Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Brand Reputation Terhadap Keputusan Pembelian Perabotan Rumah Tangga Pada UD. Diah Shop
Abstract
Majunya perekonomian Indonesia saat ini ditandai dengan pertumbuhan bisnis di berbagai bidang yang begitu pesat. Dunia bisnis terus mengalami perkembangan yang sangat segnifikan, dimana setiap perusahaan berlomba-lomba menjajakan produk atau dalam melakukan ekspansi bisnis diberbagai macam strategi seperti melakukan promosi atau melakukan berbagai macam inovasi demi memperkenalkan dan menjual produk mereka kepada konsumen. Seperti halnya para UMKM yang menjual perabotan rumah tangga di singaraja berlomba-lomba untuk menjaga kualitas produk di pasaran dan tentu menjajakannya termasuk UD. Diah Shop.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran dan brand reputation terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa kuesioner dengan alat ukur berupa skala likert dengan interval 1 sampai 5 dimana yang dipilih sebagai responden adalah seluruh pelanggan yang berbelanja pada UD. Diah Shop sebanyak 50 orang. Penentuan sampel responden dalam penelitian ini menggunaan non probabilitysampling dan metode yang digunakan dalam pengambilan sampel ini adalah purposive sampling. Analisis data meliputi analisis regresi linier berganda, analisis normalitas, multikolonieritas, heteroskedastisitas, uji koefisien determinasi, uji simultan F-test, dan uji T-test, dengan taraf signifikasi 5%. Semua hubungan yang diteliti dalam penelitian menunjukkan hasil yang positif dan signifikan.
Downloads
References
Janna, N. M. 2020. “Konsep Uji Validitas dan Reliabilitas dengan Menggunakan SPSS.” Artikel : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI) Kota Makassar (18210047): 1–13. Keren, Keren, dan Sulistiono Sulistiono. 2019. “Pengaruh Motivasi, Budaya, dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indomie.” Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan 7(3): 319–24.
Mayasari, Ira, Novita Widyastuti Sugeng, dan Heny Ratnaningtyas. 2021. “Peran Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Milenial: Studi Jajanan Tradisional.” At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen 5(2): 135.
Prastowo, Puguh Roni, Rony Malavia, dan Budi Wahono. 2018. “Analisis Pengaruh Inflasi, Suku Bunga dan Nilai Tukar Terhadap Profitabilitas Perbankan.” e – Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN: 27–41.
Reni, Dewi. 2020. “Peran Bauran Pemasaran Di Minimarket 212 Mart Karawaci Tangerang Dalam Mendorong Minat Beli Konsumen.” Journal of Islamic Economics, Business and finance 10: 1–10. http://jurnal.stesislamicvillage.ac.id/index.php/JURNAL.
Sabandar, Vederico Pitsalitz, dan Harry Budi Santoso. 2018. “Evaluasi Aplikasi Media Pembelajaran Statistika Dasar Menggunakan Metode Usability Testing.” Teknika 7(1): 50–59.
Savitri, D. E, dan Dkk. “Pengaruh Brand Reputation, Brand Competence, Dan Brand Likingterhadap Trust In Brandpada Konsumen Laptop Asus Di Purworejo.” : 1–16.
Siburian, Marta E, dan Nina Madiawati. 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Bandung Makuta Cake.
Sulistyono, Sulistyono, dan Wiwik Sulistiyowati. 2018. “Peramalan Produksi dengan Metode Regresi Linier Berganda.” PROZIMA (Productivity, Optimization and Manufacturing System Engineering) 1(2): 82.
Suroto. 2022. Pengaruh Reputasi Merek, Kualitas Produkterhadapkeputusan Pembelian Melaluinilai Pelanggansebagaivariabel Intervening (Study Pada Pelanggan Teh Botol Sosro di kota Kudus).
Widjajanta, B dkk. 2020. 20 Pengaruh Perceived Quality dan Brand Reputation terhadap Repurchase Intention pada Reviewers Sepatu Bata Aplikasi Shopee.
Yasmini, Era Agustina. 2022. Pengaruh bauran peasaran Pada keputusan pembelian Spontan