Penerapan Digital Marketing Serta Inovasi Produk, Guna Untuk Menarik Minat Beli Konsumen Pada Gula Semut Pedawa Di Singaraja

  • Ni Luh De Erik Trisnawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satay Dharma
  • Putu putri ardia sari Stie Satya Dharma

Abstract

Abstract,

The results of this study indicate that product innovation has a direct influence on consumer buying interest in Pedawa Ant Sugar in Singaraja, with the more product innovations owned by business owners the better for the business, because it can increase buying interest from consumers, as evidenced by the existence of new product innovations that have been made by business owners in an effort to increase purchase interest. Digital marketing has a direct influence on consumer buying interest in Ant Pedawa Sugar in Singaraja, with digital marketing that has been carried out by business owners in marketing it is able to influence the buying interest of its consumers. Product innovation has an influence on consumer buying interest with digital marketing as a moderating variable on Pedawa Ant Sugar in Singaraja, with product innovation owned by Ant Sugar business owners in Pedawa Village already recognized by the wider community, this is evidenced by marketing carried out through social media, so that Pedawa Ant Sugar can be an option for people who want to make a purchase, which is inseparable from product innovation that is owned which is able to influence consumer buying interest supported by digital marketing.

Abstrak.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Inovasi produk memiliki pengaruh secara langsung terhadap minat beli konsumen pada Gula Semut Pedawa di Singaraja, dengan semakin banyak inovasi produk yang dimiliki oleh pemilik usaha semakin baik untuk usaha tersebut, karena dapat meningkatkan minat beli dari para konsumen, yang dibuktikan dengan adanya inovasi produk baru yang telah dibuat oleh pemilik usaha dalam upaya untuk meningkatkan minat beli. Digital marketing memiliki pengaruh secara langsung terhadap minat beli konsumen pada Gula Semut Pedawa di Singaraja, dengan digital marketing yang telah dilakukan pemilik usaha dalam pemasarannya mampu memberikan pengaruh terhadap minat beli dari para konsumennya. Inovasi produk memiliki pengaruh terhadap minat beli konsumen dengan digital marketing sebagai variabel moderasi pada Gula Semut Pedawa di Singaraja, dengan inovasi produk yang dimiliki oleh pemilik usaha Gula Semut di Desa Pedawa sudah dikenali oleh masyarakat luas, ini dibuktikan dengan pemasaran yang dilakukan melalui media sosial, sehingga Gula Semut Pedawa dapat menjadi pilihan bagi masyarakat yang ingin melakukan pembelian, yang tidak terlepas dari inovasi produk yang dimiliki yang mampu memberikan pengaruh pada minat beli konsumen didukung oleh digital marketing.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayuni, N. M. S., & Budiasni, N. W. N. (2019). The Strategy of Bad Loans “Pang Pade Payu” in Village Credit Institution in Buleleng District. International Journal of Social Science and Business, 3(4), 542-548.

Ayuni, N. M. S., & Budiasni, N. W. N. (2020). The Implementation of Profit Sharing at Lembaga Perkreditan Desa. International Journal of Social Science and Business, 4(3), 472-479.

Ayuni, N. M. S., & Budiasni, N. W. N. (2020). The Implementation of Profit Sharing at Lembaga Perkreditan Desa. International Journal of Social Science and Business, 4(3), 472-479.

Ayuni, N. M. S., Gorda, A. A. N. E. S., & Budiasni, N. W. N. (2019). ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN SAAB MOTE DESA NAGASEPAHA SEBAGAI PRODUK IKONIK. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 4(1), 1-11.

Ayutrisula, A. F., Matematika, P. S., Sains, F., Teknologi, D. A. N., Islam, U., & Sunan, N. (2020). Analisis penerapan e-ticketing bioskop terhadap minat pembelian tiket dengan menggunakan structural equation modeling partial least square (sem pls).

Bakery, J. S., & Kota, D. I. (2020). 1 1,2 2. 5(2).

Beli, T. M. (2022). No Title. 3.

Budiasni, N. W. N., & Ayuni, N. M. S. (2020). Transparency and Accountability Based on The Concept of “Pada Gelahang” Enhancing Village Financial Management. International Journal of Social Science and Business, 4(3), 501-508.

Budiasni, N. W. N., Ayuni, N. M. S., & Trisnadewi, N. K. A. (2019). The Implementation of Spiritual Capital Saab Mote Craftsmen: Study of The Hindu Teachings (Study of Saab Mote Craftsman in Nagasepaha Village, Buleleng). International Journal of Social Science and Business, 3(3), 336-340.

Budiasni, N. W. N., Ayuni, N. M. S., & Trisnadewi, N. K. A. (2020). Evaluasi Kinerja Keuangan pada Pengembangan Jaringan 4G PT. Telekomunikasi Indonesia di Singaraja. Jurnal Akuntansi Profesi, 11(1), 107-114.

Ekonomi, F., Pamulang, U., & Produk, K. (2020). JURNAL. 3(2), 108–119.

Ekonomi, J., & Borobudur, U. (2020). No Title. 22.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Badan penerbit Universitas Diponegoro. Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 23 (2), 1470, 1494.

Hair Jr, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2021). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). Sage publications.

Haryanto, R., Pebriyanto, A., & Banjarmasin, P. N. (2020). PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI. 2.

Keputusan, T., Dimediasi, P., & Beli, M. (2022). Abid.Muhtarom 1* , Muhamad Imam Syairozi 2 , Reva Desy Rismayati 3 Prodi.Magister.Manajemen , Universitas.Islam.Lamongan 1 , Prodi Manajemen. 16(1).

Made, D. H. I., Gde, B. I., Made, S. U., & Wayan, M. Y. I. G. (2019). Cultural management of economic resistance in Bali Aga community village of Kecamatan banjar district Buleleng. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 93(9), 183-192.

Mulyansyah, G. T. (2021). Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner Di Kawasan G-Walk Surabaya. 9(1), 1097–1103.

Mustamu, E. J., & Ngatno, N. (2021). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada KFC Srondol. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 689–696. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29650

Ningsih, L. K., & Prastiwi, N. L. P. E. Y. (2019). Improving the Quality of Human Resources in Indigenous Village Institutions Through Work Culture Based on" Catur Marga" in Bali Aga Village, Buleleng Regency. International Journal of Social Science and Business, 3(3), 306-313.

Ningsih, L. K., Prastiwi, N. L. P. E. Y., & Ayuni, N. M. S. (2019). The Implementation of Organizational Culture Based on Tri Hita Karana in the Effort to Realize the Organizational Performance in PDAM Buleleng Regency. International Journal of Social Science and Business, 3(2), 77-85.

Nurkariani, Ni Luh, Ida Ayu Kadek Angga Devi, and Ni Luh Putu Desi Aryani. "Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Peningkatan Daya Beli Konsumen Di Ukm “Dodol Penglatan." Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ) 3.3 (2022): 265-274.

Nuryani, N. N. J. (2021). Triggers For Stock Prices In Manufacturing Companies In The Food and Beverages Sector On The Indonesia Stock Exchange. International Journal of Social Science and Business, 5(4), 468-474.

Oktianingsih, K. D., Dwipayana, I. M. P., Sumiasa, K., & Astana, I. G. M. O. (2022). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Dan Digital Marketing Pada Umkm Toko Dicky Putra Korden. ARSY: Jurnal Aplikasi Riset kepada Masyarakat, 2(2), 124-128.

Pasek, Gede Widiadnyana, and Ni Luh De Erik Trisnawati. "Konsep Parhyangan dalam Mengurangi Kecurangan Akuntansi pada Tekanan Situasional di LPD Kabupaten Buleleng." JIA (Jurnal Ilmiah Akuntansi) 4.2 (2019): 268-290.

Pebriani, W., & Busyra, N. (2023). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen di Era New Normal. 7(1), 83–89.

Prastiwi, N. L. P. E. Y., Ningsih, L. K., & Rianita, N. M. (2018). The Application of Strategic Human Resource Practice Based on Tri Kaya Parisudha to Improve The Performance of Village Financial Institution Employees in Buleleng Regency. International Journal of Social Science and Business, 2(4), 245-250.

Prianka, Ayu Ngurah Sania, and Ni Luh De Erik Trisnawati. "Peran Kompetensi Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Melalui Motivasi (Studi Kasus Pada Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng)." JNANA SATYA DHARMA 1.3 (2022): 01-09.

Produk, R. (2019). The Digital Marketing and Product Variety towards Purchasing Interest in Online Store Shopee (Case Study to Students of Class of 2016 Management Department Faculty of Economic University of Bhayangkara Jakarta Raya). 3, 14–24.

Putra P, I. B. P., & Kusumadewi, N. M. W. (2019). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Niat Pembelian Ulang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8), 4983. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i08.p10

Satyawati, Ni Made Devira. "Peran Inovasi Produk dan Orientasi Pasar Dalam Mencapai Keunggulan Bersaing Berkelanjutan Melalui Kinerja Pemasaran Pada UKM di Desa Nagasepaha." ARTHA SATYA DHARMA 12.2 (2019): 79-95.

Sugiharto, S., Rahardjo, N. A., Ekonomi, F., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (n.d.). Pengaruh Brand Image Dan Digital Marketing Pt Prudential Life Assurance Terhadap Minat Beli Masyarakat Di Surabaya.

Sugiyono, D. (2019). Statistika untuk Penelitian (Cetakan ke-30). Bandung: Cv Alfabeta.

Terhadap Minat Beli Masyarakat di Gresik. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4(1), 55–64. https://doi.org/10.26740/jekobi.v4n1.p55-64

Trisnawati, Ni Luh De Erik, Gede Widiadnyana Pasek, and Riana Dewi Kartika. "NILAI CATUR PURUSA ARTHA DAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI KUNCI MAKSIMALISASI KINERJA KEUANGAN DI LPD KABUPATEN BULELENG." Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, dan Sosial Humaniora (SINTESA). Vol. 2. 2019.

Trisnawati, Ni Luh De Erik. "Efektivitas Sistem Pengendalian Internal Sebagai Upaya Menjaga Keberlangsungan Usaha Simpan Pinjam BUMDESA (Studi Kasus di BUMDesa Sidi Amertha Desa Sangsit)." ARTHA SATYA DHARMA 15.1 (2022): 39-49.

Trisnawati, Ni Luh De Erik. Enterprise risk management disclosure: siklus hidup perusahaan dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan. Nilacakra, 2021.

Published
2023-12-17
How to Cite
Ni Luh De Erik Trisnawati, & Putu putri ardia sari. (2023). Penerapan Digital Marketing Serta Inovasi Produk, Guna Untuk Menarik Minat Beli Konsumen Pada Gula Semut Pedawa Di Singaraja. ARTHA SATYA DHARMA, 16(2). https://doi.org/10.55822/asd.v16i2.416