KINERJA KEUANGAN DAN NON KEUANGAN DENGAN TRI HITA KARANA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA RUMAH SAKIT PRATAMA TANGGUWISIA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penilaian kinerja berdasarkan keuangan dan non keuangan Rumah Sakit Pratama Tangguwisia dengan Tri Hita Karana sebagai variabel mediasi. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis deskriptif Balanced Scorecard untuk penilaian kinerja berdasarkan keuangan dan non keuangan Rumah Sakit Pratama Tangguwisia dan teknik analisis interaktif untuk menganalisis pengaruh mediasi Tri Hita Karana terhadap kinerja Rumah Sakit Pratama Tangguwisia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kinerja Rumah Sakit Pratama Tangguwisia berdasarkan keuangan masih kurang, dimana aspek Return on Asset (ROA), Return on Investment (ROI), dan Return in Equity (ROE) memiliki kriteria kurang, sedangkan hanya aspek Biaya Operasional dan Pendapatan Operasional (BOPO) yang memiliki kriteria sangat baik, (2) kinerja Rumah Sakit Pratama Tangguwisia berdasarkan non keuangan sudah baik, dimana retensi pelanggan, tingkat profitabilitas pelanggan, tingkat Bed Occupancy Rate (BOR), dan tingkat produktivitas karyawan memiliki kriteria baik, sedangkan hanya tingkat pemerolehan pelanggan yang memiliki kriteria kurang, dan (3) Tri Hita Karana dapat memediasi kinerja rumah sakit berdasarkan keuangan dan non keuangan, dimana tampak pada penanganan pasien berlandaskan keselarasan hubungan antara Tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan lingkungan dapat meningkat kunjungan pasien dan pendapatan rumah sakit juga akan meningkat sehingga kinerja Rumah Sakit Pratama Tangguwisia.
Downloads
References
Corporate Social Responsibility
Berdasarkan Konsep Tri Hita Karana.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi
S1. Vol 3, No 1.
Candiadewi, P.P. 2005. Analisis Kinerja
Griya Santrian Hotel Sanur Pada
Tahun 2004. Tesis. Universitas
Udayana.
Dendawijaya, L. 2003. Manajemen
Perbankan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Donder, I. K. 2007. Kosmologi Hindu
Penciptaan Pemeliharaan dan
Peleburan Serta Penciptaan Kembali
Alam Semesta. Surabaya: Paramita.
Kaplan, R.S. dan Norton, D.P. 2007. Using
The Balanced Scorecard As A
Strategic Management System.
Harvard Business Review.
Kasmir. 2013. Analisis Laporan Keuangan.
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kementerian Kesehatan Republik
Indonesia. 2016. “Menkes
Tandatangani Prasasti Rumah Sakit
Pratama Labuan Bajo”.
http://www.depkes.go.id/article/print/
16113000001/menkes-tandatanganiprasasti-
rumah-sakit-pratama-labuanbajo.
html.
Khatoon, S. dan Farooq, A. 2014. Balanced
Scorecard to Measure Organizational
Performance: A Case Based Study.
The International Journal of Business
& Management. Vol. 2, No. 9.
Luis, S. 2007. Balanced Scorecard. Jakarta:
Gramedia Pustaka Utama.
Mangkunegara, A.A.A.P. 2002.
Manajemen Sumber Daya Manusia.
Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Mulyadi. 2001. Balanced Scorecard: Alat
Manajemen Kontemporer untuk
Pelipat ganda Kinerja Keuangan
Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.
Munawir, S. 2002. Analisa Laporan
Keuangan. Yogyakarta: Kedelapan
Liberty.
Muninjaya, G.A.A. 2011. Manajemen Mutu
Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC.
Rangkuti, F. 2012. Studi Kelayakan Bisnis
& Investasi. Jakarta: Gramedia
Pustaka Utama.
Saraswati, P.Y. 2014. Analisis Kinerja
Dengan Pendekatan Balanced
Scorecard Pada Pdam Kabupaten
Buleleng. e-Journal S1 Akuntansi.
Vol. 2, No. 1.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Penerbit Alfabeta.
Wijaya, G. 2012. Penerapan Manajemen
Kinerja Klinik Berbasis Tri Hita
Karana pada Kepuasan Kerja,
Komitmen Kerja dan Locus of
Control terhadap Peningkatan Kinerja
Perawat dan Bidan di Unit Rawat Inap
Rumah Sakit Umum Bangli.
Desertasi. Universitas Udayana