan bobot serta rating. Pada tahap selanjutnya yaitu adalah matriks QSPM yang digunakan untuk mengevaluasi serta memilih strategi yang paling tepat digunakan oleh usaha Mas Dekorasi berdasarkan strategi-strategi yang sudah didapatkan sebelumnya. Dalam memperoleh Total Attractive Score (TAS), informan harus memberikan penilaian terhadap key factors yang ada pada strategi-strategi terpilih sebelumnya. Berdasarkan hasil dari matriks SWOT dan QSPM ini, strategi yang tepat digunakan oleh Mas Dekorasi yaitu dengan cara memberikan pelayanan yang memuaskan, memberikan kualitas jasa yang baik dan memberikan harga yang tejangkau yang merupakan bagian dari strategi SO dan berkaitan langsung dengan strategi Intensif yaitu strategi pengembangan produk jasa sehingga diharapkan dapat keningkatkan kinerja pemasaran usaha Mas Dekorasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah dan Tantri. 2012. Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Agustina, Wahyu Wulan & Sandi Eka Suprajang. 2016. Meningkatkan Volume Penjualan Melalui Bauran Pemasaran Holistic pada Perusahaan Kacang Shanghai PT. Suling Mas Tri Tunggal Abadi Ngunut Tulungagung. Vol 3. STIE Kesuma Negara Blitar.
Assauri, Sofjan. 2014.Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep, dan Strategi. PT RAJAGRAFINDO PERSADA: Jakarta
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran Edisi 12. PT INDEKS: Jakarta
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13. Penerbit ERLANGGA: Jakarta.
Manek, Daniel. 2013. Analisis Pengaruh Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran pada Perusahaan Pengolahan di Kota Semarang. Vol 12. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia.
Moleong, Lexy J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.
Puspitasari, Farah Nurma. 2017. Pengaruh Lingkungan Pemasaran pada Kinerja Pemasaran Harian Surat Kabar Tribun Lampung. Universitas Lampung. (TESIS)
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Aflabeta
Sunyoto, Danang & Fathonah Eka Susanti. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa. CAPS: Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy & Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Andi: Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran Edisi 3. Andi : Yogyakarta.
Umar, Husein. 2001. Strategic Management in Action. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
Published
2019-12-01
How to Cite
Nyoman Selly Tri Astuti. (2019). PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN HOLISTIC DALAM UPAYA PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN DI USAHA MAS DEKORASI. ARTHA SATYA DHARMA, 12(2), 96 - 108. https://doi.org/10.55822/asd.v12i2.9