Pengaruh Kualitas Layanan Akademik dan Servicescape terhadap kepuasan pelanggan dengan Brand Image Sebagai Variable Intervening

  • ruslan abdul gani ruslan dosen
  • Hari Muharram Universitas Pakuan
  • Sufrin Hannan Universitas Pakuan

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran brand image dalam memediasi pengaruh kualitas layanan akademik dan servicescape terhadap kepuasan mahasiswa. Penelitian dilakukan di AMIK Citra Buana Indonesia Cicurug. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan untuk institusi dalam meningkatkan kualitas layanan akademik, servicescape dan brand image institusi, guna meningkatkan jumlah penerimaan mahasiswa baru setiap tahunnya dan agar mahasiswa menyelesaikan studinya pada AMIK CBI Cicurug. Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan menyebar kuesioner pada 199 mahasiswa dari kedua jurusan Komputer akuntansi dan Manajemen Informatika tahun ajaran 2021/2022. Data hasil kuesioner dianalisis dengan menggunakan software SPSS Versi 25 dan Lisrel 8.80. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kualitas layanan (X1)  berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa (Z) dibuktikan dengan nilai t-hitung 2,30 (t tabel diatas 1,96), Servicescape (X2) tidak berpengaruh terhadap kepuasan (Z) dibuktikan dengan nilai t-hitung 0,56 (t tabel dibawah 1.96), brand image (Y) berpengaruh terhadap kepuasan (Z) dibuktikan dengan nilai t-hitung 6,94 (t tabel diatas 1.96), kualitas layanan (X1) dan servicescape (X2) berpengaruh terhadap brand image (Y) dibuktikan dengan nilai t-hitung 6,47 dengan koefisien R2 0,75, dan brand image (Y) mampu memediasi pengaruh kualitas layanan (X1) dan servicescape (X2) terhadap kepuasan mahasiswa (Z) dengan nilai t-hitung 3,19 dengan koefisien R2 0,79.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budianto, A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) Merek Aqua (Studi Kasus Konsumen Kecamatan Sendang Tulungagung). Simki.Unpkediri.Ac.Id, 02(03). http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2018/8d12194b5e72ff1b562a2b323741d189.pdf

Budiarti, E. M. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan, Budaya Akademik, dan Citra Lembaga terhadap Kepuasan Mahasiswa. JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan), 2(3), 169–178.

Chasanah, N. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan akademik fakulty image,da biaya pendidikan terhadap kepuasan mahasiswa dimoderasi oleh Good University Governance (GUG) (Studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negri Semarang Angkatan 2015.

Herliza, R., & Saputri, M. E. (2016). the Influence of Brand Image To Customer Satisfaction a Case Study of Zara At Pvj Mall Bandung. E-Proceeding of Management , 3(2), 5.

Indah, D. R., Maulida, Z., & Amanda, M. R. (2018). Pengaruh Serviscape terhadap Kepuasan Konsumen di D’Barista Coffee Langsa. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI), 2(2), 108–116. https://ejurnalunsam.id/index.php/jensi/article/view/939

Naninsih, N., & Alam, S. (2022). Efek Servicescape terhadap Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Mahasiswa di STIE Amkop Makassar Kajian Literatur. 7(2), 431–439. https://doi.org/10.37531/mirai.v7i2.2674

Nugroho, N. E., Eko, C. K., & Suryawirawan, O. A. (2018). pengaruh kualitas pelayanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa sekolah tinggi ilmu ekonomi indonesia (STIESIA) surabaya. Physics Education, 23(4), 1–10. https://www.proquest.com/scholarly-journals/discerns-special-education-teachers-about-access/docview/2477168620/se-2?accountid=17260%0Ahttp://lenketjener.uit.no/?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info:ofi/fmt:kev:mtx:journal&genre=article&sid=ProQ:ProQ%3Aed

Pelayanan, P. K., & Citra, H. D. A. N. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan citra merek terhadap kepuasan mahasiswa. 8(2).

Rahma, A. (2021). Pengaruh Servicescape, Kualitas Pelayanan, Kewajaran Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Niat Perilaku Pelanggan Pasca Pembelian (Studi pada …. 3–18. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/85743/Pengaruh-Servicescape-Kualitas-Pelayanan-Kewajaran-Harga-Terhadap-Kepuasan-Pelanggan-dan-Niat-Perilaku-Pelanggan-Pasca-Pembelian-Studi-pada-Pelanggan-Kedai-Kopi-di-Kota-Surakarta%0Ahttps://digilib.uns.ac.id/d

Raspatiningrum, L. (2007). Kepada Pengelola Pendidikan Bahwa Perubahan Situasi Yang Belangsung Sangat Cepat Ini Menuntut Administrator Pendidikan Untuk Mempersiapkan Diri Agar Dapat Lebih Antisipatif Terhadap Peningkatan Ekspektasi Masyarakat Terhadap. 1971.

Riani, N. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Pembelajaran dan Kualitas Layanan Perpustakaan terhadap Kepuasan Mahasiswa Pascasarjana IAIN Ponorogo Angkatan Tahun 2017. 1–170.

Sasrawibawa, C. (2018). Analisis Pengaruh Brand Image Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Kinerja Penjualan Dengan Repurchase Intention Sebagai Variabel Mediasi Pada PT. Changhong Electric Indonesia. Jurnal Manajemen Kinerja, 56–68.

Sufiyyah, A. (2017). Pengaruh Kulaitas Layanan Akademik dan Birokrasi terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Aset, 13(2), 85–93.

Supriyadi, S., Wiyani, W., & Nugraha, G. I. K. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 74–85. https://doi.org/10.26905/jbm.v4i1.1714

Tawas, H., Mananeke, L., & Tuerah, F. F. R. (2015). Analisis Kualitas Layanan Akademik dan Administrasi terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(4), 422–432.

Wati, R. (2021). PENGARUH SERVICESCAPE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS RAMBAH HILIR II Rida Wati Program Studi Manajemen, Universitas Pasir Pengaraian, Rokan Hulu , Indonesia. 03(02), 296–314.

Yunita, R. (2021). Pengaruh Servicescape dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya Terhadap Word of Mouth (Studi Kasus: Post Shop Coffee Tofee di Kota Bogor). Jurnal Fair Value, 4(2), 469–483.

Made, D. H. I., Gde, B. I., Made, S. U., & Wayan, M. Y. I. G. (2019). Cultural management of economic resistance in Bali Aga community village of Kecamatan banjar district Buleleng. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 93(9), 183-192.

Ningsih, L. K., Prastiwi, N. L. P. E. Y., & Ayuni, N. M. S. (2019). The Implementation of Organizational Culture Based on Tri Hita Karana in the Effort to Realize the Organizational Performance in PDAM Buleleng Regency. International Journal of Social Science and Business, 3(2), 77-85.

Ningsih, L. K., & Prastiwi, N. L. P. E. Y. (2019). Improving the Quality of Human Resources in Indigenous Village Institutions Through Work Culture Based on" Catur Marga" in Bali Aga Village, Buleleng Regency. International Journal of Social Science and Business, 3(3), 306-313.

Prastiwi, N. L. P. E. Y., Ningsih, L. K., & Rianita, N. M. (2018). The Application of Strategic Human Resource Practice Based on Tri Kaya Parisudha to Improve The Performance of Village Financial Institution Employees in Buleleng Regency. International Journal of Social Science and Business, 2(4), 245-250.

Budiasni, N. W. N., Ayuni, N. M. S., & Trisnadewi, N. K. A. (2019). The Implementation of Spiritual Capital Saab Mote Craftsmen: Study of The Hindu Teachings (Study of Saab Mote Craftsman in Nagasepaha Village, Buleleng). International Journal of Social Science and Business, 3(3), 336-340.

Ayuni, N. M. S., Gorda, A. A. N. E. S., & Budiasni, N. W. N. (2019). ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN SAAB MOTE DESA NAGASEPAHA SEBAGAI PRODUK IKONIK. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 4(1), 1-11.

Ayuni, N. M. S., & Budiasni, N. W. N. (2019). The Strategy of Bad Loans “Pang Pade Payu” in Village Credit Institution in Buleleng District. International Journal of Social Science and Business, 3(4), 542-548.

Budiasni, N. W. N., Ayuni, N. M. S., & Trisnadewi, N. K. A. (2020). Evaluasi Kinerja Keuangan pada Pengembangan Jaringan 4G PT. Telekomunikasi Indonesia di Singaraja. Jurnal Akuntansi Profesi, 11(1), 107-114.

Ayuni, N. M. S., & Budiasni, N. W. N. (2020). The Implementation of Profit Sharing at Lembaga Perkreditan Desa. International Journal of Social Science and Business, 4(3), 472-479.

Ayuni, N. M. S., & Budiasni, N. W. N. (2020). The Implementation of Profit Sharing at Lembaga Perkreditan Desa. International Journal of Social Science and Business, 4(3), 472-479.

Budiasni, N. W. N., & Ayuni, N. M. S. (2020). Transparency and Accountability Based on The Concept of “Pada Gelahang” Enhancing Village Financial Management. International Journal of Social Science and Business, 4(3), 501-508.

Nuryani, N. N. J. (2021). Triggers For Stock Prices In Manufacturing Companies In The Food and Beverages Sector On The Indonesia Stock Exchange. International Journal of Social Science and Business, 5(4), 468-474.

Published
2023-08-10
How to Cite
ruslan, ruslan abdul gani, Hari Muharram, & Sufrin Hannan. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Akademik dan Servicescape terhadap kepuasan pelanggan dengan Brand Image Sebagai Variable Intervening. ARTHA SATYA DHARMA, 16(1), 56-60. https://doi.org/10.55822/asd.v16i1.284