Strategi Pemasaran Terhadap Tingkat Penjualan Pada Percetakan Mandala Digital Printing

  • I Wayan Aditya Tariana
  • Luh Etik Setiawati Universitas Pendidikan Nasional
  • Ni Made Rianita Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan pada digital printing mandala printing. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sebagian data yang dikumpulkan besar adalah data kualitatif dan teknik analisis dengan menggunakan teknik kualitatif. Teknik ini dipilih oleh peneliti untuk menghasilkan data kualitatif, yaitu data yang tidak dapat dikategorikan secara statistik. Dalam penggunaan analisis kualitatif, maka interpretasi terhadap apa yang ditemukan dan pengambilan kesimpulan akhir menggunakan logika atau penalaran sistematis. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa dengan ditetapkannya strategi pemasaran yang ditargetkan akan dapat membantu sebuah perusahaan dalam mengirimkan produk kepada konsumen sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. Salah satu strategi yang digunakan adalah strategi segmentasi. Targeting, positioning dan marketing mix dimana strategi ini telah diterapkan oleh Mandala Printing Digital Printing. Maka strategi pemasaran yang baik diterapkan oleh Mandala Printing Digital Printing dengan demikian penjualan setiap tahunnya mengalami peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assauri, Sofjan. (2004). Manajemen Pemasaran, edisi 1, Cet 1. Jakarta : PT Raja Grafindo, Adisaputro, Gunawan. (2010). Manajemen Pemasaran : Analisis Untuk Perancangan Strategi Pemasaran, Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, Yogyakarta.

Dewi, Komang Diah Trisna. (2021). “Tabir 60 Tahun Warung Makan Hajjah Khadijah (Bik Juk) Di Kampung Kajanan Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng” Skripsi. Singaraja: STIE Satya Dharma.

Engkoswara, Med, Prof. Dr. (2002). Pangaruh Strategi Produk, Harga, Promosi, dan Distribusi terhadap Penjualan Produk Bordir.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2012). Principles of Marketing, Edisi Keempatbelas, Person Education, New Jersey.

---------. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1.Jakarta:Erlangga.

---------. 2004. Principle of Marketing : 10thnEdition. New Jersey:prentice Hall. Kotler, Philip dan Kevin Lan Keller, (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1, Edisi Ketiga Belas. Jakarta:Erlangga.

Kotler, Philip. (2003). Marketing Management : Analysis, Planing, Impleletation, and Control, 13th Edition. Englewood Cliffs, New York : Prentice-Hall Inc.

Rozi, Akhmad Fahrur. (2017). “Analisis Strategi Pemasaran Pada Djawa batik Solo Analisis Marketing Strategies Om Djawa Batik Solo”. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia. Universitas Muhammadiyah Jember.

Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Universitas Brawijaya Press, Malang.

Triskadevi, Komang Ajeng. (2017). “Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Boneka Rajut Pada Toko KS-SHOP Singaraja Melalui Persepsi Konsumen“. Skripsi. Singaraja: STIE Satya Dharma.

Widya, Budi Darmayana dkk. (2005). “Analisis Faktor-faktor Bauran Pemasaran yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Pembeli Rumah Tipe Menengah ke Atas di Kecamatan Ngaglik, Yogyakarta”.

Wilman, Muhammad Aditya dkk. (2020). “Analisis Aspek Pemasaran Segmentation, targeting, Brand Positioning dan Bauran Pemasaran Pada Cocoes Indonesia”. Jurnal Ilmiah Nasional Vol. 2 No. 1. UIN. Sunan Gunung Djati Bandung.

Made, D. H. I., Gde, B. I., Made, S. U., & Wayan, M. Y. I. G. (2019). Cultural management of economic resistance in Bali Aga community village of Kecamatan banjar district Buleleng. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 93(9), 183-192.

Ningsih, L. K., Prastiwi, N. L. P. E. Y., & Ayuni, N. M. S. (2019). The Implementation of Organizational Culture Based on Tri Hita Karana in the Effort to Realize the Organizational Performance in PDAM Buleleng Regency. International Journal of Social Science and Business, 3(2), 77-85.

Ningsih, L. K., & Prastiwi, N. L. P. E. Y. (2019). Improving the Quality of Human Resources in Indigenous Village Institutions Through Work Culture Based on" Catur Marga" in Bali Aga Village, Buleleng Regency. International Journal of Social Science and Business, 3(3), 306-313.

Prastiwi, N. L. P. E. Y., Ningsih, L. K., & Rianita, N. M. (2018). The Application of Strategic Human Resource Practice Based on Tri Kaya Parisudha to Improve The Performance of Village Financial Institution Employees in Buleleng Regency. International Journal of Social Science and Business, 2(4), 245-250.

Budiasni, N. W. N., Ayuni, N. M. S., & Trisnadewi, N. K. A. (2019). The Implementation of Spiritual Capital Saab Mote Craftsmen: Study of The Hindu Teachings (Study of Saab Mote Craftsman in Nagasepaha Village, Buleleng). International Journal of Social Science and Business, 3(3), 336-340.

Ayuni, N. M. S., Gorda, A. A. N. E. S., & Budiasni, N. W. N. (2019). ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN SAAB MOTE DESA NAGASEPAHA SEBAGAI PRODUK IKONIK. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 4(1), 1-11.

Ayuni, N. M. S., & Budiasni, N. W. N. (2019). The Strategy of Bad Loans “Pang Pade Payu” in Village Credit Institution in Buleleng District. International Journal of Social Science and Business, 3(4), 542-548.

Budiasni, N. W. N., Ayuni, N. M. S., & Trisnadewi, N. K. A. (2020). Evaluasi Kinerja Keuangan pada Pengembangan Jaringan 4G PT. Telekomunikasi Indonesia di Singaraja. Jurnal Akuntansi Profesi, 11(1), 107-114.

Ayuni, N. M. S., & Budiasni, N. W. N. (2020). The Implementation of Profit Sharing at Lembaga Perkreditan Desa. International Journal of Social Science and Business, 4(3), 472-479.

Ayuni, N. M. S., & Budiasni, N. W. N. (2020). The Implementation of Profit Sharing at Lembaga Perkreditan Desa. International Journal of Social Science and Business, 4(3), 472-479.

Budiasni, N. W. N., & Ayuni, N. M. S. (2020). Transparency and Accountability Based on The Concept of “Pada Gelahang” Enhancing Village Financial Management. International Journal of Social Science and Business, 4(3), 501-508.

Nuryani, N. N. J. (2021). Triggers For Stock Prices In Manufacturing Companies In The Food and Beverages Sector On The Indonesia Stock Exchange. International Journal of Social Science and Business, 5(4), 468-474.

Published
2023-06-27
How to Cite
I Wayan Aditya Tariana, Luh Etik Setiawati, & Ni Made Rianita. (2023). Strategi Pemasaran Terhadap Tingkat Penjualan Pada Percetakan Mandala Digital Printing. ARTHA SATYA DHARMA, 16(1), 33-38. https://doi.org/10.55822/asd.v16i1.281