Komparatif Counter Sales Dan Sales Force Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UFI Perusahaan PT. FIF Group Cabang Singaraja

  • Luh Nurkariani STIE Satya Dharma
  • Luh Arsih STIE Satya Dharma

Abstract

Setiap perusahaan memiliki promosi dan kualitas pelayanan yang berbeda-beda
untuk meningkatkan penjualan produk UFI pada khususnya. Pelaksanaan promosi pada
perusahaan PT.FIFGROUP Cabang Singaraja adalah memperkenkan produk UFI
kepada konsumen sehingga mampu menarik minat untuk melakukan pembelian. Selain
dari promosi, kualitas pelayanan pada perusahaan PT.FIFGROUP sangatlah penting
karena merupakan ujung tombak dari kesuksesan suatu usaha apalagi bergerak dalam
bidang penawaran jasa yang bertujuan untuk meningkatkan loyalitas konsumen dan
akan mendorong konsumen untuk menggunakan jasa pembiayaan PT.FIFGROUP
kembali sehingga mampu meningkatkan penjualan produk UFI.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan counter sales dan
sales force dalam meningkatkan produk UFI perusahaan PT.FIFGROUP Cabang
Singaraja dari segi promosi dan kualitas pelayanan. Untuk mencapai tujuan tersebut,
maka data dikumpulkan dengan melihat catatan atau dokumen-dokumen yang berkaitan
dengan tujuan penelitian ini (teknik dokumentasi) dan data tersebut dilengkapi dengan
berbagai keterangan atau penjelasan melalui teknik kuisioner bipolar adjective. Adapun
pihak yang dijadikan sample adalah setiap konsumen yang menggunakan jasa produk
UFI pada perusahaan PT.FIFGROUP Cabang Singaraja dengan menggunakan
Accidental sampling (teknik penentuan sample berdasarkan kebetulan jika sesuai atau
cocok sebagai sumber data) . Hasil penelitian, menunjukkan bahwa promosi dan
kualitas pelayanan yang dibagi menjadi dua pusat pelayanan yaitu counter sales dan
sales force memiliki persepsi yang sama yang mampu meningkatkan penjualan produk
UFI pada tahun 2014.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardi,Cangara. 2006. Pengantar Ilmu
Komunikasi. Jakarta:PT Suka
Buku.
Ariyanti. 2014. Pengaruh Kualitas
Pelayanan, Harga, Dan
Promosi Terhadap Volume
Penjualan Pada Pelanggan
Pizza Hut Di Solo. Surakarta:
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah
Surakarta.
Budi Purwadi. 2009. Implementasi
Dalam Bauran Pemasaran.
Jakarta: PT Grasindo.
Darmadi, Bambang, 2010, Instan
Marketing Resep Super Jadi
Marketing Hebat,
Yogyakarta: Universitas
Atma Jaya Yogyakarta
Ida Ayu Sri Wulandari. 2011.
Pengaruh Pelaksanaan Bauran
Pemasaran (marketing mix)
terhadap Kepuasan Nasabah
pada PT Bank BPD Bali
Cabang singaraja. Singaraja:
Fakultas Ganesha Singaraja.
Imam Ghozali. 2011. Aplikasi
Analisis Multivariate Dengan
Program IBM SPSS 19. Edisi
5. Semarang : Badan Penerbit
Universitas Diponogoro.
Istiharini,2009. “Peranan Personal
Selling sebagai Salah Satu
Alat
Promosi”.http//binaekonomiv
ol7no1.bas.co.id.Tanggal 10
Mei 2014.
Jumadi Wahyu. 2012. Pengaruh
Srategi Bauran Pemasaran
Jasa Terhadap Kepuasan
Konsumen Dalam Memilih
Produk Jasa PT. Pegadaian
Persero Cabang Belopa.
Makasar: Fakultas Ekonomi
dan Bisnis Universitas
Hasanuddin Makasar.
Kamil, Abdul. 2009. Bedanya
Analisis Kualitatif dan
Kuantitatif.
https://id.answers.yahoo.com/
question/index?qid=20090519
004933AA2E8am
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller,
2008. Manajemen PemasaranEdisi 12 Jilid 1. Jakarta:
Indeks-Prentice Hall.
Kolter, Philip. 2009. Manajemen
Pemasaran, Analisis
Perencanaan, Implementasi
Pengendalian . Edisi Ketujuh.
Jakarta : LPFE UI.
Kotler Philip. 2009. Marketing.
Jakarta : Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani, A.
2006. Manajemen Pemasaran
Jasa. Salemba Empat Jakarta.
Martana, Kirya dan Yulianthini. 2015.
Jurnal. Pengaruh Jenis
Produk, Biaya Promosi dan
Biaya Produksi Terhadap
Volume Penjualan.
Universitas Pendidikan
Ganesha.
Rangkuti, Erika Prof. Dr. Dra. Ms.
2008. Jurnal. Penataan
Pengaruh Kualitas Pelayanan
Terhadap Kepuasan Pasien
Puskesmas. Universitas Islam
Indonesia Yogyakarta.
Sugiyono,2012. Metode Penelitian
Pendidikan. Cetakan ke-14,
Bandung: Alfabeta.
Sutojo,Siswanto.2003.Manajemen
Penjualan yang
Efektif.Jakarta:PT Raja
Grafindo Persada.
Tohirin, 2012. Metode Penelitian
Kualitatif dalam Pendidikan
dan Bimbingan
Konseling. Cetakan ke-
1,Jakarta : PT Raja Grafindo
Persada.
Published
2016-03-01
How to Cite
Luh Nurkariani, & Luh Arsih. (2016). Komparatif Counter Sales Dan Sales Force Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UFI Perusahaan PT. FIF Group Cabang Singaraja. ARTHA SATYA DHARMA, 9(1), 13-24. https://doi.org/10.55822/asd.v9i1.89